Ingin Hilang Ingatan Bareng Rocket Rockers

Salah satu obat penghilang stres adalah bernyanyi. Nggak sedikit yang setuju dengan cara ini. Apakah dia bisa nyanyi atau nggak, yang senang-senang aja setelah nyanyi pasti setuju. Beberapa orang yang nggak setuju, mungkin pernah punya pengalaman buruk sewaktu nyanyi sehingga trauma. Niatnya mau ngilangin stres malah tambah stres setelah suaranya dikomentarin, “Lu nyanyi apa ngeden?”

Kalau gue, nggak mikirin amat apa kata orang perihal suara sewaktu nyanyi. Termasuk sewaktu nonton konser live. Ini konser, Brother! Nggak ada yang mau dengar suara gue juga. Peduli setan mau nyanyi seancur apa.

Sebelum dimulai


Ceritanya, hari Selasa, 21 Februari 2017 kemarin ada acara Pensi Fair dari Global TV. Acara itu datang khusus ke beberapa sekolah terpilih. Beruntungnya, sekolah gue terpilih dan kebagian jatah. Melihat poster yang tertempel di mading, ada sederetan nama beken di sana: HIVI, Superman is Dead, Rocket Rockers, dan masih banyak lagi. Namun, hanya ada satu bintang tamu yang mengisi pada hari ini, dan ini membuat gue berasumsi setiap sekolah memang kebagian satu bintang tamu. Hari itu, Rocket Rockers menjadi penampil di sekolah gue, SMA Negeri 33 Jakarta.

Awalnya agak disayangkan. Kenapa harus Rocket Rockers? Padahal ada HIVI yang lagu-lagunya lebih banyak gue tahu ketimbang Rocket Rockers. Kan, enak, seandainya hujan-hujanan sambil diiringi lagu “Siapkah Kau ‘Tuk Jatuh Cinta Lagi”, terus berteduh sejaket berdua. Pastinya anjay!

Atau, sekalian aja Superman is Dead. Nyanyi sampai teriak-teriak lebih leluasa karena lagu populer mereka banyak yang gue tahu. Pastinya seru ngikutin vokalis nyanyi di bawah panggung. Namun yang ada, Rocket Rockers. Siapa mereka? Terima aja deh, acara gratisan ini.

Untuk acaranya diawali dengan penampilan band dan tari daerah yang ditampilkan siswa dari sekolah gue. Semuanya tampil bagus kalau dibanding gue yang nggak bisa sama sekali main alat musik dan kaku menari. Yang bikin kaget, sejak kapan banyak banget yang bisa tari daerah? Di sekolah gue memang ada ekskul tari daerah, yaitu tari saman. Nah, kemarin itu tari saman malah nggak tampil. Dugaan gue ternyata salah. Gue kira saking modernnya zaman dan tarian, anak-anak seumuran gue gengsi buat tampil tari daerah.

Acara terakhir diisi band yang dinanti-nantikan, walaupun nggak semua orang nungguin Rocket Rockers dan memilih pulang. Seperti gue, misalnya. Gue sebelumnya memang kurang tahu tentang Rocket Rockers. Cuma satu lagu mereka yang pernah gue dengar. Berhubung ada kata “rockers” di band tersebut, gue mengira-ngira suasana sekolah ini bakal keren nantinya setelah Rocket Rockers naik panggung: suasana bakal menghentak-hentak, rock banget, dan orang mabok berkeliaran.

Ajakan-ajakan moshing mulai muncul dari beberapa lelaki di barisan belakang. Ada hasrat yang harus gue tuntaskan. Gue harus ikutan moshing!

Setelah mikir-mikir sebentar lagi mau Ujian Nasional, gue membatalkan keinginan untuk moshing. Jangan nyari penyakit menjelang UN.

Sampai tiba waktunya Rocket Rockers naik panggung. Gue teriak-teriak histeris, padahal cuma ceksound. Namanya orang nonton konser (apalagi ini gratisan) pastinya harus teriak. Kata sambutan mereka ucapkan sebagai pembukaan acara. Lalu Aska, vokalis Rocket Rockers teriak ke penonton, “Welcome to the Rocket Rockshow!”

