April 2024: Belajar Buat Video dan Kembali Praktikum

 1/

Salah satu aktivitas baru yang mulai saya coba di bulan April adalah buat video. 

Awal keinginannya sederhana: karena saya senang ngobrol tentang buku. Kalau ketemu orang yang sejenis, bahas buku akan menjadi diskusi panjang untuk berbagi apa yang telah dibaca masing-masing. Itulah asal-usul judulnya #BagiBaca, berbagi apa yang telah dibaca.

Jadilah, saya mulai ngobrolin tentang buku di Youtube. Sampai tulisan ini diposting, sudah ada 2 video #BagiBaca di channel saya.


2/

Selain buat video di Youtube, saya juga mulai buat video-video pendek di Reels, Short, dan Tiktok. Satu bulan ini memang saya jadikan sebagai ajang percobaan dan belajar. Nonton video sana sini, cek analytics mereka, dan kira-kira apa yang bisa diterapkan di akun-akun saya. Ternyata menyenangkan. 

Bagian menyulitkannya adalah tentu.. semangat untuk buat videonya. 


3/

Setelah sekian lama tidak praktikum kimia, akhirnya saya kembali melakukan praktikum di sekolah. Terakhir tahun 2019 saat kuliah, sebelum pandemi, saya masih ketemu alat-alat kimia. 

Buat yang pernah praktikum titrasi, praktikum ini tingkat kesulitannya di tingkat SMA, bagi saya, ada di level menengah. Selain ketepatan mengamati perubahan warna, juga alat-alatnya yang perlu perhatian khusus. Berdasarkan pengalaman, alhamdulillah praktikum berjalan aman. Anak-anak bekerja sesuai instruksi. Tapi dalam diri saya masih ada rasa penasaran mengganjal: saya bisa nggak ya melakukan titrasi lagi?

Di sela-sela menyiapkan bahan untuk praktikum kelas lain, saya iseng melakukan percobaannya sendiri. Ini dia hasilnya.

Masih ada ya sisa-sisa skill 5 tahun lalu. Hehehe.

Post a Comment

0 Comments