Ide yang Datang Berentet

Untuk saat ini, gue nggak akan nulis dengan satu topik. Cuma mau nulis apa aja yang ada di kepala, menyeleksi, dan.... semoga suka. Ehehe.

Pertama, datangnya dari sendal gue. Gue punya sendal jepit favorit (dan satu-satunya), merknya Bata. Sendal andalan setiap pergi keluar rumah, selain sekolah. Ke tempat les, Indomaret, dan kadang mushola. Iya dong, ke mushola harus pake sendal yang terbaik.

Bisa dibilang, sendal ini jadi obat sakit hati gue dari kehilangan sendal Carvil yang hilang waktu bulan Ramadan di Bekasi. Ceritanya pernah gue tulis di sini. Makanya, gue cinta banget sama sendal ini. Sayangnya, sendal ini pernah putus di bagian depannya. Ironisnya, sendal itu putus waktu gue dateng ke acara stand up comedy. Pertama, sebelah kiri putus di acara Stand Up Festival 2015. Kedua, sendal sebelah kanan di acara lomba stand up comedy di Museum Nasional, Jakarta Pusat. Keduanya berhasil disol sama mama gue. Makasih banyak untuk Mama. Love-love lah pokoknya.
 
Karena dua kejadian itu, gue jadi takut buat ikut acara stand up lagi. Bisa aja, kalo gue udah punya pacar, kemudian kita nonton acara stand up, berakhir dengan putus hubungan. Agak serem juga, nih, mitos dalam hidup gue.

Pagi ini gue ada les. Seperti biasa, gue naik angkot, kemudian jalan sekitar 5 menit. Begitu jalan di trotoar BSI Cengkareng,

DUKKKK

Kaki kiri gue kesandung. Gue ngeliat ke bawah, lalu melihat kenyataan pahit... dua tali sisi sendal lepas. Gue coba masukin tali ke lubangnya, tapi tetep aja lepas. Ini perjalanan ke tempat les masih jauh, masa gue harus maksain pake sendal. Terpaksa deh, gue nyeker satu kaki. Begitu deket tempat les, gue paksa make sendal yang lepas. Jadinya, jalan gue mesti nyeret-nyeret dulu. Sendal begini mah, jadiin gawang aja dah. Kalo nggak buat nyambit mangga, batin gue, kesal.

Bata: tidak sekuat yang dibayangkan

***
 
Akhir-akhir ini, rumah gue selalu rame. Ini karena kedatangan dari sebuah speaker yang baru dibeli Bapak. Tiap malem dengerin lagu dangdut koplo yang dia dapet dari temennya. Hal ini juga jadi penghalang gue buat bikin rekaman podcast, ketunda mulu jadinya. Gue sih seneng-seneng aja kalo disetelin dangdut koplo, malah gue suka sama genre lagu itu, masalahnya cuma satu: kadang lagu dangdut koplo suka nambahin lirik seenaknya.

Sambil nulis tentang sendal gue lepas, yang baru aja kalian baca, gue dengerin lagu yang disetel bapak gue di kamar depan. Lumayan lah, ada lagu pengiring sambil nulis, kata gue. Sampai lagu itu terus berganti, kemudian berputar lagu Satu Jam Saja, tapi versi koplo. Lebih tepatnya, waktu konser live direkam. Nggak yakin konser juga, sih. Paling hajatan.

Untuk dua reff pertama, gue serasa lagi nulis di tengah-tengah acara hajatan. Di depan laptop, ngetik-ngetik, dengan iringan dangdut koplo. Asyik banget.
Seperti dangdut koplo pada umumnya, sang backing vokal, mengeluarkan lirik-lirik aneh. Tau, kan, yang biasanya ada di acara YKS. "Jigidaw.. jigidaw.. awwweee awwwweee." Yang gitu-gitu deh, nggak tau pastinya gimana.
Di lagu itu, dia niruin suara monyet (tadinya mau gue tulisin, tapi bingung juga gimana suara monyet kalo ditulis. Masa begini: "U u aaak aaaak".)
Setelah reff kedua, penyanyi utama nambahin lirik.
"SEEKOR KERA TERPURUK TERPERANGKAP DALAM GUA..."

Lagu Satu Jam Saja dicampur soundtrack opening Kera Sakti. Nyambung banget, kan. Bisa jadi, si penyanyi ini penggemar serial Kera Sakti. Dia nyanyi sesuai dengan durasi Kera Sakti, satu jam saja. Bisa jadi.

Belum selesai sampai di situ, sambil nulis ini, gue mendengar percakapan antara Mama dan Bapak.

Mama: Pak, denger-denger ada kuntilanak, ya, semalem? Kamu ngeliat nggak?
Bapak: Ngeliat. Di kandang ayam
Mama: Kok kamu nggak takut?
Bapak: Ngapain takut. Malah kuntilanaknya yang takut, kalo saya telanjang.

