Kelas 12 Gini Amat (Mati Aku Diburu Waktu)

thumbnail-cadangan
Mengenai post sebelumnya, tentang kenaikan harga rokok, banyak yang bilang gue berubah. Dibilang tumben bahas hal-hal berat. Gue pun heran sendiri. Atau mungkin ini karena semangat belajar PPKN gue yang lagi berapi-api, jadinya pengin ngungkapin opini terus. Awalan yang bagus menurut gue. Hehehehe.

Sebenarnya gue pun takut mau membahas topik itu. Pasalnya, sumber keuangan keluarga ada di seorang perokok, yaitu bapak gue. Artinya, tulisan gue kemarin sama dengan ngajak ribut Bapak.
Tapi, dia ngerti kalo seandainya harga rokok naik, dia tau harus menyejahterakan siapa. Bukan petani tembakau, melainkan anaknya yang kepengin makan martabak ketan tiap malam.

Hmmm, oke. Kembali ke kebiasaan gue sebelumnya: nulis kehidupan sehari-hari. Abisnya bingung, malam-malam begini mau curhat ke siapa. Ya udah deh, mending ditulis di blog aja.

Oke. Udah jadi ketentuan dari awal kalau kelas 12 akan menjadi tahun yang menyenangkan sekaligus memusingkan. Jujur aja, gue pusing banget bagi-bagi waktu. Selalu nyelesain sesuatu mepet tenggang waktu terakhir. Belum lagi nanti ujian-ujian menyusul. Butuh stamina yang kuat.

Misalnya, hari Rabu ini, gue ulangan Kimia. Kata teman-teman gue di kelas lain, ulangan nanti bakal ketemu angka-angka yang susah. Lama dihitung pake cara manual. "Pake kalkulator boleh pas 10 menit terakhir," pengakuan seorang teman. Begitu gue melaksanakan ulangan, ternyata dibolehin pake kalkulator, asal kepepet. Begitu kata guru gue.

Hmmm, kalo begitu gue pake aja kalkulator sampai selesai. Bener aja, waktu gue liat soal, angkanya bener-bener kepepet. Andai nggak dibolehin, gue tinggal bilang, "Semua angkanya susah, Pak. Kepepet, nih."

Seharusnya, kalo udah pake kalkulator begini ngerjain jadi cepet. Herannya, itu nggak terjadi pada gue. Gue jadi orang paling terakhir ngerjain soal. 10 menit terakhir gue panik ngelirik orang-orang udah pada asyik ngobrol... sedangkan empat soal belum gue isi. Entah sihir dari mana, gue jadi ngerjain asal-asalan. Gue mendengar suara-suara provokasi biar gue cepet-cepet nyelesain. Padahal sayang banget, waktu masih ada dan kalkulator boleh dipake. Harusnya gue manfaatin waktu tersisa.

Nah, belajar dari sini, penting banget buat manajemen waktu.

Kasus serupa pernah terjadi sewaktu UAS semester 2 kelas 11. Saat itu mata pelajaran Kimia juga. Teman-teman udah selesai. Dari luar mereka sok-sok nyemangatin. "Ayo Robby! Ayo Robby!" Diteriakin begitu gue malah makin panik. Pengawasnya malah bikin keruh suasana. Dia ngomong sambil ngagetin. "Yak, sekian dan terima kasih. Wassalamualaikum."

"Setaaaan! Gue beloman!"

Makin ke sini gue makin ngerti, kenapa cewek nggak mau disuruh cepet-cepet kalo mereka lagi dandan. Misalnya mereka panik, nanti yang ada lipstick dioles ke alis.

Waktu menulis ini, gue masih berpakaian seperti tadi pagi ke sekolah: seragam batik sekolah dan celana putih. Asli, belum sempat mandi atau ganti baju setelah pulang les tadi pukul 8. Pulang les langsung ngejar nyelesain tugas laporan praktikum. Besok mesti diserahin, sedangkan laporan belum gue edit.

Selesai semuanya pukul 10 malam. Gue langsung ke warnet dan untungnya masih buka. Sialnya, mungkin karena beda versi Microsoft Word, laporan gue jadi acak-acakan. Terpaksa mesti dicek ulang. Haduh. Untung mbak-mbaknya mau gue repotin suruh benerin bab-bab yang nggak sesuai. Malem-malem berduaan sama mbak-mbak warnet sambil ngedit laporan, nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Nggak ya. Gue nggak akan modus. Tangan sok-sokan megang mouse, padahal megang tangan mbaknya. Duuuh.

