Rindu Atmosfer Pensi

thumbnail-cadangan
Menurut gue salah satu hal yang bikin SMA jadi seru dibanding SMP atau SD adalah event-eventnya. Salah satunya adalah pensi. Kalo di SMP dulu, setiap ada pensi paling yang tampil cuma siswa-siswinya. Nyanyi, dance, perkusian, dan lain-lain. Berhubung gue nggak bisa nge-band atau dance, gue nggak pernah tampil di pensi. Tapi di Maulid. Hahaha, anak marawis gitu, lho. Gini-gini gue pernah jadi personil marawis di SMP.

Padahal gue pengen banget bisa main alat musik lainnya, minimal gitar. Biar kalo ada acara atau keperluan pamer gue bisa ngegenjreng gitar dengan cool. Karena menurut gue, cowok yang bisa main gitar kodratnya menjadi cowok hampir sempurna (setelah disunat tentunya). Tapi apalah daya gue, yang ngegenjreng gitar aja udah fals.

Puncak keinginan gue pengen bisa main gitar terjadi pada SMP gara-gara nonton pensi di sekolah. Gue inget dulu ada kakak kelas gue di SMP manggung bawain lagu tipe-X. Gila, waktu itu zamannya gue lagi tergila-gila lagu tipe-X. Makanya gue jadi pengen main gitar, biar bisa tampil juga, batin gue. Ya, meskipun penampilan kakak kelas gue minus saxophone tapi tetep kerenlah bagi gue.

Sadar kalo gue nggak bisa main gitar, akhirnya gue memutuskan buat jadi penikmat aja. Kalo ngomongin pensi, gue jadi ingat setahun lalu. Semuanya gara-gara playlist di hape gue memutarkan lagu Bahagia dari Gamaliel Audrey Cantika atau lebih akrab dikenal GAC. Tahun lalu mereka jadi guest star di pensi sekolah gue. Lagunya selalu bikin gue kepengen gerak, pokoknya jadi semangat.

Masih ingat betul atmosfer pensi hari itu. GAC naik panggung jam 3 sore. Penampilan mereka dibuka dengan lagu Ingin Putus Saja, yang sukses bikin gue lompat-lompat. Itu karena aura penampilannya si Gamal yang enerjik bikin semua orang gemes. Sekeliling gue, terutama cewek-cewek, mereka teriak, "GAMAAAAL!" Gue juga ikut-ikutan saking gemesnya. Sore itu Gamal bener-bener jadi bintangnya. Kalo Audrey dan Cantika, cukup oke juga. Mereka cantik. Waduh, penilaian gue mulai ngaco.

Tapi kalo dibanding dengan pensi-pensi SMA yang gue anggap bakal berakhir dengan ricuh, pensi di sekolah gue berjalan cukup aman. Paling ada satu kejadian dari oknum yang ngerusuh. Kejadiannya rada goblok menurut gue.

Jadi, waktu itu ada band tamu yang perform. Band-nya kurang terkenal. Gue pun nggak tau lagu mereka. Mereka bawain lagu yang bit-nya sedang, nggak keras. Di pertengahan lagu, tiba-tiba ada sekitar 4 orang bukan siswa sekolah gue masuk ke area kosong di bawah panggung. Mereka moshing berempat. Saling sikut dan keplak-keplakan. Gue sempat suuzon, kalo mereka ini massa dari band yang lagi manggung, yang khusus diperintah buat ngeramein suasana. Padahal lagu mereka sama sekali nggak cocok buat moshing, tapi kenapa mereka maksa. Goblok banget, kan.

Moshing-nya mereka ibarat atribut dasi di seragam anak sekolah: Kehadirannya nggak ada yang tau maksud dan tujuannya. Coba kalo gue tanya, apa, sih, fungsi dasi pada seragam sekolah? Paling biar keliatan nama sekolahnya. Kalo itu alasannya, kan, bisa pake bordir. Fungsi paling nyata, ya... cuma buat lap ingus. Udah. Tapi kenapa benda seremeh ini bisa jadi masalah besar sewaktu hari Senin? Sampai ada yang mati-matian nyari kalo hilang atau ketinggalan. Biar nggak kena omel waktu upacara.

Balik lagi ke bahasan tentang pensi. Udah pasti kalo acara pensi dipenuhi stan-stan makanan. Waktu itu mental irit gue tetep berkuasa. Gue cuma minum air yang gue bawa dari rumah sepanjang acara. Dari pagi kerjaan gue nggak makan, minum doang. Ya, abisnya gue mikir-mikir buat jajan. Kalo aja pensi ngundang biduan, gue tau apa tujuan gue nggak jajan. Yak, nyawer.

Pensi emang diciptakan buat ngabisin duit. Segala ada photobooth berbayarlah. Man, gue nggak punya duit kalo cuma buat foto-foto dengan background unyu. Kalo patungan, sih, mending, Kayak temen gue yang pacaran. Untung aja mereka pacaran, jadi bayarnya bisa ditanggung sama-sama. Gue, sih, mending nungguin guest star di masjid. Tidur.

Setelah gue selesai nulis ini, gue coba baca-baca ulang. Dalam proses membaca ulang, gue mendengar berita baik dari telepon. Bahwa, gue sekarang punya keponakan. Istri kakak gue dengan selamat melahirkan seorang bayi perempuan. Sekarang, secara resmi orang tua gue punya cucu pertama. Suasananya kayak judul lagunya GAC: Bahagia. Alhamdulillah.


