Jangan Sedih, Karin... Aku Siap Gantiin Gaga - JURNAL PEMBALIK
29 July 2016

Jangan Sedih, Karin... Aku Siap Gantiin Gaga

Belakangan ini, nama Awkarin menjadi sorotan di dunia maya. Bahkan, namanya sempat masuk trending topic di Twitter. Awkarin, yang lebih gue kenal sebagai selebask--artis di Ask.fm--, menjadi fenomena yang menggemparkan karena videonya yang dia unggah di Youtube. Ada yang belum nonton videonya? Tapi gue nggak maksa kalian buat nonton videonya. Gue tau, merekomendasikan video Youtube di blog adalah hal yang salah. Banyakan yang nggak nonton, termasuk gue juga.

Mau deh jadi bonekanya
Karin 'Awkarin' Novilda sempat mengunggah video berisi curahan hatinya. Di video tersebut, Karin bener-bener ngeluapin kesedihannya, setelah diputusin pacarnya, yang bernama Gaga. Ceritanya, sehari sebelum Gaga ulang tahun, Karin diputusin.
Wajar, sih, kalo Karin sedih dan galau pastinya, namanya juga anak muda. Karin ini kelahiran 1997, beda dua tahun sama gue. Sedangkan Gaga, umurnya baru 16 tahun (ini diketahui di kue ulang tahun Gaga).

By the way, ada yang tau gimana penampakannya Gaga? Nih, gue kasih liat.


Ya, kagak mungkinlah Karin pacaran sama sarden. Ini nih, yang asli

 
Karin dan Gaga sering banget pamer kemesraan di media sosial. Di suatu kesempatan, gue pernah liat-liat Instagramnya Awkarin (atau Gaga), gue lupa. Di sana ada foto mereka lagi ciuman di atas mobil. Di lain waktu, di beranda Ask.fm gue, ada following yang nge-like answer-nya Awkarin. Di Ask.fm, setiap jawaban yang di-like pasti akan muncul di beranda followers. Di answer itu, ada video Gaga lagi sit up kakinya dipegangin Karin. Setiap Gaga mengangkat kepala, otomatis kepala mereka berdekatan, dan... mereka ciuman. Bibir sama bibir.

Gokil nggak tuh? Hal yang nggak akan pernah gue tiru. Ya iyalah, siapa juga yang mau.

Terus muncul istilah "Relationship Goals" di antara mereka berdua. Yang seakan bilang "kalo pacaran begini bentuknya". Entah siapa yang ngasih sebutan itu, antara Awkarinfams--fans-nya Karin, atau Karin-nya sendiri.

Begitu tau mereka putus, sikap gue: biasa aja. Ya... masa gue harus dukung mereka mati-matian. "Ayo dong Kak Karin dan Gaga balikan. Dunia membutuhkan kalian!"

Nah, belakangan ini gue baru tau, ternyata Karin juga suka bikin vlog. Cuma, gue belum pernah nonton (kecuali video yang curhat itu). Kata orang-orang, isi vlognya kebanyakan nunjukin gaya hidup yang serba mewah dan foya-foya: ngerokok, minum-minuman alkohol, beli pabrik semen, dan lain-lain. Dan seperti kebanyakan vlog lainnya, ya... isinya kebanyakan tentang kehidupan sehari-hari. Gue, sih, nggak tau. Ini mah kata orang-orang doang.

Kemudian banyak yang protes dengan konten vlognya. Netizen menilai konten-konten yang dimuat dalam video tersebut bisa merusak moral anak bangsa. Banyaknya bahasa kasar yang keluar khas anak-anak muda (dan preman terminal), dan gaya hidup serba "wah" membuat netizen cukup resah.

Apa yang dialami Karin menjadi pelajaran buat gue. Coba kita renungi.

