Cara Mengucapkan “I love you” yang Keren dan Tidak Biasa (inspired by ILY From 38.000 Feet)

Beberapa orang bingung bagaimana caranya mengucapkan “Aku cinta kamu” atau “I love you”. Kemudian orang-orang ini akan mencari referensi sebanyak-banyaknya untuk melepaskan kegundahannya. Film menjadi salah satu solusi atas permasalahan tersebut. Terlebih lagi film jenis romansa bisa menjadi pilihan, mengingat akan sangat bertebaran kalimat "I love you" di dalamnya.

Gue bilang ke seorang teman lewat WhatsApp, “Besok ada ILY From 38.000 Feet di TV. Penasaran.” Dia, katanya, suka banget film romansa itu. Sampai dia menonton ulang, dan kesannya selalu sama: “Gue nonton film itu nangis terus.” Curiga, dia nontonnya sambil diancam pemotongan uang saku oleh ibunya. Gue merasa tertantang. Mau tahu seberapa sedihnya film ini.


Film yang kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi “aku cinta kamu dari 38.000 kaki” ini, awalnya sempat mengundang sebuah pertanyaan:

“Kaki siapa aja yang ada di situ? 38.000 kaki berarti sama dengan jumlah 19.000 orang, 4.750 gurita, dan 3.800 laba-laba. Ngapain aja?!”

Film itu gue tonton di kampung. Lebih tepatnya di televisi nasional film Lebaran. Jauh dari sini, gue meng-SMS teman gue itu untuk laporan bahwa gue sedang nonton film yang bikin dia nangis mulu itu.

ILY From 38.000 Feet bercerita tentang seorang cewek bernama Aletta yang percaya bisa bertemu jodohnya di pesawat. Arga, seorang penumpang keren, meminta lelaki yang duduk di sebelah Aletta untuk pindah. Akhirnya Aletta duduk bersebelahan dengan cowok keren bernama Arga. Aletta penasaran sama si cowok dan membawanya pada pertemuan di sebuah acara televisi. Jeder, jeder, jeder, mereka bisa saling kenal bahkan saling sayang. Cuma, karena si cowok orangnya pendiam, dia nggak mau ungkapin itu semua.

(Abaikan “jeder, jeder, jeder” itu. Gue nggak ngerti cara nyeritain sebuah film.)

Pada sebuah kesempatan, si cowok naik pesawat dalam perjalanan dari Bali ke Jakarta, lalu nulis “I LOVE YOU FROM 38.000 FEET” dari atas pesawat. Dia memfoto dan mengirim foto tersebut ke ceweknya yang udah ngarep-ngarep diucapin “I love you” sama si cowok sejak lama. Terbukti dengan munculnya dialog Aletta yang nempel di kepala gue:


“Aku pikir kamu bakal bilang ‘I love you’.”

Untungnya, si cowok bukan pemilik olshop. Setelah kertasnya difoto, dikasih caption “ready gan”.

Sampai di ending cerita, gue merasa, “Ah, elah. Gue juga bisa kalau kayak gitu.” Tentunya sambil membayangkan ada cewek yang maksa-maksa gue buat ngikutin cara Arga. Sayangnya tidak ada. Sekaligus membuat gue sadar, “Kan, tiket pesawat mahal.”

Jadi, yang gue tangkap di sini:

Film ini menunjukkan bagaimana kerennya ngucapin “I love you” pada kondisi yang tidak biasa. Kita udah bosan dengan cara mengucap “Aku cinta kamu” atau “I love you” di atas jembatan sambil berlutut nyerahin bunga. Bunga Zainal.

Terinspirasi dari film ILY From 38.000 Feet (dalam Satuan Internasional disingkat “ft”), gue akan mencoba membuat sebuah skema cara mengucapkan “I love you” yang tidak biasa.




I Love You From 38.000 derajat Celcius
“Aku pikir kamu bakal bilang ‘I love you’.”

Setelah mendapat alarm seperti itu, segeralah mencari industri baja terdekat. Kamu cari di tungku mana yang suhu perapiannya mencapai 38.000 Celcius.

