06 March 2016

Gila-keren-banget

Gue tipe orang yang mudah takjub. Kalau ada sesuatu hal yang keren menurut gue, gue langsung bilang, "Gila, keren banget!"
Biasanya setelah itu, gue langsung mengidolai sosok tersebut. Sampai orang itu nggak eksis lagi bikin suatu karya, atau ada karya sejenis yang lebih keren, barulah gue berpaling. Contohnya, dulu gue penggila Killing Me Inside. Setiap lagi nggak ada kerjaan, gue nyanyi-nyanyi: "Biarlaaaaah, kumencoba. Untuk tinggalkan semuaaaa", Atau sesekali gue sok-sokan scream kayak Onadio di lagu Tormented. Setelah dikasih liat video Josaphat (gitaris Killing Me Inside) muter-muterin gitar di leher, gue jadi pengen muterin selang pianika, terus sisa ludah gue nyemprot-nyemprot ke orang. Muehehe

Sampai akhirnya gue mengenal band Last Child. Lagu Last Child paling pertama gue dengarkan adalah Diary Depresiku. Inget banget itu zaman kelas 6 SD. Sok-sok mendalami lagu, memposisikan diri sebagai anak jalanan. Sekarang gue baru sadar... jangan-jangan gue bikin blog (diary) sebagai wujud depresi. Wuah, secara kebetulan.

Setiap les gue selalu bluetooth-an lagu Last Child. Pulangnya, kami membahas satu lagu Last Child.
"Rob, lu udah denger lagu itu belum?" kata teman gue menyebutkan salah satu judul lagu Last Child.
"Udah dong. Yang kemarin lu kasih, langsung gue denger semaleman."
"Wih, gila," sambil menggowes sepedanya, "gue udah hapal lagu itu 3 hari yang lalu."
Gila, temen gue Last Friend (sebutan untuk fans Last Child) banget. Tentu, dalam ukuran anak SD.
"WOYYY! JANGAN NGOBROL DI TENGAH JALAN!" Bapak-bapak berteriak sambil membunyikan klakson.

Hati gue kemudian berpaling, lebih tertarik pada band yang memiliki vokalis bernama Virgoun itu. Lagu-lagu Killing Me Inside jarang gue dengarkan. Setiap malam gue ngedengerin lagu Last Child.
"Engkau yang sedang patah hatiiii" sambil sesekali airmata menetes. Dari dulu gue udah lemah.

Nah, ada beberapa orang seniman yang akhir-akhir ini mendapat respon gila-keren-banget dari gue. Berikut orang-orang yang berhasil membuat gue meraba-raba tubuh sendiri, kemudian menggelinjang (lho?).

1. Humood Alkhuder
Siapa itu Humood Alkhuder?
Tadinya gue juga nanya begitu setelah mendengar teman gue nyanyi lagu Kun Anta. Gue langsung googling lagu Kun Anta, download lagunya, dan kemudian gue tau nama Humood Alkhuder. Tapi, saat itu gue belum gimana orangnya. Hmmm... udah terbayang, sih, gimana orangnya. Pasti ada arab-arabnya gitu. Ternyata begini...

DAEBAK!! | Sumber di sini
Emang, sih, gue baru dengar lagunya Humood cuma yang Kun Anta, tapi itu udah cukup membuat gue berkata gila-keren-banget. Selain orangnya yang ganteng, (ehm, nggak ada maksud lain kok gue ngomong begitu) suaranya juga lumayan. Yang paling membuat gue kagum adalah lirik lagu Kun Anta. Selain easy listening, maknanya dalem banget. Coba baca liriknya, atau kalau ada yang tau lagunya bisa sambil dinyanyiin. Hehehe.

Liujarihim, qoldat tu zohiru ma fihim 
Fabadautu syakhsan aakhar, kai atafaa khar
Ketika ingin bersaing dengan yang lain aku ingin meniru sifat luar dan dalamnya. 
Jadi aku bisa menjadi seseorang lain dengan bangga.