“WOHOOOO!” kata gue sambil meninju langit. Penonton bertepuk tangan meriah.

Lagu demi lagu mereka bawakan, yang dengan sukses membuat gue bertanya-tanya apa judulnya. Kerennya, walaupun gue nggak tahu lagu apa yang dinyanyiin, gue tetap lompat-lompat. Nggak jauh di belakang gue, teman gue yang tadi ngajak moshing lompat-lompat bareng teman-temannya membentuk lingkaran. Persis kayak di konser-konser. Nggak mau kalah, gue juga ikutan lompat. Diki, di sebelah gue, ikutan lompat tetapi nggak lebih lama daripada gue.

Gue ngomong ke Diki sambil teriak, “Karena gue nggak punya geng, gue lompat aja sendirian!”

Nggak peduli. Gue mau senang-senang. Mau ngelupain masalah.

Ajaibnya, gue merasa saat nonton ini nggak ada beban sama sekali. Ungkapan “butuh ruang bebas untuk teriak sekeras-kerasnya” kayaknya cocok kalau dilakukan di tengah lapangan saat itu. Gue teriak sebebas-bebasnya dengan volume suara yang pasti kalah dengan speaker. Paling efeknya cuma dilihatin orang di depan.

Apalagi saat Aska nyuruh penonton buat jongkok, kemudian dalam hitungan ketiga kita disuruh lompat. Begitu hitungan ketiga, gue melompat tinggi dan melodi gitar mulai dimainkan.

Rocket Rockers juga sempat ngebawain lagunya Zayn Malik yang “Pillowtalk”. Sebelumnya, Aska ngadain dialog singkat sama seorang penonton lelaki. Ini bukannya dialog singkat kayak yang ada di acara mistis. Tenang.

Vokalis: Kamu punya kecengan?

(Mohon diperhatikan. Kecengan itu gebetan. Gue kemarin ngelihat ke kanan dan kiri, penonton kebingungan setelah mendengar kata “kecengan”)

Penonton: Punya.

Vokalis: Di sini? Atau di sekolah lain?

Penonton: Di sekolah lain.

Vokalis: Oke. Kamu bisa main gitar?

Penonton: Nggak.

Vokalis: Bagus. Kalau bikin puisi bisa?

Penonton: Nggak.

(Dalam hati, heran. Ini anak bisanya apaan dah? Gue nggak bisa main gitar tapi bikin puisi bisa kok. Walau jadinya nggak kayak puisi)

Vokalis: Bagus. Ah, terakhir. Kamu tipe cowok yang romantis kalau bisa beliin pacar kamu bunga atau bisa beliin pacar kamu apartemen?

Gue nggak tahu jawabannya, yang jelas tiba-tiba Aska ngasih tips. “Kamu tipe cowok yang nggak bisa main gitar, nggak bisa bikin puisi, dan beli apartemen aja pasti jauh lah, ya. Sekarang, kamu dengarin saya. Nanti kasih tahu ke gebetan kamu lagu yang saya mau nyanyiin.”

Maka si penyanyi menyanyikan lagu “Pillowtalk”.

Kembali, gue nggak tahu lagu ini.

Pada beberapa daftar lagu akhir, menjelang acara usai, Aska ngasih bridging sedikit sebelum membawakan lagu yang lainnya. “Sekarang waktunya kita pendinginan dulu. Cooling down.” Gue sudah menebak-nebak, pasti lagu itu yang bakal dibawa. Lagu yang pernah gue dengar dua tahun lalu.

Seorang penonton lelaki kelas 12 disuruh naik ke panggung, menyanyikan lagu yang yang akan dibawakan Rocket Rockers nanti.

“Coba nyanyiin sedikit aja,” pinta Aska.

Dia mendekatkan mikrofon ke mulut. Dia bernyanyi, “Di sini, kembali kauhadirkan ingatan yang seharusnya kulupakan. Dan kuhancurkan adanya.”

ITU DIA LAGUNYA!