Memang susah untuk mendapatkan 38.000 Celcius. Dapat setengahnya aja hampir nggak ada. Karena menurut study tour yang gue lakukan di Google, suhu tungku perapian untuk melelehkan besi sekitar 1500-2000 derajat Celcius, lebih panas daripada amarahnya penonton Katakan Putus.

Supaya pacar percaya kamu sudah berada di tempat yang mahakeren, fotolah seluruh bagian di tempat ini. Sedikit meniru film aslinya, tulislah I LOVE YOU FROM 38.000 DERAJAT CELCIUS pada kertas sigaret—kertas yang digunakan untuk membuat rokok lintingan sendiri—kemudian masuk ke tungku perapian. Belum sempat difoto kamu sudah gosong di dalam tungku.



I Love You From 38.000 mAh
Selanjutnya adalah sebuah skema yang tidak memerlukan banyak syarat merepotkan. Cukup power bank 38.000 mAh dan jarak antara pacar harus bersebelahan. Harus banget. Tidak boleh jauh-jauh sebab agak susah dapat momennya. Jarak dekat akan sangat membantu proses terjadinya skema ini.

Yang harus diperhatikan di sini adalah kamu harus menggunakan gaya pacaran anak SMP tahun 2010-2013, yang mana saat itu sangat terkenal dengan gaya pacaran “deket-deketan tapi sms-an”. Karena sudah banyak aplikasi pesan instan, fitur SMS bisa diganti dengan WhatsApp, Line, KakaoTalk, dan aplikasi pesan instan lainnya. Kalau beruntung, pakai Tinder juga bisa.

Kembali lagi, yang harus diperhatikan adalah pancing terus agar baterai handphone-nya cepat terkuras habis. Pada saatnya dia mengirim pesan berbunyi “Aku pikir kamu bakal bilang “I love you”, balaslah dengan, “Aku pikir kamu bakal pinjem power bank.”

Tidak ada satu orang pun yang dapat tenang melihat baterai handphone-nya habis. Maka di situlah dia akan membutuhkan power bank, lalu pinjamkan power bank 38.000 mAh milikmu. Jangan dikasih buat dia. Suruh dia beli sendiri. Atau jadikan power bank 38.000 mAh sebagai kado ulang tahunnya.



I Love You From 380 km/jam
Skema ini akan lebih menyerupai film aslinya.

Yang kamu butuhkan pertama kali adalah mobil. Angkot juga boleh, tapi pastikan jangan ada penumpangnya. Nanti dia minta kembalian, kamu kerepotan. Pokoknya di sini one man show.

Hal yang harus diperhatikan adalah kondisi dari mobil, terutama kondisi speedometer. Bahan bakar harus cukup untuk perjalanan mencari trek lurus. Setelah semuanya cukup baik, pastikan pesan dari pacar harus sampai kepada kamu untuk memulai sebuah aksi nyata.

“Aku pikir kamu bakal bilang ‘I love you’.”

YAK! Segeralah pacu mobilmu dengan semangat juang. Brrmmm... brrrrm... brrrmm. Ngeeeeeenggg.... Lihat jarum speedometermu sudah menunjukkan angka berapa, lalu tahan pada kecepatan konstan dan foto jarum tersebut bersama tulisan “I LOVE YOU FROM 380 KM/JAM BRRRRR”.

Kalau mobil nggak mampu dipacu segitu, silakan bercita-cita menjadi masinis kereta api Maglev Shanghai.

Sebenarnya masih ada tambahan lagi, yaitu I Love You From 38.000 volt. Tapi, pemandu study tour gue menyebutkan manusia bisa mati pada tegangan 220 volt. Jauuuuh banget dari angka 38.000.

Semoga skema-skema di atas bisa memberi gambaran lebih jauh tentang cara mengucapkan “aku cinta kamu”. Walaupun sulit diucapkan, tapi percayalah suka itu kata paling hebat. Janganlah kau merasa malu. Bila kesulitan, teriaklah: Ku suka, dirimu ku suka, sambil berlari sekuat tenaga.