Gue dari dalem kamar cuma tepuk tangan, geleng-geleng keheranan. Ini bisa jadi cara cemerlang saat menghadapi ketakutan; dengan nakutin balik, atau pura-pura kesurupan. Mungkin ini pengaruh dari berita yang sering dia tonton di TV. Lebih kurang beritanya kayak gini:



Hmm... gitu aja sih yang bisa gue tulis. Kadang ide waktu nulis bisa bertumpuk, dan semuanya pengen dikeluarin. Ya udah, gue keluarin semua deh yang ada.

Bentar lagi UTS. Oke, akan ada pertumpahan keringat sepertinya. Gerah.


36 komentar:

  1. Kalau di pikir2 yang kasian tuh sendalnya. Udah di pake berhari-hari eh, malah di bilangin bagus jadi gawang.

    Tumben nih random banget, Rob~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah.. cuma sendal doang, Hul. Kalo pacar mah nggak bakal gue jadiin gawang *eh, ini apa?*

      Delete
  2. Wah sobat robi ternyata orangnya setia ya
    Walaupun udah putus sama sendanya tapi bisa nyambung lagi

    ReplyDelete
  3. Sampe segitunya ya, rob. Sama sendal aja bisa setia gitu. GImana sama dia nanti. "Semoga setia juga ya, rob. Biar gak bahas mantan." XD

    Eh, tapi gue juga lumayan sering dengerin dangdut koplo gitu. Tapi bukan gue yang nyalain lagunya, tetangga tepatnya. Bahkan gue kadang gagal nulis gegera dengerin itu. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Biar tetep melekat dan ke mana-mana bareng kayak sendal. Ehehe

      Harusnya minta setelin murotal ke tetangga, pasti adem

      Delete
  4. suka penyajian ceritanya. lucu pisan. tulisan komedi dari pengalaman pribadi. jaman saya bocah dulu malah ada tetangga muter lagu dangdut pake 'salon' (speaker gede yang biasa dipake di acara hajatan). dan itu terjadi di pagi hari
    *btw ini kunjungan pertama saya. salam kenal bang robby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiyah, itu mah gila banget sampe pake salon. Bikin kuping berdarah tuh.

      Oiya, salam kenal, Bang Hatake Niwa.

      Hatake Niwa? Nama aslinya siapa ya?

      Delete
  5. Ini keren ya :D ada beberapa ide dan topik di tulisan ini :D heheh :D

    Kayaknya ada pesan terselipnya di cerita kamu dan sendalmu itu Rob wkwkwk :D

    Eh, kalijodo dimana? mau liat yang telanjang-telanjang aaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, itu nulis semau-mau. Biarin aja deh

      Wow! Bener begitu? Gue malah nggak nyadar loh.

      Kalijodo? Gue nggak tau apa-apa soal itu. Padahal lagi rame di berita :((

      Delete
  6. Sendal putus adalah salah satu kejadian yang paling mengenaskan di dunia. :')
    Apalagi kalo lagi penting-pentingnya.

    Ini ide nya ngebludak sampe bingung nulisnya. Tapi bagus anak muda. Generasi bangsa harus kaya akan ide.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misalnya, lagi CFD. Gak enak banget.

      Hmmm.. maksa banget ujungnya xD

      Delete
  7. Robby trnyata orgnya setia ya? Ya emang sih, kalo udah nyaman mah sulit untuk ngelepasin :') *eh, knp jd baper gini?*

    Nyeker satu kaki nanggung amat, itumah dua2nya aja skalian._.
    Yauda buat gue aja sini sendalnya, Bi.. Lumayan buat ganjel pintu. Wahahaha XD

    Dgrin dangdut koplo, campursari, itumah emg berasa banget lg kondangan yah? Lah, elu ga bosen emg tiap hari 'kondangan' mulu di rumah? Wkwk. Nulis, tp berasa kyak lg kondangan, gue mah gabakal konsen itu. Haha.

    Hmm.. Nakut2innya gtu amat, pake sgala telanjang. :'D Mending klo kuntinya takut. Lah kalo ampe demen sm bapak lu gimana? Wakakak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang ketiga yang bilang gue setia. Luar byasaaaah :D

      Cielah, pintunya gak rapet. Pake ban bekas aja buat ganjelnya.

      Kondangan mulu di rumah. Bentar, ngebayanginnya lucu juga. Hahaha. Gila dah.

      TAUK TUH! Rese banget :\

      Delete
  8. Dari sendal putus, lalu berakhir di wanita penghibur. Hmmm...

    Gue bayangin lo lagi ngetik sambil dengerin dangdut koplo digidaw digidaw. Paraah.

    Ribuan cewek telanjang, ntar dikira ada festival. Bakal kebanjiran turis nih kalijodo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diambil benang merahnya :p

      Kacau lah, festival cewek telanjang. Malah rame jadinya

      Delete
  9. Bahahahahaha. Terakhirnya bawa-bawa Kalijodo. Ini blog kayaknya harus ikutan digusur juga deh. Trus Robby ngancem dengan telan.... telan belut hidup-hidup.

    Itu yang sandal sedih ya. Jangan percaya sepenuhnya sama Bata deh kalau gitu.