Rocket Rockers mulai membawakan lagu “Ingin Hilang Ingatan”. Benar, lagu yang dulu sering gue dengar bersamaan dengan lagunya Pee Wee Gaskins – “Sebuah Rahasia” dan Remember of Today - “Pergi, Hilang, dan Lupakan”. Lagi galau-galaunya dulu, sering banget denger lagu-lagu itu. Lagu-lagu yang kayaknya punya kesamaan, tapi sampai sekarang gue nggak tahu di mana kesamaannya.

Mulai memasuki bagian reff, gue ikutan nyanyi. Ngeluarin semua suara dan menurunkan ketegangan dalam jiwa. Melupakan sejenak masalah yang terjadi lebih kurang lima jam sebelum gue berada di sini, di lapangan, menonton Rocket Rockers manggung. Gue nggak ingat apa-apa lagi saat ikutan nyanyi bersama penonton, yang mungkin sama kayak gue—nggak tahu Rocket Rockers, saat mikrofon disodorkan ke bawah panggung.

Masalah itu sepertinya nggak akan gue tulis di blog untuk saat ini. Saat ini, sambil mengetik tulisan terbaru di blog ditemani lagu “Ingin Hilang Ingatan” – Rocket Rockers, gue mengingat-ingat kenyataan pahit itu. Lagu berhenti, kemudian gue putar ulang. Ingin hilang ingatan, rupanya.


34 komentar:

  1. Jangan meninju langit, gada yang bales. Tinju si Aska aja, lebih seru!

    Baru denger ada group band "Rocket Rockers"

    Gimana? udah hilang ingatan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti saya diamuk temen-temennya. :')

      Coba denger dong, Kak Arum. Siapa abis denger Rocket Rockers jadi pengin bikin roket. \o/

      Delete
  2. Hebat si robvy ini, langit aja bisa ditinju
    Emang berapa meter panjang tanganmu, rob?
    Kenapa g jadj petinju ja
    Siapa tw kalah lawan mc water
    Eh bener g sih mc water
    Ituloh yg ngalahin pack qiau
    .
    Aneh
    Harusnya kali pendinginan itu rame2 masuk kulkas
    Eh malah nyanyi lagi
    .
    Oh vokalisnya si aska
    Dy blogger juga y kan
    Ituloh askatavity
    Pantesan skrng dy ngilang
    Rupanya lagi sibuk jadi vokalis

    ReplyDelete
    Replies
    1. ASKATIVITY!!!!!!!!! Bang Nik.... salah orang dijaga!

      Delete
    2. Gue juga tadinya mau bilang gitu, ih si azka blogger ngapa mendadak jadi penyanyi wkwkjw

      Delete
  3. Duh, adik kecilku ini lagi ada masalah apa? Sampe ingin hilang ingatan rupanya. Yang sama janda kaya raya kemarin nggak sampe keluar di... Astagfirullah.

    Yha, apapun masalahnya, moga cepat selesai ya, Rob. Semangaaaat!

    Oh iya, gara-gara baca ini aku jadi gonta-ganti dengerin lagu di Spotify. Bajingseng. Tadinya dengerin I Don't Wanna Live Forever, trus aku ganti jadi Siapkah Kau Tuk Jatuh Cinta. Lagunya belum habis, aku ganti dengerin Pillowtalk. Habis itu dengerin Ingin Hilang Ingatan. Eh keterusan sampe dengerin lagunya Rocket Rockers yang Hidup Kita Adalah Film Terbaik. Tapi lucu nih yang Hidup Kita, intronya lama bener :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan masalah itu woy! :')

      Hidup kita yang lucu? Apa gimana? :))

      Delete
  4. Salah satu band favorit, nih. Masa baru tahu sih Rob. Ciba dengar yang judulnya 'Dia'~

    ReplyDelete
  5. Jadi kangen moshing euy. :(

    Banyak padahal yang bagus RR ini. Tapi emang yang paling diingat justru "Ingin Hilang Ingatan". Baca tuh komen Rahul, "Dia". Itu cocok juga buat galau.

    Favorit gue, sih, "Hari untukmu".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, Pak Penggagas. Nanti dengerin lagunya RR lebih banyak!