Ungkapkan perasaanmu. Jujurlah dari sekarang juga.


31 komentar:

  1. Hehehe... yang paling masuk akal cuman I Love You From 38.000 mAh
    Kalau beneran ada pasangan yang jadian kayak gini, fix gue bakal ikutin mumpung gue powerbank daya segitu. Kenapa gak buat sekalian aja I Love You From 38Gb, metodenya hampir sama ketika dia kehabisan kuota siap-siap kamu harus nyediain kuota buat doi dan bilang ini gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, itu jadinya WiFi dong, Bang? Bisa juga sih. Kuotanya banyak kalau segitu, nggak abis-abis selama 3 bulan. xD

      Delete
    2. udah gitu kalau habis, putus deh. ngenes :D

      Delete
  2. Hahaha.. Bisa aja, Rob. Masih ada 38.000 liter buat anak jurgan bensin yang mau nyatakan cinta. 38.000 rupiah buat anak ngirit yang jajan di KFC bawa uang segitu buat nyatakan cinta. Dan tentu saja masih ada 38.000 chat whatsapp yang belum dibuka buat nyatakan kehabisan kuota data.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 38.00 liter bensin cukup buat buka SPBU belum, Bang? 38.000 chat whatsapp. Siapa aja yang ngechat bisa segitu banyaknya? :'D

      Delete
  3. Bangke lah jedar-jeder. Apaan segala ada Kakao Talk! Jadi nostalgia pernah pake itu kan akunya. Huhuhuhuhu.

    Waaah aku suka banget sama postingan kamu ini, Rob. Kayaknya ini jadi favoritku deh. Hihihihihi. Btw itu yang pake power bank paling mudah dilakukan ya. Oh iya, ini postingan ada curhatan terselubungnya ya? KAMU LAGI SUKA SAMA TEMEN KAMU YANG SUKA FILM INI YA? HAYO, NGAKU AJA SAMA MAMAH.

    Komennya Ilham bajingseng ya. Hahahaha. Btw... aku kok kayak nggak asing sama angka 3.800 itu. Mau bikin juga deh. Tapi angkanya jadi 3.800. I Love you from 3.800 dollar. Pernyataan seorang blogger SEO yang berpenghasilan 3.800 dollar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernyataan cinta dari seorang blogger SEO yang berpenghasilan 3.800 dollar maksudnya. Hayah. Ketinggalan kata.

      Delete
    2. Maaf ya, belum jago nyeritain film. Hehehe. Harus belajar sama Kak Icha Khalifa.

      Eh, eh, eh, apaan? Jangan dipaksa-paksa buat ngaku. Huhuhu. Btw, makasih, lho, Kak Icha. Aku ini aslinya serem, lho. :v

      Belum segitu ilmuku. Jadi, nggak sanggup buat ngayalnya. Bayangin $3.800 itu kayak apa, bingung.

      Delete
  4. I Love You from 3.800 Kilometer di Bawah Permukaan Laut.

    ReplyDelete
  5. Angkanya sudah pasti menjurus ke arah recehan SEO itu mah.. xD

    Mantap itu tipsnya Rob. penjelasannya keren pula. ilmiah sekali.. Yang 38000 Volt bisa kok diwujudkan. Memang manusia bakal mati dgn tegangan 220 volt, tapi itu jika arus pendek kayak kesetrum. Beda halnya jika 38000 volt berupa listrik statis semisal dialirkan dengan bola van de graaff, itu loh bola listrik yg kalo dipegang bikin rambut berdiri. Nah, sebelumnya, panjangin rambut dulu, trus minta cukur sedemikian rupa agar ketika dialiri listrik statis, rambutnya berdiri membentuk tulisan "I LOVE YOU".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengetahuanku akan fisika bertambah. *manggut-manggut*

      Bola van de Graff pernah denger. Huahaha. Langsung googling deh nanti, ngelanjutin study tour. Btw, itu caranya keren juga sambil ngebentuk rambut. Yang nyala sekalian tambah keren.

