16 September 2018

5 Keunggulan Sertifikat SSL yang Kamu Harus Tahu


Keamanan adalah salah satu faktor paling penting saat kita surfing di internet. Dari dulu hingga sekarang dunia internet bagaikan pisau bermata dua karena banyak hal positif yang bisa didapatkan melalui internet. Namun, tidak sedikit pula hal negatif bisa didapatkan dari surfing di internet, contohnya yang paling sederhana adalah perangkat terkena virus karena mengunjungi website. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk berhati-hati ketika berada di internet. Tapi di masa kini anda bisa sedikit santai dalam menanggapi hal ini karena sertifikat SSL hadir menyingkiran masalah tersebut. Dan di artikel ini kami akan membahas lebih lanjut keunggulan sertifikat SSL yang kerap melindungi anda saat berada di internet. Namun sebelumnya, kita akan membahas tentang apa itu sertifikat SSL.

Sertifikat SSL atau singkatan dari Secure Socket Layer merupakan suatu sistem keamanan standar global yang menggunakan enkripsi modern untuk menerima atau mengirim informasi penting di internet, SSL memungkinkan komunikasi anda terenkripsi antara browser dan server web sehingga anda akan terlindungi ketika mengunjungi website tertentu. Informasi seperti apa pun yang melalui jaringan ini dienkripsi di satu end dan didekripsi setelah diterima di end lainnya. Dengan demikian, tidak ada gunanya seorang pengguna menyimpan informasi tersebut karena telah dienkripsi.

Jika anda seorang pemilik website, anda bisa mengaktifkan sertifikat SSL dengan membeli atau mengakusisinya. Dan anda bisa mempelajari cara install sertifikat SSL di sini. Browser web kini mampu mendeteksi sertifikat SSL ini untuk mengenkripsi koneksi tertentu. Pengguna pun bisa mengetahui dengan mudah apakah suatu website menggunakan sertifikat SSL atau tidak dengan melihat gembok kecil yang terletak di sebelah kiri URL nama website. Selain itu, nama website yang menggunakan sertifikat SSL juga akan teridentifikasi menggunakan protokol HTTPS bukan HTTP.

Website yang menggunakan SSL akan berubah dari HTTP menjadi HTTPS
Kini sudah sangat banyak website umum maupun belanja online yang menggunakan sertifikat SSL sebagai pelindung website mereka untuk mengurangi risiko bocornya berbagai informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, kata sandi, nomor ponsel, alamat rumah ,email, nomor telepon dan sebagainya. Bahkan menggunakan SSL, kini seperti sebuah hal wajib yang harus dimiliki sebuah website agar mendapat kepercayaan dari pengunjung. Contoh website yang menggunakan sertifikat SSL adalah IDwebhost.

Oleh karena peran dan fungsi yang sangat penting dari sertifikat SSL bagi suatu website, berikut ini akan kami jelaskan keunggulan sertifikat SSL serta alasan mengapa anda harus menggunakan protokol ini.

Keunggulan Sertifikat SSL dan Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakanya

1. Dengan SSL, tampilan website Anda akan menjadi terlihat lebih professional
Hampir seluruh website populer di dunia baik lokal maupun internasional, seperti Facebook, Google, Youtube dan website populer lainnya memakai lambang ikonik dari sertifikat SSL yaitu gambar gembok kecil di samping kiri URL website. Bisa kah anda menyebutkan salah satu website populer yang tidak menggunakan lambang sertifikat SSL ini?

Well, para pelaku bisnis dan pemilik website saat ini sudah mengetahui apa yang menjadi kekhawatiran pengunjung website ketika hal tersebut berkaitan dengan privasi digital atau keamanan. Oleh karena itu, dengan memasang sertifikat SSL mereka membuktikan hal tersebut bukanlah masalah dan mereka ingin para pengunjung website merasa terlindungi. Selain fungsi utama untuk melindungi tersebut, sertifikat SSL juga memberikan kesan tampilan website yang professional sehingga pengunjung akan percaya akan kredibilitas website.

Bagi website yang memiliki tipe bisnis seperti E-commerce, keberadaan sertifikat SSL sangat penting. Karena sertifikat SSL akan melindungi berbagai informasi penting dan sensitif seperti rincian kartu kredit. Payment Card Industry (PCI) standard memiliki peraturan bahwa pembayaran online yang melalui sertifikat SSL harus memiliki setidaknya 128 bit enkripsi. Enkripsi ini sebaik mungkin dugunakan untuk mengamankan transaksi online samapi iklan yang sangat baik untuk merek bisnis anda.