Bener-bener stres deh. Makanya gue nulis biar melepas ketegangan. Hahahaha.

Mama gue juga ikutan khawatir dengan perilaku anaknya akhir-akhir ini. Dia selalu ngasih wejangan dari peribahasa. "Nggak papa, ya, Nak. Yang penting berakit-rakit ke hulu."
Gue diam. Menelaah kata-kata terakhir yang diucap Mama.

Kan... peribahasanya kurang lengkap. Jadi nggak sedap.

Kalo begitu, artinya jadi "bersakit-sakit melulu" dong?

"Ma, peribahasanya disambung dong. Nggak enak tuh artinya."
"Oh iya, ya."

Melihat hasil cetakan laporan tadi, gue mengingat satu hal: ini tugas dari minggu lalu. Kenapa baru gue kerjain sekarang, sedangkan besok akan dikumpulkan? Pertanyaan lagi: ke mana aja gue seminggu? 

Duh, bener-bener manajemen waktu gue bener-bener payah. Mati aku diburu waktu.


35 komentar:

  1. Ini postingan yang ada teasernya di Twitter. Pake twit yang aku up itu ya. Hahaha. Bener banget. Kurang lebih itu rasanya kayak cewek yang disuruh buruin dandannya. Apalagi yang nggak bisa dandan. Tambah panik deh :'D

    Mama kamu, Rob. Hahahahaha.Pake peribahasa cuman setengah. Swag deh.

    Btw semangat menjalani kelas 12-nya. Bakal makin sering aja ke warnet itu. Bisa modus beneran kamu, Rob. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, makanya biar cepet dandannya pake kalkulator. :'D

      Swag apanya? Mungkin dia nge-blank. Huahaha, udah pasti itu mah. Praktik udah banyak menunggu. :D

      Delete
    2. Btw, akun twitter yang dimaksud adalah @robby_haryanto.

      Delete
  2. Kelas 12 emang kek gitu. Apalagi masalah waktu dan tugas. Tugasnya udah dari kapan hari, eh dikerjain sks. Ntar kalo kuliah kamu akan mikir "aku harus berubah" ehh nyatanya kuliah lebih bejat lagi. Tugas di kumpul jam 1 siang. Baru dikerjain jam 12. Edannnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu mah sinting, bang. :'D Mesti dibenerin nih pola belajar gue.

      Delete
  3. Perjuangan kelas 12-ku jadi muncul kembali saat baca ini :(
    Aku kalo kerjain tugas suka bawa mood. Kalo lagi enak, jauh hari tugas udah dikerjain. Kalo nggak yaaa diemin aja sampai kepepet :v
    Aku kalo ngitung pake kalkulator paling matematika dan akuntansi. Tapi MTK aku jarang sih pake kalkulator kecuali kepepet (lagi) :v tapi akuntansi emang wajib pake itu. Ngitung uangnya udah bayangan malah beratus juta hahaha
    Ya jadiin pelajaran aja. Kudu siap mental kelas 12 mah. Baru semester 1 lho ini. Semester 2 udah innalilahi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, apalagi pas remaja begini. Beuh, maunya ngikutin angin terus. :')
      Hahaha, iya. Gue juga ngerasain Akuntansi. Eh, tapi tetep lah, Kimia lebih gak enak. Angkanya banyak desimal. :(

      Siap, senior!

      Delete
  4. Kleuarin dong jurus sharingannya pas nyontek
    Kan w pernah ngepost cara nyontek yg bener
    Terapin j gapapa kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. APAAN?! Pantes koruptor makin banyak. Huft. *tendang Bang Niki ke Taiwan*

      Delete
  5. Mati diburu waktu... Waduh... Parah banget ternyata management waktu lo rob. Seminggu kemaren emangnya ngapain, sih? penasaran gue. :D

    Gue ngakak ni, rob. Waktu lo bilang "Setan!! Gue beloman." Tapi, lucunya kurang sopan, sih. ITU GURU LO WOY!!! Masa' dikatain setan. -_- Jokenya, yg agak bersihan ya Rob. :)

    Terus, mama lo itu emang beneran lucu, ya. SUka banget baca ceritanya gue jadi ketawa sendiri. "Yg penting berakit-rakit hulu, ya.." hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah, mencari pokemon. Bahahaha. *padahal handphone gak nyupport*

      Hmmmm, oke. Thank you sarannya, Menteri Telekinesis.