      Delete
    2. hehehe... gokil nih kalau beneran ada yang lakuin

      Delete
  6. Huuuwwaaaaa satu kalimat di akhir, sungguh manis ya.

    Aku setuju juga sama Icha. Angka 3.800 ini mengingatkanku akan receh dollar.
    Skemanya leh dicoba neh.
    Kalo kisah cinta anak indomaret pasti kayak,
    'I Love You From 38.000 nya boleh didonasikan aja mas? '

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kan lagu. Emang nggak engeh, Kak Wulan? :))

      Boleh, Kak. Hehehe. 38.000 masih bisa buat beli roti sobek, kok. Jangan didonasikan dulu deh.

      Delete
  7. belum nonton tp kadang cinta atk perlu diucapkan ya, dengan perbuatan tentu org tahu dia mencintainya

    ReplyDelete
  8. ah, elah, bisa aja ini sampai kesini -->jumlah 19.000 orang, 4.750 gurita, dan 3.800 laba-laba. analisis yang sangat tinggi dan berfaedah

    yang paling sukses menurutku yang versi 38.000mAh, tahu sendiri lah ya sekarang jamannya anak muda kemana-mana bawa PB.
    dan yang paling horror buat dipraktekin, 380 km/jam. gila aja, suruh moto tulisan i love you sambil njaga kecepatan kendaraan kendaraan? macam bunuh diri versi konyol ini wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, kebetulan angka 38.000 bisa dibagi dengan angka segitu. :)

      Ke mana-mana harus bawa power bank tuh. Hahaha. Siapa tau ada yang resah nyari colokan, bisa nolongin dia. Beruntung lagi sampe jatuh cinta beneran. Kalau kecepatan segitu susah diterapin di sepeda gowesan. Pegel gowesnya. :')

      Delete
  9. Eh jadi begitu doang. Difoto dari dalam pesawat. Kirain gue dia bakal terjun bebas dari pesawat sambil megang spanduk bertuliskan, "I Love you" gitu. Ekspektasi gua akan film Indonesia, sangat kebablasan..

    Btw, rasanya ko gue relate sama Aletta.. Bedanya gua yakin bakal ketemu jodoh gue di Commuter Line..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha, pertama sempet mikir begitu. Ternyata ya emang begitu aja nulisnya.

      Sorry, saya sih nggak di Commuter Line. Tapi di Transjakarta dan angkot.

      Delete
  10. Gue belum pernah nonton filmnya. Padahal dari dulu suka sama si Michele. :3 Uwuwuw~ Wqwq.

    Angka 38.000 ini kalau 0-nya kurang satu kok begitu familier, ya. Hmmm.

    Gue juga jadi pengin bikin ah, "I Love You From 38.000 Words". Dibuat jadi sebuah novel. Ntap~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahaha, maaf-maaf nih baru tau Ziudith di film ini. :))

      Iya, sangat-sangat familier di Twitter beberapa bulan yang lalu. Itu keren juga. Tapi 38.000 words bisa jadi skripsi, lho~

      Delete
  11. Wuahaha nguakak pas baca I love you from 38.000 celcius.
    Receh bener.

    Itu yang 380km/jam gmn rasanya dah, gue di setirin mobil 100km aja kayaknya udah kenceng banget. *anaknya emang cupu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereta Shanghai Maglev (magnetic levitation), menurut Wikipedia, kecepatannya segitu. Ngebayanginnya juga merinding, euy. :))

      Delete
  12. Wkwkwkwk. Yang komen pada ngaitin ke penghasilan seseorang. 😢

    Saya kok gak kepikiran ya ngitung 38.000 sama kaki makhluk hidup. 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumlah yang mencengangkan.

      Anak IPA bawaannya mikirin makhluk hidup terus. :))

      Delete
  13. Ready gan.......wkwkwkkwk :v

    Pernah denger film ini tapi katanya cuman dialog doang nggk ada actionnya. Jadi nggk terlalu tertarik, nanti aku coba nonton film ini ah..... :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau action yang ada tendang-tendangan sambil ngumpet di tong, itu Jackie Chan.

      Delete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.