Kalo orang yang sering main ke sini pasti tau gimana isi blog gue. Blog gue ini isinya nggak jauh beda sama vlognya Karin: berisi kehidupan sehari-hari. Karin dinilai netizen over-sharing di dunia maya. Lho, kalo gitu gue malah lebih parah. Kadang kalo lagi iseng, gue bisa nyeritain kejadian selama satu jam di beranda Facebook. Sampai temen-temen gue negur, "Beranda gue isinya Robby semua." Maafkan saya. Saya nggak punya kerjaan. Udah hobi ngetik jadi begini. Hehehe.

Namun, mau gimana juga, blog gue nggak bisa disamain dengan vlognya Awkarin. Coba kita telaah lagi.

Kehidupan Awkarin (dalam vlognya) keliatan keren. Ngerokok, pake baju pusernya keliatan, ngomong kasar, mabok. Bagi sebagian orang, khususnya orang dewasa, pasti menganggap, "Ini anak umurnya belum 20-an tahun gaya hidupnya udah kacau banget." Tapi, ada juga segelintir orang yang bilang, “Ih, dia keren ya.”

Lalu gue menemukan jawaban: dia keren... karena punya uang.

Sedangkan gue, dilihat dari isi blog,... sangat mengerikan, sekaligus mengenaskan.

Kalo di vlog, Karin bisa bahagia ngomong kasar. Di blog, gue keliatan sangat bahagia saat gegoleran di lapangan. Hidup kami memang bagai Bumi dan Neptunus.

Pernah gue baca di blog yang membahas Awkarin juga. Katanya, ada anak kecil bilang, "Kak Karin keren. Nggak belajar tapi pinter." Akhirnya dijadikan panutan.
Coba gue nggak belajar. Bonyok pas ulangan harian. Belajar aja kadang masih suka bingung. Ngeliat soal bawaannya pengen nyebut Istighfar terus.

Di blog, gue juga pernah cerita gimana nyeseknya ketika "tetet" kegebok bola futsal. Setelah itu, gue guling-guling nggak karuan. Kemudian, apakah ada pembaca cerita itu kemudian terinspirasi? "Aduh! Tetet gue kegebok. Gue harus guling-guling biar kayak Robby Haryanto."

Dan satu lagi, mengapa blog gue sama sekali nggak inspiratif? Gue pernah cerita tentang gue yang nempatin botol minum di bawah AC biar airnya dingin. Itu pun air yang gue dapat dari hasil ngumpulin sisa-sisa air minum orang. Gue harap nggak ada anak-anak yang ngikutin cara ngaco itu di sekolahannya.

Sebagai anak muda, gue menyimpulkan: Mungkin karena kita masih muda makanya doyan bagi-bagi cerita.

Dari video yang diunggah Karin, dia juga curhat soal haters-nya. Karin bilang, dia nggak mau dihina lagi. Dia capek. Sempet muncul rencana Karin mau bunuh diri karena mentalnya nggak kuat. Temennya harus sering-sering ngebawa Karin ke psikiater. Ternyata jiwa kita lemah, Kar. Gue aja kalo diteriakin “MONYET!” sama sopir angkot suka sedih.

Terus, di video itu, Karin bilang dia nggak ada temen. Lingkungannya nggak menerima dia. Persis, men! Kadang gue juga merasa begitu kalo nggak pake celana. Rasanya kayak hidup sendiri di bumi gitu.

Ada satu yang membuat gue terharu:


Ketika Cancer dan Sagittarius bersatu.

Ceritanya, zodiak Gaga itu cancer, Awkarin sagittarius. Lalu, maksudnya Gaga dan Awkarin bersatu. Pada akhirnya mereka putus. Untuk Awkarin, gue punya solusi biar kalimat itu tetep punya makna meskipun kalian putus.

Ngomong-ngomong, tanggal lahir gue 14 Juli, dan berzodiak cancer. Jadi, solusinya adalah... gue.

Kan, kata orang-orang kalo banyak persamaan bisa cepet jadian. Pokoknya, tetep tenang buat Karin. Kalo kata Young Lex, cewek kece itu kalo putus nggak panik. Nggak usah panik, kan ada gue. *kemudian disundut rokok*

Jangan salah, gue ngomong begitu karena gue merasa banyak kesamaan dengan Awkarin. Selain yang telah gue sebutkan di atas, ada beberapa persamaan gue dengan Awkarin.