20 komentar:

  1. Roby anak mawaris #subhanalloh
    Dan gue ambihu, gamaliel audrey cantika ini cewe apa cowo ya? Mereka indi?
    Moshing itu apaan ?
    Wah klo sma di jakarta namanya pensi, klo di alumni sekolah gue dulu di kampung namanya lustrum, mid semesteran gitu tapi ga ada nyanyi ngundang band gitu rob, yang sda lomba olahara, lomba tumpeng, lomba kebersihan ama debat bahasa inggris

    Selamat suda jsdi om nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. #RobbyAnakMarawis oke nggak, nih? Huahaha. Mereka itu satu cowok dan dua cewek. Mereka terkenal, lho. Moshing itu merusuh di panggung konser. Biasanya saling sikut. Gitu deh.

      Oh itu mah di sekolah gue tiap selesai semesteran. Lebih mirip ke classmeeting.

      Hehehe, makin tua saja. :))

      Delete
  2. Selamat ya atas kelahiran anak lu. #eh

    ReplyDelete
  3. Selamat ya atas kelahiran anak lu. #eh

    ReplyDelete
  4. Kenyang dong rob makan air mulu pas pensi
    Itu ada efeknya engga rob? Kayak ngompol di celana gitu?
    Wah hebat y rob, udah punya cucu? Gimana rob rasanya punya cucu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, tidak. Karena gue sempet kencing... di atas panggung. Hayoloh, ngeri.

      BUKAN GUEEE :((

      Delete
  5. Pensi acara paling di tunggu-tunggu sama semua murid termasuk aku dulu waktu masih sekolah pensi itu acara paling menyenangkan dan bisa bebas dari segala tugas sekolah hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu yang paling penting. Bebas dari tugas dan senneg-seneng seharian. :))

      Delete
  6. oom Robby ciyeee..
    cowok bisa main gitar emang punya nilai + sih, apalagi ditambah rajin sholat jadi ++. Masyaallah~
    kok gue malah ngehayal :|

    itu sok asik banget si yang tau-tau mooshing. jorokin aja jorokin.
    Fungsi dasi pada seragam (setau gue) adalah, agar pakaian jauh lebih rapi, apalagi yang suka gak pasang kancing paling atas kemeja, terus buat elap keringet kalo abis upacara, terus buat ngumpetin contekan, buat ngiket temen di tiang kalo lagi ulangtahun. gitu Rob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah, itu mah idaman cewek-cewek banget. Cowok-cowok kayak gue cuma nyesel karena nggak pernah bisa gitar. Kalo solat bisa, kok.

      Gairah anak muda, mungkin. Ehm, dasi ternyata ada fungsinya juga. Tapi fungsinya aneh-aneh. :(

      Delete
  7. Hmm kalau soal pensi saya itu dutanya, ahi hi hi.

    ReplyDelete
  8. Whoaaaa GAC jadi guest star. Keren. Aku taunya mereka pas cover lagu Payphone-nya Maroon 5 di Youtube. Udah itu aja. Seterusnya nggak ta lagi. Lagu Bahagia itu yang di iklan permen cium cuwi cuwi itu kan, Rob? Aku nggak pernah denger lagunya secara full malah. Kusedih ku sangatlah kudet :(

    Hahahaha itu apaan ada yang moshing nggak jelas. Bahahaha. Kamu nggak coba buat ikutan pas waktu itu, Rob? Marawis soloing gitu :D

    Aih. Huaaaaa. Aku kangen sama acara perpisahan dan acara perkenalan ekskul jadinya. Dulu suka nampil teater, dan karena genre teaterku dulu teater komedi trus waktu itu bawain cerita plesetan Anang - Syahrini, jadinya dandanannya kacos. Jelek banget. Kangen deh :')

    Btw, selamat atas kelahiran keponakannya ya. Ini Om Robby kapan nyusul? Eh ngusul maksudnya. Ngusulin diri buat ngejaga sang keponakan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, GAC terkenal di Youtube juga karena nge-cover lagu. Lagu apa gitu, gue lupa. Nah, iya. Mereka yang main iklan juga. Lagunya juga lagu mereka. Boleh sekali-kali didenger. Lumayan, kok.

      Sering banget moshing gitu. Tapi ini nggak jelas :( Huah, marawis soloing. Bisa juga tuh :D

      Anak teater ternyata. Pantes banyak drama hidupnya. Hahaha. Buka buku tahunan biar melepas rasa kangen.

      Oh iya, makasih. Kalo nyusul mungkin 10-15 tahun lagi. Kalo buat jagain, ehm... belum kepikiran. Hahaha, pasti ditinggal-tinggal.

      Delete
    2. Aku taunya di GAC ada abang Gamal maniss suaranya bagus udah gitu aja.

      Delete
    3. Nah, iya. Itu selling point-nya. Kece abis deh.

      Delete
  9. Seru juga ya ada acara pensi semacam itu.
    Yah, kayaknya di setiap sekolah pensi isinya nyanyi, konser, band, dance, semacam itulah. Cuma mungkin variasi tiap sekolahnya kali ya.

    Ngg.. nggak bisa bayangin pensi ada marawisnya, gimana tuh?

    Seragam mah mau pakenya dasi, makenya kain sarung, tapi kan mereka sama-sama berkembang

    Oh ya yang udah punya keponakan, dijaga baik-baik ya. Siapa tau bisa buat latihan parenting kalau udah punya anak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, seru banget, kan. Yang belum pernah denger beritanya paling cuma penampilan debus. Belum pernah ada kayaknya :D

      Wuih, pensinya pasti diberkahi dong. Pastinya.

      Waduh, pikirannya terlalu jauh kalo buat parenting. Paling cuma buat iseng-iseng aja. Ehehe.

      Delete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.