Lomba Stand Up Comedy

Seharusnya, post ini gue tulis paling lambat seminggu setelah acara terjadi. Jadi gini, tanggal 13 September lalu, gue ikut lomba stand up comedy. Hampir sebulan baru bisa gue post. Ceritanya nggak basi-basi amat, kok.

***

Berawal dari akun Twitter @ficocacola atau lebih akrab dikenal dengan Fico, gue mendapat info tentang lomba stand up yang diselenggarakan PMI dalam rangka ulangtahun ke-70. Lomba itu diselenggarakan di Museum Nasional. GRATIS! Gue langsung nyiapin materi buat lomba nanti.
H-1 minggu gue nyiapin segala bahan. Berhubung temanya PMI dan gue nggak tau apa-apa soal PMI, gue tanya sana-sini tentang PMI. Sayangnya, orang-orang yang gue tanya mengenai PMI jawabannya nggak memuasakan.

Berbekal nekat, gue berangkat ke Museum Nasional sendirian. Nyasar bodo amat deh. Orang bijak pernah berkata, "Malu bertanya sesat di jalan". Gue siap nanya mas-mas tukang ojek seandainya gue nyasar.
Ternyata, untuk mencapai Museum Nasional sangatlah mudah. Gue kira, buat ke Museum Nasional harus masuk ke gang-gang, harus ngelewatin banyak belokan, ngelompatin lingkaran api, dan sebagainya. Setelah gue googling, Museum Nasional tepat berada di depan Halte Monas.

Singkat cerita, gue sampai pada hari perlombaan. Sebelum berangkat, gue minjem kartu TJ punya bapak gue. Gue nggak enak mau minta uang ongkos ke orangtua, jadinya gue bawa duit sendiri. Jadilah, gue cuma bawa 7 ribu rupiah. Cuma pas buat naik angkot pergi-pulang masing-masing 3 ribu, sisa seribu. Miris.

Gue langsung ke halte Rawa Buaya. Sekitar 10 menit, bus datang. Karena gue masih belum paham perjalanan ke Monas, gue transit di Harmoni. Seharusnya, gue ngambil jurusan ke arah Pulogadung, nanti bisa turun langsung di Monas. Nah, gue malah transit di Harmoni, yang terkenal dengan antreannya panjang. Ya udah, gue harus ngantre.

Ketek gue gerah dan berkeringat selama ngantre. Agak risih juga kalo misalnya orang di sebelah gue tutup hidung terus gara-gara kebauan ketek gue. Kasian dia. 15 menit ngantre, akhirnya gue bisa masuk bus, lebih tepatnya berdiri. Jangan harap bisa dapat tempat duduk setelah ngantre di Harmoni. Pukul 12.00 gue sampai di halte Monas. Keluar dari sana, bencana datang: sendal gue putus! Yak, gue panik setengah mati. Gue mau nyari tukang sol, tapi gue ingat kalo duit gue tinggal 4 ribu, sedangkan 3 ribu buat naik angkot. Fix, nggak ada tukang sol yang mau dibayar dengan seribu rupiah. Oke, karena gue pejuang, gue harus melanjutkan perjalanan.

Gue masuk museum, di sana gue ngeliat ada petugas tiket masuk. Pengunjung lain berdiri di depan loket, lalu ngeluarin duit. Mampus, mereka bayar tiket buat masuk! Gue bingung dengan kondisi duit gue yang cuma bisa buat beli es teh manis doang (itu juga kalo masih dapet seribu!). Panas dingin, mau pingsan aja, tapi ngerepotin pengunjung museum. Biar nggak keliatan mencurigakan, gue nanya ke satpam, "Mas, lomba stand up comedy di mana ya?" Dia langsung ngasih arahan. "Masuk, belok kanan, mentok, di situ".

"Makasih, Mas."

Gue langsung masuk diam-diam. Setelah masuk, nggak ada yang nanyain tiket. Yes! Gue aman.

Setelah nyari di mana tempat lomba dilangsungkan, gue menemui sebuah panggung dengan spanduk besar. Mungkin ini panggungnya.
"Mas, lomba stand up di mana ya?" tanya gue ke seorang berbaju merah dan memegang kamera di tangan kirinya.
"Ini..., lombanya di sini. Nanti daftar ulang jam 1."
"Makasih, mas"

Setelah dapat info yang jelas, selanjutnya gue harus nyari tempat sholat. Gue langsung nyari mushola atau masjid terdekat. Gue nanya petugas. "Mas, masjid deket sini di mana ya?" Dia jawab sambil memperlihatkan gestur seakan mau ngusir, "Musholanya ada di basement."