1. Sering aktif di media sosial
Dulu gue sering baca answer-nya dia di Ask.fm. Bedanya, dia keren. Gue nggak. Dia malah lebih cocok dengan nama Awkeren. Gue juga aktif di berbagai media sosial. Tapi, keseringan nyampah.

2. Punya tagline
Awkarin punya tagline “nakal boleh bego jangan”. Nggak mau kalah, gue pun ikut-ikutan bikin. Tagline gue adalah: nakal boleh, bego nyusul. Ya, kalo bisa jangan nakal, sih. Hidup itu nggak usah neko-neko, kata mama gue.

3. Masih muda
Walaupun banyak yang bilang dia kayak tante-tante, tapi dia masih muda. Gue juga masih muda, dan banyak yang bilang gue om-om. Tuh, kita persis, kan?!

Bagiku, kamu tetep keliatan muda kok, Kar. Apalagi kalo lagi mabok. Salah besar kalo ada yang bilang kamu mirip nenek-nenek. Karena nenek-nenek nggak ada yang mabok.

4. Pernah punya impian masuk UI
Gue pernah baca, katanya Karin punya cita-cita masuk Kedokteran UI. Impian yang wuih ini gue rasa bisa dicapai sebenarnya. Karin, kan, pinter. Waktu SMP dia pernah menjadi peraih nilai UN tertinggi ketiga di Provinsi Riau. Alhamdulillah, waktu di SMP nilai UN gue peringkat ketiga di sekolah. Dan, gue juga sempet punya keinginan masuk UI. Tapi bertahan cuma dua hari.

Dan, yang terakhir, secara kebetulan...


Di foto itu, kita sama-sama ngeliat bawah. Padahal kita lagi ngeliatin gorengan yang nyisa satu, sambil berkata dalam hati, "Ambil nggak, ya? Ah, nanti dia yang ambil." Kalo pun gue yang ambil, Karin pasti akan bilang...


48 comments:

  1. Mau komen apa coba. Ini Panjag banget sampai pegel bacanya! Veri Vamous awkarin ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bentuk lain dari komentar "Pertamax". Cukup kreatif. Thank you. :)

      Delete
  2. Rob dari sekian ratus artikel yang topiknya nasihat buat si seleb yang lu sebut di atas, cuma artikel lu rob yang buat gue terhibur, yang lin gue bacanya srius2 banget ampe jidat berkerut saking pada seremnya dalam hal nyampein kata2,.tapi di tulisan lu, gue malah kayak baca crita

    Ya semonder2nya lu dg blog ini dibanding vlog dia, gue ya tetep milih mantengin kekonyolan blog ini kok, karena daya tariknya blog lu adalah apa adanya ga bermaksud dibuat biar keliatan keren...hahaha
    Jadi ngalir aja gitu..ciehhhh
    Lu kok ada2 wae ya akalnya, segala air minum ditaro di bawah ac biar dingin, astagfirullah, untung ga ada yang minum hahahahha

    Trus itu solusi cancer sama dengan tanggal lahir lu malah lu jadikan saran pengganti sarden , e gaga maksudnya, kok gue pingin ngakak ya ya Alloh

    Semoga anak indonesia makin ke sini makin bisa ngendaliin attitude deh ya, biar jadi kebanggaan nkri

    Btw kalo blog curhat, gue juga masi ngandelin blog curhat asal sekarang musti hati2 memilih kosa kata biar ga ada istilah saru2nya sih hahhahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran ini? Thank you, mbak Nita. Saya sumringah.

      Eh, itu diminum, mbak. Beneran. Orang sengaja ngumpulin air buat diminum. Hahahaha.

      Aduh, ini solusi terbaik padahal. Win-win solution malah. Ehehehe.

      Aamiin. Semoga menteri pendidikannya nggak dihujat anak bangsa. :))

      YAP! Semoga nggak kepeleset aja.