2. Enkripsi dan Transmisi informasi akan lebih aman
Keunggulan sertifikat SSL selanjutnya adalah keamanan berlapis sehingga enkripsi dan transmisi informasi dapat dijalankan dengan lebih aman. Alasan utama mengapa menggunakan sertifikat SSL direkomendasikan adalah sertfikat SSL menjamin bahwa setiap paket data yang ditukar antara pengguna browser dengan website yang memiliki sertifikat SSL akan dilindungi dengan teknik enksripsi yang paling canggih. Hal ini bertujuan untuk mencegah tindakan pencurian data yang mungkin dilakukan oleh pihak tak bertanggung jawab. Informasi yang berguna tidak akan terbaca karena teknik canggih enkripsi ini. Oleh sebab itu, pengguna dijamin akan merasa lebih aman saat mengunjungi website yang memiliki sertifikat SSL.


Dengan SSL, kemamanan akan semakin terjamin

3. SEO friendly
Selanjutnya keunggulan sertifikat SSL yang ketiga adalah SEO friendly. Ya tanpa disadari, banyak website perusahaan yang berusaha menjadi nomor 1 perihal SEO (Search Engine Optimization) dengan mengandalkan konten yang mereka buat. Namun ternyata selain faktor konten tersebut, sertifikat SSL ternyata juga memiliki peran penting untuk mencapai SEO. Mengapa bisa begitu? Hal ini berkaitan dengan keunggulan sertifikat SSL nomor 4 berikut.

4. Google sangat suka dengan website yang menggunakan sertifikat SSL
Ya, inilah alasan utama mengapa sertifikat SSL bisa mendukung SEO atau SEO friendly. Sudah sejak dua tahun lalu, Google menyatakan bahwa mendukung penuh sertifikat SSL dan akan memprioritaskan website yang memiliki sertifikat SSL untuk mengatur ranking di halaman hasil pencarian.

Sertifikat SSL akan meningkatkan traffic website anda

Oleh karena itu, sekarang ini akan cukup percuma jika konten yang ada di website anda bagus namun belum memasang sertifikat SSL karena Google akan menaruh website anda pada ranking atau urutan yang cukup belakang pada halaman hasil mesin pencarian. Dengan semakin banyak traffic yang anda dapatkan, anda juga akan meningkatkan peringkat anda di halaman pertama hasil pencarian. Dengan proses yang berkelanjutan dan berputar seperti ini, menggunakan SSL di website anda dapat menjadi awal mula yang efektif karena selain melindungi pengunjung SSL juga akan membuat website anda semakin ramai pengunjung.

5. Mencegah disisipkan iklan oleh ISP
Selanjutnya, keunggulan sertifikat SSL adalah mampu mencegah iklan yang disisipkan oleh ISP. Mungkin anda pernah mengalami hal ini, yaitu ketika sedang browsing dan membuka suatu website tiba-tiba muncul iklan dari provider anda. Well, iklan ini merupakan sisipan dari ISP (Internet Service Provider) yang pastinya sangat merugikan bagi anda kan. Oleh karena itu, keberadaan sertifikat SSL sangat penting dan dibutuhkan karena SSL mampu menghentikan sisipan iklan tersebut dan mengganti protokol anda dari HTTP menjadi HTTPS. Sangat mudah bukan?

Well, itu dia 5 keunggulan sertifikat SSL. Bagaimana apakah sudah tertarik memasang sertifikat SSL?
Dan bagi anda pemilik usaha yang ingin membeli sertifikat SSL namun belum memiliki domain, bisa membeli di IDwebhostcom yang menyediakan berbagai jenis domain murah yang kemudian bisa Anda pasangkan sertifikat SSL.

3 comments:

  1. Blog ini udah dipasang ssl belum ya, Rob? He
    Btw, gimana kabarnya, Rob??
    Lama tak main kesini. Udah ganti aja headernya, aku suka yang dulu, kalau ada backgorund fotonya jadi lebih keren. Menurutku lho..

    ReplyDelete
  2. ini blog lu sendiri belom make kayaknya ya?
    gue kemarin juga dapet notif kayak gini sih, jadi disamping kiri url blog gue ada tulisan not secure. setelah di otak-atik akhirnya bisa lagi

    gue enggak terlalu paham sih gunanya, tapi abis baca ini lumayan lah. dikit-dikit paham.
    ehuehue

    ReplyDelete
  3. Klo untuk blogger sih bisa kok bro. Gratis! Hehe..

    Gue aja udah pake di blog gue. Btw, gue jadi ada unspoinsp untuk nulis ginian juga nih. Makasih.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.