      Delete
  6. ciee punya cerita rahasia sampe gak mau diceritain cieee hehe

    ReplyDelete
  7. Salah satu kebahagiaan hakiki anak SMA nih kalo ada acara2 musik datang ke sekolahnya :))

    Gue gak pernah denger lagu2nya mereka, cuma tau doang rocket rockers itu band. Sedih.

    Tapi emang enak sih nonton konser, lompat lompat, sing along, pelukan sama pacar. "Tangannya dijaga!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya ini tahun terakhir. Huhuhu. :(

      Coba dengerin. BMTH terus, sih, lagian. Bahaha. Eh, tapi kalo nonton siang-siang sulit mau pelukan. Apalagi pacar nggak ada.

      Delete
  8. Postingan-postingannya kenapa bikin ketawa-ketawa sendiri ya Kak?hahaha
    Saya kelas 11 di SMA 33 kak dan kebetulan punya blog juga hehehe
    Ah tapi yg baca gak sebanyak blog ini dan gak sekeren blog ini :v
    Salam kenal kak! Blognya kerennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius dari SMA 33? Coba sebut nomor absen.

      Delete
  9. hahahha, serius, mau buka blog kamu itu ada aja halangannya, jadi kesannya aku jahad banget ya ngga pernah blogwalking ke sini.

    lagu rocket rockes yang ingin hilang ingatan itu jadi lagu pamungkas bagi remaja-remaja jamanku dulu. kalau abis putus pasti mereka dengerinnya lagu itu.
    dulu mungkin lagu ini baru keluar dan lagi nge hits-ngehits nya.

    aku belum pernah sama sekali nonton konser..
    dulu pernah ada rencana mau nonton konser bb kpop, tapi mahal2 banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nih. Jahat Kak Puti. :(

      Eh, ternyata udah dipake juga sejak zaman dulu kala. Emang mantep pas patah hati. Ngena lagunya.

      Daripada nonton live, mending uangnya buat beli kuota, terus rajin-rajin main ke sini deh. :p

      Delete
  10. Wah ini bukan sekolah lo yang ngadain? Seru amat dikasih beginian. Dulu jaman gue SMA ngadain pennsi aja ribetnya minta ampun. Gonta-ganti pengisi acara gara-gara nggak punya duit dan anak-anaknya harus patungan. Muahahah. Tapi emang seru sih. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Bang Adi. Sampe sekarang pun masih susah kalo mau ada pensi-pensian.

      Delete
  11. kangen sma
    kangen jingkrak2 heboh
    jaman the upstairs dengan Disco daruratnya maen di SMA gue
    duh tuwir banget seh gue, haha

    ReplyDelete
  12. Global TV konsisten ya suka ngadain acara gretong ke beberapa sekolah di kota2 besar. Dulu jaman aku SMA juga ada dari Global TV dateng ke Bandung, bintang tamunya satu doang tapi tetep aja seneng hehehe.

    Eh aku suka nyanyiin lagu2 rocket rockers jugaaak, gak semua sih tapi adalah beberapa, termasuk ingin hilang ingatan :D yeaaay!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting gratis ya, Teh? Hahahaha.

      Yeaaay! :D

      Delete
  13. Ga nyangka ya yang paling ga lu kenal justru dijadiin bintang tamunya pensi global tv, guepun jujurnya ga tau band dg vokalis aska itu

    Hueueueue
    Hmmm lu pas ditanya gitu ga da gugup gugupnya kah? Wwkwkk
    Tapi jadi berasa terbebas sejenak kan, e critanya ini pensi abis ujian bukan sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru (hampir) selesai doang. Ujian yang lain masih nyusul.

      Delete
  14. bahaya juga nih deket bang robby, langit aja ditinju apalagi gw -_-
    hhahaha becanda gan, pasti banyak cabe kumpul kwowkowkwo....
    gan mampir kemari ya ke website ane, informasi seputar olahraga bola dan games ada disini

    ReplyDelete
  15. hmmm...
    kangen juga ya nonton pensi gitu. lama juga udah idup gue.
    lah? ngapa jadi curhat ke sono. gilak

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.