      Delete
    2. sepakat dengan neng Gusty, saya malah brebesmili membacanya saking sedihnya kenapa Gaga sedemikian teganya pada sang kekasih hati nan sekseih itu

      Delete
    3. Iya, ya. Gaga nggak kasian sama Karin yang literally kasih segalanya buat Gaga.

      Delete
  3. Duh tu kan gue jadi typo...monder, minder ato bahasa alusnya merendahkan diri dari vlog doi maksudnya ahhahh, ampun gue saking smangatnya baca tulisanlu yang menghibur tanpa satu nadapun yang kedenger nasehatin ato ngeguruin kayak artikel lainnya maksud gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih lagi, mbak Nita. Kirain dua kali komentar karena komen yang pertama terkirim dua kali. :))

      Delete
  4. Hah blogmu mengerikan?
    Ada monsternya ya?
    Selamatkan aku

    ReplyDelete
  5. Yaarabb By, aku baca judulnya ngakak banget. Kamu jangan mau pacaran sama Awkarin, jangan. :')
    Ternyata dirimu ngenes juga ya. Lebih ngenes daripada jomblo. Masa ngehina diri dan blogmu. Jangan begitu nak :')
    Persamaan dirimu dengan dirinya itu buat aku geleng-geleng. Intinya... Aku tak setuju kamu sama dia! Jangan.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaah, satu orang tak merestui. Oke, mungkin yang lain.

      Biar banyak yang menerima aku apa adanya, mbak. Uwuwuw~

      OH TIDAK! DUNIA JAHAT!

      Delete
  6. BAHAHAHAHAHA! Beneran ditulis soal Awk dan Gag-nya. Karpet bener. Bisa aja deh nyamain sama blog sendiri, Rob. Trus oh iya ya kamu juga Cancer. Kan tanggal 14 Juli kemaren ultah ya. :D

    Setuju sama yang kamu bilang karena masih muda makanya doyan bagi-bagi cerita. Aku juga dulu gitu sih. Pas awal ngeblog, isi blognya curhat abis. Sekarang mau nulis curhat kayak blog kamu dan blog anak muda lain (ini aku nulisnya berasa udah renta banget huhuhu), jadi ngerasa kesulitan. Entah kenapa nggak nyaman aja gitu. So.... ntar kalau Awk udah dewasa, palingan dia ngakak sambil gogoleran di lapangan pas liat vlognya itu. Hahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu caranya untuk menyatukan cancer dan sagittarius. Wadaaaay!

      Yah, namanya masih muda, ya. Mumpung muda jadinya heboh gitu, cyin. Pas gegoleran dibikin vlog sambil bilang "I feel freeee".

      Delete
  7. sabar mas sabar beda nasib..hahaha

    ReplyDelete
  8. gak layak rob, loe cari aja gorengan lain.. kualitas loe jauh lebih dari gaga yang cuma sekaleng sarden.. loe the best

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha, ini lumayan ngangkat, lho, bang. :D

      Delete
  9. Entah kenapa ngakak baca ini. Haha

    ReplyDelete
  10. Si karin pinter banget... pedenya luar biasa. Idk, sometimes I wish I could handle my awkwardness and be so confident in everything.. hahah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setidaknya sisi pintarnya bikin semangat belajar. Sisi buruknya nilai masing-masing aja. :)

      Delete
  11. Awkarin sama Gaga putus terus Robby siap gantiin soalnya banyak kemiripan gitu?? Gagagagaaaa.....k mungkin eehh keceplosan.
    Gk kok semua jadi mungkin kalo Tuhan berkehendak:). Tapi jangan deh ntar begonya nyusul, Rob. Hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, tolonglah. Dua orang sudah tak merestui.
      Hwehehe, nanti tagline kita bener-bener bergabung. :))

      Delete
  12. hahaha... Ini pada intinya, solusi pengganti gaga, adalah elo ya Rob... Tapi, sixpack nggak perut lo?.. Atau malah kayak sarden.... wkwkwkwkwkwkw hehehehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadaw, perut gue pedes dong. Hahaha. :D

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Ngomong-ngomong, ini artis Internet ya?
    Waduh cees. Saya jarang update soal berita/gosip yang ada di dunia maya. Internetan pun paling cuma dipake buat blogwalking, situs bola, Football Manager forum, ama download lagu.