"Makasih, mas."
Gue ke parkiran. Sholat dzuhur.

Selesai sholat, gue liat-liat koleksi museum. Begonya, gue lupa foto. Kan, kalian ngira gue lagi ngasih berita hoax. Tolong, ya, percaya aja. Gue beneran ikut lomba stand up, kok.

Gue menuju sekitar panggung lagi. Nunggu sekitar 20 menit buat daftar ulang. Setelah tiba waktunya, gue langsung daftar ulang ke panitia. Gue dapat nomor 18, yang berarti gue tampil ke 18. Sebelum duduk, gue dikasih souvenir berupa tas kecil berisi gunting kuku, hand sinitizer, dan tissue. Ada juga satu kotak snack. Lumayan, nih... pulang ah. Udah dapet bingkisan.

Eittts, tujuan gue ke sini mau stand up, bukan nyari bingkisan.

Gue duduk di kursi yang disediakan, bersama peserta lain. Ada orang yang seusia gue duduk di sebelah gue sekitar 5 menit. Datang lagi orang yang lebih besar. Orang yang duduk di sebelah gue nyapa orang yang baru datang. Gue gondok.

"Dari tadi sebelah lo itu orang. 5 menit gue dianggurin aje nggak diajak ngobrol!"

Semua peserta mengisi kursi yang disediakan. Total ada 31 peserta. Kebanyakan anak Jakarta Pusat. Gue sebagai anak Jakarta Barat nggak mau kalah, malah ada yang datang lebih jauh. Dia dari Argentina. Nggak deh, paling jauh dari Depok.

5 peserta maju. Nggak ada yang ngangkat crowd penonton. Padahal ada satu orang yang bagi gue lucu. Tapi, nggak ada yang ketawa. Padahal banyak yang nonton. Kebanyakan anak sekolah lagi lomba PMR. 5 peserta benar-benar bikin anyep suasana. Fico sebagai juri langsung naik panggung, dia ngomong, "Ya, itu tadi 5 sambutan dan kini masuk ke acara lomba sesungguhnya."

Bangke.

Comic keenam perform. Comic keenam bener-bener pecah penampilannya. Katanya, dia anak komunitas Stand up Ciledug. Materinya rapi, act outnya keren. Gue standing applause, dan gue masih kepikiran gimana caranya stand up dengan nyaman kalo sendal gue putus. Beban banget.

Seterusnya, nggak ada yang wow banget. Padahal, materinya udah lumayan bagus, tapi berhubung penontonnya kebanyakan anak SMP, jadi nggak terlalu ditanggepin. Ini yang bikin gue makin nervous

Tiba saatnya gue dipanggil. MC (yang nggak gue kenal namanya) menyebut nama gue. "Wah, anak Kalideres nih. Biasa ngangkutin barang di terminal. Ini dia... Robby Haryanto"

Bangke. Double bangke. Gue kepikiran sendal putus. Gue pengen improvisasi ngomongin sendal putus, tapi udah dipake sama comic sebelumnya... dan gagal. Buang rencana ngomongin sendal.

Bit pertama adalah nyawa. Gue anyep di bit pertama. Bener-bener susah ngangkat ketawa penonton. Fico nggak ngeliatin gue.
Sepanjang penampilan, nggak ada yang ketawa. Udah gitu, gue nge-blank. "Oke, tepuk tangan dulu buat kita semua." 5 menit itu, jadi show tepuk tangan buat gue. Fico nggak ngeliatin gue, sekalinya ngeliat gue malah kayak pengin ngomong "Turun aja, lo, kampret. Lo nggak lucu".

Nggak terasa gue telah menyelesaikan perform selama 5 menit. "Itu si Robby stand up malah pake sendal. Kayak mau kondangan, pake kemeja pula. Pas banget." MC lagi nge-roasting gue.

"Tenang, bro, lu keren," kata abang-abang yang dari tadi duduk di sebelah gue, mencoba menyemangati.
"Iya, bang. Makasih. Duh, nervous banget." Gue duduk, masih merasakan gemetar pada kaki.

Tapi, gue senang bisa nyoba stand up. Biarpun nggak dapat tawa, kesempatan ini bukanlah kesempatan stand up gue yang terkahir. Gue masih akan tetap mencoba dan mencoba. Gagal dan gagal lagi.