    Aku ngakak pas lagu koplo dicampur sama soundtrack Kera Sakti, Rob. Malam-malam baca ini ngakak, trus aku dilempar remote sama Mamaku. Huhuhu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. INI PENGARUH SESATMU, MB. TANGGUNG JAWAB!!

      HEH, jadi merendahkan gitu. Gak baik, kak. Tapi buat testimoni juga sih. Hahaha

      Kalo gitu salam buat Mamamu. Anjasss, ini apa banget.

      Delete
  10. hahaham itu mitos yang cukup horror memang. masa gara-gara standup sampe segitunya. hmm, itu berita kalijodo.. entah kabar gembira taau kabar duka :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Alah, sepemikiran juga ternyata. Kayaknya kabar gembira buat yang suka kenikmatan dunia

      Delete
  11. Hahaaa gue juga pernah nulis gini, nggak tau topiknya apaan. Campur aduk, random, tapi enak aja nulisnya. Semuanya jadi lepas. Tali beha juga kadang ikutan lepas.

    Ada apa antara sendal lu dan stand up comedy, By? hahaa putus mulu masak.

    ROBY BHANGKAAAAY. DEMI APA GUE BACA, ''Jigidaw.. jigidaw.. awwweee awwwweee. '' ITU PAKAI NADA HAHAHAHAAAAAA

    Wah, leh uga tuh ide wanita penghibur kalijodo. Bisa buat cowo cowo yg pengen nyuci mata.
    Gusur aja kali ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik ya. Hahaha, padahal males nyari topik aja.

      Entah lah. Hubungan yang tidak diretui kali ya :(

      Hahahaha, malah sambil nyanyi. Kan jadi keenakan kalo gitu :D

      Aduh, jangan lah. Ngeri tau :(

      Delete
  12. Jangan punya pacar kalo gitu, Rob. Langsung nikah aja. Muahahanjirrr, masih SMA udah gue saranin nikah. XD

    Gue juga sama kayak Wulan. Gue nyanyi, mana joget pula. Duh, ketahuan kan dulu sering nonton dan niruin jogetnya. :(

    Serius pada mau telanjang itu cewek-cewek Kalijodo? Infoin gue kalo itu bener yaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bhaaaang :')

      Wuahaha, jangan malu-malu lah. Tetep cintai dirimu dan gayamu sendiri. Wadey.

      Enggg.. belum tau juga. Semoga ada kepastian!

      Delete
  13. Gue tau gimana rasanya sendal putus pas lagi dijalan lagi, nggak enak banget. Haha

    Anyway, enaknya jadi blogger personal ya gini, bisa nulis satu post genrenya beragam, suka-suka yang nulis.

    Oh iya, thanks udah maen ke blog gue sama comment di postingan gue hari ini ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, ngeri-ngeri kena tai kucing ya.

      Bener banget. Padahal isinya cuma curhat aja. Yang penting nulis.

      Wokeh, sama-sama! Kapan-kapan gue main lagi ke situ :))

      Delete
  14. wahh rob sendalnya jangan dibuang harus di musiumkan itu, sama sendal aja sampe sayang banget gitu apa lagi sama yang lain wkwkwk

    cepet-cepet move on ya rob dari sendal bata hakhakhak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama yang lain? Belum tentu kali ya. Hahaha.

      Udah dibuang. Ganti swallow aja :))

      Delete
  15. ganti pake wedges aja robby lebih tahan lama. bikin lu jadi tinggi pula :D

    Demen juga yah dangdut koplo. Jidiw jigidiw serrr! Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm.. boleh juga, sob. Asal jangan jadi tinggi hati setelahnya. Ehehe

      Asyique lah~

      Delete
  16. ente mending gan yang putus sandal bata, lah gue pernah pergi ke acara hajatan modal sandal jepit merk swallow naik motor pas mau turun sandala gua copot. Gue juga sih yang salah ngapain ke hajatan pake sandal ginian. Berhubung di pinggir jalan ada bocah main bola gue pinjem sandalnya. asli sandal nih bocah lebih keren dari sandal gue.

    Yah untunglah bukan hubungan lu yang putus sob, bisa bahaya tuh

    Ngomong dangdut koplo gue juga sering dengerin gegara tetangga gue sering muter kalau pagi, karena keseringannya akhirnya gue terhasut tuk mutar dangdut koplo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Busyeet, minjem sendal anak-anak. Kan nggak muat, bang :(

      Hahaha, otaknya sudah tercuci oleh suara-suara kendang :))

      Delete
  17. Artinya kalo ada acara2 stendap jangan pake sendal lagi :D pake sepatu aja, apa yang bisa putus dari sepatu coba? Paling jebol... aahahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok yang bilang gitu. Sip dah, dicatet!

      Delete
  18. E sunpah random abis hahaha. Btw kapan kapan ahak ke acara stand up dong, belum pernah,nih. Kayaknya aku butuh hiburan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jakarta banyak kok, kak. Acara-acara open mic.

      Delete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.