    Tapi yang bikin heran, dia ini kelahiran 97 tapi kok agak tua ya mukanya? Cocok lah buatmu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, enak ya, nggak teracuni gosip media sosial. Untung kau temenan samaku, cees. Biar tau fenomena indah dunia maya. :))

      Delete
  15. aku mau nangis aja Ya Allah sedih bacanya. :')
    tapi yaa okelah siapa tahu luisa awkarin beneran jatuh cinta sama Awrobby dan meyakinkan hati bahwa awrobby lebih dari awgaga BOOM!!

    kalo perihal berbagi cerita yaa gue juga sih, tapi jelas beda sama awkarin, pertama awkarin kalo curhat ga ada tedeng aling-aling padahal ini internet gays dan fulowernya awkarin juga banyak belakangnya aja pake 'K' jadi dapet perhatian lebbih dari netizen. lah gue? fulowers cuma gopek kasih ke kang parkir juga dibuang palingan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kau sudah lelah rupanya, kak. Hehehe. Ahaaaayde, boleh juga. Awrobby ter-wadaaw!

      Hahaha, situ mending gopek. Aku 300 aja belum sampe. Beli bakwan masih harus ngutang. :(

      Delete
  16. Sama, Rob. Aku juga gak heboh saat mereka putus, mereka mau balikan atau engga, dunia gak membutuhkan itu. Duh jahat :v

    Aku jarang main kesini sih tapi kalo aku liat isi blog kamu; perasaan gak mengerikan, apalagi mengenaskan. Yang mengenaskan itu nasib-nya si Karin, lagi sayang-sayangnya malah diputusin Gaga. Senasib. :'v


    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi yoi yoi, nggak penting amat lah. Haahaha.

      Yaduuuh, malah baper. :'D

      Delete
  17. Hahahah itu yang foto barengannya emang beneran mirip kampret. :))
    Hmmmm jadi lo juga tertinggi di SMP. Hmmmmm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu rencana semesta, bang Adi. :))
      Ketiga, bang. Sama kayak Awkarin, cuma dia se-provinsi.

      Delete
  18. Baru baca blog ini pertama kali. Kok bisa-bisanya berpikiran kritis menyamakan diri sama karin gitu, dpt ilham drmana coba? Karin itu siapa sih? Kok baru denger, kayaknya aku kurang hitz deh di sosmed:D salam kenal;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaah, kirain kenal. Huhuhu, tapi makasih udah mau mampir. :) Salam kenal!

      Delete
  19. BW membawaku ke blog ini ngebahas Awkeren eiittt Awkarin deng.. Ngakak ya bacanya... demi apa mo gantiin Gaga nih ???
    hahahha

    ReplyDelete
  20. Cuma di blog ini yang bisa bahas awkarin tanpa menghina tapi bisa bikin ngakak hahah well done!

    ReplyDelete
  21. Oh, Soal ini kayaknya sering banget digosipin sama temen-temen di kelas. Dan di kelasku kayaknya tabu banget kalo sampe nonton Vlognya itu.
    Ngakak banget, jadi tau siapa sih sebenernya orang ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, di kelas gue malah dilucu-lucuin. "Insya Allah Karin ikhlas." Gitu. :D

      Delete
  22. jadi apa kabar awkarin sekarang yog? makin laris endorse barang ? hahaha

    ReplyDelete
  23. Oom, numpang ngakak boleh ya.............................

    ReplyDelete
  24. Robby..robby.. Enek enek wae Kowe Iki. Btw, awkarin ada sempat ngelirik tulisanmu di blog ini nggak ya.. # pengen tau reaksinya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.