Wa zonan tu ana, anni bizalika huztu ghina
Fawajad tu anni kha-sir, fatilka mazohir
Dan aku kira jika aku lakukan itu aku akan mendapatkan kelebihan, 
tetapi aku hanya mendapat kerugian dari sifatku itu.

La la
La nahtajul ma la 
Kai nazdada jama la
Jauharna huna
Fi qalbi talala
Tidak tidak
kita tidah membutuhkan 
harta untuk kebagusan
mutiara ada di sini
dalam hati ia bersinar

 La la
Nurdhin nasi bima la
Nardhohu la na ha la 
Za ka jamaluna
Yasmu yataa’la
Tidak tidak
Kita tidak perlu memandang pandangan orang lain
yang tiada keadaannyanya tidak sama dengan kita. 
Itulah keelokan kita, 
semakin naik keatas

Kun anta tazdada jamala 
Jadilah diri sendiri, pasti akan menambah keelokanmu

Attaqabbalhum, anna-su lastu qalliduhum 
Illa bima yurdhi-ni, kai urdhi ni
Tidak Tidak Tidak
Aku menerima mereka, tapi aku tidak meniru mereka
Kecuali apa yang telah kuterima dan aku menyukainya

Sa akunu ana, mithli tamaman hazana
Fakona a’ti takfini, za ka yaqi ni 
Aku ingin menjadi diri sendiri, inilah kesempuranaanku
Cukup dengan hal ini, dan aku yakin itu

Intinya, jadilah dirimu sendiri.


2. Isman H. Suryaman
Lebih dulu dikenal sebagai penulis script dan buku komedi, namun gue mengenalnya sebagai peserta Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) season 2. Waktu pertama kali nonton stand up-nya, respon gue biasa aja. Cuma sesekali mengangguk dan bergumam "Oh, iya, bener juga."

Sumber: di sini
Kekuatan dari Kang Isman (sapaan akrabnya) adalah penulisan yang rapi. Bahkan, waktu di SUCA, ada comic (kalau nggak salah Ge Pamungkas) bilang, "Kang Isman ini kuatnya di penulisan. Kalau delivery dia kurang bagus." Gue akui, penulisan dia bener-bener ciamik. Waktu jadi mentor di SUCA, dia mentorin Yudha Keling. Dan perubahan penulisan materi Yudha Keling jadi lebih rapi.

Apa yang membuat gue berkata gila-keren-banget pada Kang Isman? Jawabannya adalah, blog pribadinya.

Akhir-akhir ini gue lagi sering baca blog penulis yang gue suka. Sebenarnya ini imbas dari nggak ada duit buat beli buku. Blog itu di antaranya, Falen Pratama, Raditya Dika, Alitt Susanto, dan Wira Nagara. Semuanya gue baca dari awal mereka bikin blog. Belum sampai habis, sih.
Nggak ketinggalan, blognya Kang Isman ikut jadi daftar blog yang gue baca. Kesan pertama: rapi banget. Seperti yang gue bilang, Kang Isman emang bagus banget penulisannya. Makanya, gue sering ketawa geli setiap baca blognya. Oh iya, silakan kunjungi blognya Kang Isman.

Kalo Kang Ismet... dia mah rajanya template. Ah, kayaknya nggak ada yang tau beliau, ya?


3. Irvan Kartawiria
Nah, ini dia yang benar-benar membuat gue berkata gila-keren-banget-sumpah-kesamber-geledek. Salah satu finalis SUCI 6 yang gue nanti-nantikan penampilannya, selain Rin Hermana, Indra Jegel, Fajar Nugra, dan Ardit Erwandha. Hehehe, banyak banget yang gue jagoin di SUCI 6. Tapi khusus buat Pak Irvan Karta, ini yang selalu bikin gue nampol tangan sendiri karena gregetan.