Asal jangan sendal gue yang putus. Capek nyari tukang sol.

Bonus foto pas Fico stand up.



Post a Comment

20 Comments

  1. Semangat coy, terus nulis dan sering - sering openmic dan jangan lupa pake sepatu laen kali, haha

    Salam kenal ya
    fajarumbi.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Anjir, udah kayak habis ngejar layangan, terus sendalnya putus. Sabar, Rob. :D
    Seenggaknya lu udah punya pengalaman stand up. Gue malah belum pernah sekalipun. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngejarnya di sawah, ya, bang? Makin parah.

      Ayo, jajal stand up. Lu lucu kok, bang :))

      Delete
  3. HAHAHA bener bener kayak abis ngangkutin barang di terminal yee, sampe sendal putus hahaha bangke banget

    ReplyDelete
  4. wahahahah...terus tu sandal gmn kabarnya skrng bang?
    bener2 saksi bersejarah tuh ye...
    ada2 ajaaah..hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang stand up nggak ditanyain kabar, nih? Huuu *nangis di pojokan*

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Hahahaha. Perjalananmu sungguh berwarna, Rob. Ngerasain ketek gerah sama sandal putus. Bawa uang sisa seribu. Nekat banget. Tapi keren! :D

    Aku salut sama orang yang beraniin dirinya naik ke atas panggung. Itu keren. Daripada jadi penonton yang bisanya cuma ketawa berantakan, atau sok-sok ngomentarin muka komikanya yang berantakan. Nista banget. Dan itu aku :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaaaa, itu balasan komen di atas kesalahan teknis dari aku, Rob. Maksudnya mau add comment eh malah reply. Maafkan ya. Akhir-akhir ini aku suka error komen di tempat orang. Gatau deh kenapa :|

      Delete
    2. Huhuhu... hidup ini penuh warna dan rasa.

      Wah, makasih ya. Tapi, bukannya tugas penonton emang begitu ya? Nggak salah juga sih

      Hmm... nggak papa lah hahaha. Mungkin sama-sama kolom komentar jadi keliatan sama.

      Delete
  6. Semangat semangat!!
    walaupun gua termasuk salah satu org yang susah ketawa juga kalo nonton standup.
    kalo nonton lu standup pasti guaa.. pulang.
    enggak enggak becanda. :D

    ReplyDelete
  7. Baru tau lo orang Kalideres. Sama.

    Udah punya pengalaman stand up, nih. Gua belom pernah nyoba. Belum berani, Haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihii, Kalideres-nya mana, nih?

      Coba-coba aja, bang. Lucu mah.. belum tentu. Hehehe

      Delete
    2. Gak jauh dari Tegal Alur, haha.

      Delete
    3. Wih, mantep, nih. Speechless juga~

      Delete
  8. Aseek, Robby udh jajal standup!
    Tp klo menurut gue materi lu pasti bagus, Rob. Kan udh kebiasa nulis yg kocak2 jg. *sotoy bet gue*
    Ya, meskipun lu blm bsa bkin org yg nntonin standup lu ketawa, yg penting lu udh bkin pembaca blog lu ketawa2 kok. *Eh, ini gue ngmongnya bener gak sih?* Yaudah pokoknya gtu deh._. Wkwk. Kalo dri tulisan mah lu udh oke bingits, kalo scra langsung mah gue gak tau. Wkwk. Smangat yak! Ikutan aja lomba standup terus, kan lumayan dpt cemilan sm souvenir (LAH, KENAPA JADI INI?) Oke, sprtinya gue mulai ngawur.

    Btw, pas prjalanan pulang dgn sendal putus gmn rasanya?? Klo gue jadi lu sih mendingan nyeker dah. Atau kalo nemu permen karet pas jalan dilem aja sendalnya pke prmen karet, lumayan buat ngerekatin smentara. Eh, tp gue blm prnah nyoba sih._. Gue gak ngerti ini komen apaan. Udahan ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. YOWW~

      Hmmm, semoga emang bener bikin ketawa ya. Ngarepnya gitu hehehe.

      Oh iya, pas perjalanan pulang, ya cuma gitu doang. Nahan2 biar gak lepas. Huhuhu...

      Delete

Terima kasih sudah membaca. Mari berbagi bersama di kolom komentar.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)