      Waduh, kalo dia baca nanti star syndrome deh. Pasti.

      Delete
  6. tadinya gw kira waktu loe nulis ini masih pake seragam batik celana putih dan menyisakan olesan lisptik di alis :p

    #Kabooooooor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ye kali. Eike kan nggak dandan, cyiin...

      Delete
  7. Disana masih sering laporan praktikum ternyata.
    Kamu ngerasa manajemen waktu buruk? sama, aku baru sebulan udah dikasih tugas karya tulis. Individu, ditentuin lagi.
    Ayo, semangat kelas 12 mu harus berkobar, kasih contoh buat adik kelasnya nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pusiaaang. Rasanya mau nyewa kurcaci dari Harvest Moon. :(

      SIAP! Jangan contoh kemalasan kakak kelasmu, ya, adik-adik. *ceritanya ngomong sama adik kelas*

      Delete
  8. Roby udah gede pegang tangan mbak mbak warnet wkwkwk. Semangat Rob sekolahnya cepet lulus biar bisa modusin mbak warnet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woooh, motivasi untuk lulus terunik yang pernah ada. :))

      Delete
  9. Nanti, wahai anak muda, nanti jika kuliah, engkau akan terbiasa dengan deadline mepet ini. Bukan cuma terbiasa, bahkan nanti (tergantung orangnya juga sih) bakalan cenderung 'masa-bodo' ama tugas-tugas matkul.

    Karena di jenjang kuliah, tugas bukanlah segalanya haha. Sekarang mah itung-itung briefing aja lah. Nikmatin dulu jadi senior. Puas-puasin ngejajah adik kelas huahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, tamparan keras. :')

      Puas-puas sekarang bonyokya di perkuliahan... parah kau, cees.

      Delete
  10. Gue kalo ada guru yang suka bilang, "Yak, waktu habis. Silakan kumpulkan." Rasanya pengin gue tempelin bom waktu ke badannya. Terus gue suruh push up sampe 50 dalam waktu 5 menit. Biar gue bisa gantian bilang, "Yak, waktu habis. Silakan mati~" Muahaha. Yoga anaknya jahat.

    Yowis, nanti lu juga paham sendiri soal me-manage waktu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, nice idea. Mau gue tiru ah. Siapa tau jadi duta guru Indonesia. :D

      Nah, harus berguru nih kayaknya. Hehehe.

      Delete
  11. Ada masanya saat udah kelar kelas 12 lu bakalan kangen dan pengen balik lagi ke masa itu. percaya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ke sekian kalinya, komen ini selalu ada. :)) TAPI BENER BANGET, LHO!

      Delete
  12. Santai aja lah Rob. Ntar lo pas kuliah bakal tersiksa lagi. Mhuahahaha. Mati kamu~ diburu waktu~

    ReplyDelete
  13. yailah.. baru juga kelas 12. pas kuliah lebih sadis brohhh :p
    kecuali lo ga niat buat ngelanjutin ke universitas sihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini nakutin amat ya? ._. Jangan dong, masih mau masuk PTN.

      Delete
  14. Muahahah. Kelas 12 itu emang kayak gituu. Tai seru malah kan ya. Adrenalin meningkat. \:p/

    Nanti pas kuliah bakal lebih sadis lagi. Bersiaplah... *nakut2in

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, bener. Lebih daripada naik histeria. :D Jangan gitu kek, bang. Kasih tips masuk IPB dong harusnya. Ehehe.

      Delete
  15. Management waktu itu bukan sekedar teori sih soalnya, praktiknya emang susaaah. Harus giat belajar manajemennya, Rob! :)

    ReplyDelete
  16. kelas 12 aja udh diburu waktu, apalagi nanti kuliah.. hehe
    perbariki management nya rob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu, lebih serem kali ya. :( Sip, bang!

      Delete
  17. Boleh asal kepepet ... hmmmm di bikin mepet aja kalo gitu yaaa

    ReplyDelete
  18. Perjuangan kelas 12 udah mau selesai Rob. Kalau kamu kuliah, perjuangannya lebih ena ena~ hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.