Gimana nggak gregetan, dia konsisten membahas materi dengan bumbu sains. Ya, itu karena Pak Irvan Karta adalah seorang dosen, jadi nggak heran kalau bahasannya sekitaran situ. Sejauh ini, sains di mata gue sama sekali nggak menarik menjadi bahan obrolan santai, tapi lewat Pak Irvan Karta semuanya berubah. Sains menjadi seru untuk "dibercandain".

Sumber: di sini
Kata Pandji, "Di saat comic muda bikin punchline yang absurd, Pak Irvan membuat punchline yang selalu logis." Itu hal emas yang dia punya. Gue juga pernah baca di blognya Pandji, mengenai alasan pemilihan opener tour stand up-nya: "Kalau mau jualan, jualanlah sesuatu yang orang itu belum punya." Nah, Pak Irvan ini punya sesuatu yang nggak semua orang punya.

Gue sempat googling, Pak Irvan pernah bikin special stand up comedy show, dengan judul yang kembali nyerempet dengan sains: Scientiae Comedium.  Di dalam poster promosi, ada hal yang bikin gue ngakak. Di sana tertulis "free 100 sertifikat". Buset, ini stand up show kayak seminar aja. Gokil banget :D

Selain itu, dia sering nge-twit tentang JKT48. Oh, gila-keren-banget, mana ada dosen yang begini, sih? Guru-guru di sekolah gue nggak segini gaulnya.

Nah, itu dia tiga orang yang mendapat predikat gila-keren-banget dari gue. Sampai kapan mereka mempertahankan itu semua? Ya, tunggu aja pendatang baru yang bikin gue jatuh cinta lagi. Huahaha #RobbyMudahBerpaling.

Sumber dan refrensi:
https://standupbts.wordpress.com/2015/10/15/scientiae-comedium-2-0/
http://ruangberpikirtablighpermana.blogspot.co.id/2015/11/guru-mapan-juga-pahlawan_22.html
http://lirikterjemahnya.blogspot.co.id/2015/07/kun-anta-humood-alkhudher.html

18 comments:

  1. Gue juga suka sama Irvan, kata radit, dia punya satu hal yang orang lain ngga punya "beda". Dia punya ciri khas yang menurut gue gokil. Untuk Isman, gue suka tapi sayang deliverynya kurang nyes, sesekali sering nonton di YT~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woeeh, Irvan Karta! Nggak menurut lu doang, kok. Gue juga~

      Kalo masalah Isman, emang gitu deh.

      Delete
  2. wew kang isman punya blog, meluncur ah, iya keren tuh dia, btw yg bilang gitu bukan ge pamungkas, tapi kemal

    ReplyDelete
  3. "Dirimuuu di hatikuuu... Terbuang sia-siaaa~"
    Eh, kyaknya gue salah lirik ya?._.
    Klo jaman gue SD mah lagunya Radja tuh yg "Januari aku berkenalan denganmu, maret, april,mei,juni" Lumayan lah lagunya buat ngapalin nama2 bulan (loh?)

    Itu yg kun anta lagu arab, Rob? Pnyanyinya jg macem Aaron gtu ya? Penasaran dah, ntr liat ah diyutub..

    Gue setuju sama lo!! Irvan Karta. Gokil abis! Lawakannya beda dri yg lain, slalu bawa2 sains. Biasanya klo ngebayangin sains aja udh puyeng, lah ini malah bisa dijadiin lawakan. Sumpah itu keren bangeett!
    Di SUCI 6 gue demennya Irvan Karta, polisi (lupa namanya), fajar, sm yg rmbutnya gondrong tuh. Bnyak yg lucu2 sih mnurut gue.

    Ah, coba aja gue pnya dosen/guru kyak Pak Irvan Karta, mana gaul, kocak gtu, belajat fisika berjam2 jg gue jabanin deh. Asal ada lawak2annya. Pasti seru klo bljar kyak gtu, jd rileks dan gak stress :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir bener kok. Cuma ngacak-ngacak lirik itu mah :D
      Hehehe, iya yah, itu mah jaman gue TK. Nge-hits banget dulu, ngalahin lagu anak-anak.

      Huehehe, kita satu selera. Banyak yang suka kok sama joke dia. Emang keren dan sains banget! Huahaha.

      Hmmm... kalo belajar berjam-jam, sih, gue nggak pengen. tetep aja ujungnya muntah. Hehehe

      Delete
  4. Pas anak dekat rumah pada rame nyebutin Kung Anta, aku kira itu mereka nyebutin lagu King Kunta-nya Kendrick Lamar, cuma salah sebut. Ini anak-anak SD hebat, tau lagu hip hop, aku ngebatin gitu. Sampe akhirnya ngeliat si cowok ganteng itu di Inbox. Waaaaah aku jatuh cinta. Ganteng bet :D

    Kang Isman mungkin karena faktor umur kali ya makanya delivery-nya kurang bagus.

    Waaah, keren tuh Irvan. Dia out of the box. Belum ada yang pake sains buat materi stand up. Aku jadi ingat Haw deh, Rob. Nulis blog pake teori Fisika. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, beda lagi itu mah. Hahaha. Iya, gue juga nonton Inbox, pas banget bintang tamunya dia. Jadi nggak sia-sia nyalain TV :D

      Hahaha, nggak juga. Dia gugupan kali orangnya.

      Ehehe, iya tuh. Gue juga inget Bang Haw, keren gila nyambungin apa pun pake teori Fisika.

      Delete
  5. Kayaknya lu telat deh tau Killing Me dan Last Child. Soalnya gue tau juga pas SD kelas 6 atau SMP kelas 1. Hahaha. Tua amar gue. :(
    Nonton gigs dan moshing juga gak, Rob?

    Soal SUCI 6, gue malah lagi ngakak sama yang polisi. Auk namanya lupa. Kang Isman emang gak bagus delivery-nya. Padahal tulisannya bagus banget, ya. Sayang aja delivery itu paling penting. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, beda 4 tahun doang kan sama gue? Nggak tua-tua amat :))
      Kalo nonton-nonton, gue nggak pernah. Takut keinjek penonton lain.

      Oh iya, Mr. Gamayel namanya. Iya, penulisan sama delivery harus beriringan bagus. Harusnya.

      Delete
  6. Gua malah gak tau sampe sekarang Killing Me Inside itu mukanya pada kaya gimana. tau lagunya doang. :')

    Kalo kun anta. :')
    Gua sampe apal lagunya gila parah banget, :')
    tapi emang bagus sih maknanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kita nggak perlu tau siapa kreatornya. Hahaha, tapi kasian juga kalo gak ngenalin mukanya :')

      Yoi, bener banget. Gue suka ketagihan denger lagunya.

      Delete
  7. banyak banget yang nggak gue tahu ternyata. malah kang ismet yang paling akrab di telinga.

    kayaknya sesaat lagi bakal cari-cari penampilannya pak irvan, deh, kayaknya keren banget. yang lagunya Humood malah sering ngedengerin versi perempuannya. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, penyedia template terkenal XD

      Iya, bang. Keren banget, suka ada sains di materi standup-nya. Oh iya, pernah ada yang nyanyiin versi perempuan. Penyanyi dangdut kalo gak salah.

      Delete
  8. baru tau kalo ada dosen yang ikutan acara stand up comedy X)

    ReplyDelete
  9. Mantapp bang Robby, nambah ilmu sosial juga nih. Request bahas tentang bola bang, dikit lagi kan ada bhayangkara cup nih. Eh jangan deng terlalu sempit, ada european cup juga nih. Momennya pas banget, pssi juga lagi galau kan sama menteri pemuda dan olahraga. All out, mantepp bang... Gue doyannn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wudih, Bang Adam komen di blog gue! Makasih, bang Adam. Gue doyaann.
      Hmmm... Euro 2016 ya? Belum dapet info apa pun nih. Hehehe

      Delete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.