Kebal Remedial

thumbnail-cadangan
Seperti kata pepatah: ujian telah berlalu, remedial ikut menerjang. Setelah tanggal 1 Desember - 8 Desember gue menjalani UAS, tibalah saatnya menikmati hasil dari sistem kebut semalam yang gue kerjakan selama seminggu itu. Beberapa nilai matpel udah keluar. Hasilnya bervariasi.

Yang paling menyakitkan adalah mata pelajaran Sejarah Indonesia. Padahal persiapan gue udah cukup keren: piknik sambil nge-blog. (kalo ada yang belum baca ceritanya, klik ini). Gue nggak nyangka, terlalu santainya gue membawa pada bencana besar, yaitu REMEDIAL.

Sebenarnya KKM untuk Sejarah Indonesia udah dikurangin. Begitu tau KKM dikurangin dari 75 menjadi 70, gue optimis nilai gue bisa tuntas. Mengingat betapa mudahnya ujian hari itu.

"Coba liat dong nilai Sejarah," pinta gue ke Laksmi (nama disamarkan)
Laksmi ngasih liat gue foto nilai Sejarah yang dikasih guru gue. Mata gue langsung menuju nomor absen gue, nomor 28. Ada angka 68 dengan tinta hitam di sebelah nama gue. Gue nggak sanggup melihatnya lagi.
"Kampret! Bener satu soal tuntas, tuh!" Gue menonjok telapak tangan kiri dengan tangan kanan, gregetan.

Mau nggak mau, terpaksa gue harus remedial biar nilainya nggak jelek-jelek amat di rapor. Untung remedialnya nggak susah-susah amat, cuma ngerjain 5 butir soal essay yang harus dikirim ke email guru gue. Selalu ada cara besyukur saat tertimpa musibah. Masih sempat bilang "untung".

Agar mempermudah pengetikan di rumah nanti, gue mengerjakan soal itu di buku tulis. Lagi asyik mikirin jawaban, tiba-tiba Karjo datang.
"Kok lu rajin banget, Rob? UAS udah selesai masih aja ngerjain tugas," kata Karjo (nama disamarkan)
"Diem aja deh. Gue tau nilai lu tuntas, tapi nggak usah ngeledek gue. Gue remedial, kampret!"

Sebegitu sensinya gue saat remedial. #AwasPelajarGalak

Hari sebelumnya, gue juga ikut remedial Biologi. Sebagaimana anak MIPA,  seharusnya nilai Biologi gue tuntas karena termasuk pelajaran wajib di jurusan. Tiba-tiba gue mikir, kayaknya gue anak MIPA gadungan gara-gara nggak pernah tuntas nilai Biologi. (FYI, gue selalu nggak tuntas nilai ujian Biologi. Selalu. Sejak kelas 10)

Sekitar jam 1 siang gue masuk ke ruang Auditorium, tempat dilaksanakannya remedial Biologi. Remedial kali ini digabung dengan kelas MIPA lainnya. Setelah ada di dalam Auditorium, gue melihat banyak banget orang duduk berbaju batik seragam sekolah. Tempat duduk dari depan hingga belakang penuh. Orang-orang ini gue kenal, seperti teman sejurusan. Gue tanya ke Feri (nama disamarkan),

"Ini ada seminar apaan?"
"Ini remed Biologi, Robby," katanya menahan tawa.
"Oh,... remed... Biologi?" tanya gue ragu, "Buset, rame amat."

Kumpulan manusia berseragam-batik-sekolah itu adalah peserta remedial. Gue perkirakan, dari empat kelas 4 MIPA, yang tuntas bisa dihitung jari per kelas. Saking banyaknya yang remedial. Ternyata, nggak gue doang yang payah. KITA SEMUA PAYAH! KITA SOLID! Bego sejurusan!

(Semoga gue nggak dikeroyok temen sejurusan gara-gara post ini)

Sejarah Indonesia udah. Biologi udah. Sebenarnya masih ada lagi mata pelajaran yang nggak tuntas  dan harus remedial yang nggak bisa gue ceritakan. Dengan alasan memperbaiki citra diri, gue nggak mau nyeritain di blog. Intinya, Matematika tetep remed. #JaimItuPerlu

Yang lain ngeluh soal remedial, gue biasa aja. Mungkin karena gue udah terlalu sering mengalami nilai nggak tuntas, lalu ngejar-ngejar guru minta remedial. Nama blog gue aja udah mencerminkan diri gue: Pelanggan Remedial. So, gue udah kebal remedial.


PS: Demi keamanan, gue menyamarkan nama teman-teman gue karena mereka nggak mau diomongin di sini. Temen-temen gue, yang  ternyata diam-diam baca blog gue, nyalah-nyalahin gue ketika namanya pernah terang-terangan ditulis di blog gue.

"Kok nama gue ditulis diem-diem, Rob? Bodo amat, pokoknya gue nggak terima!"
"Ya, biar nggak ribet nyari nama samaran."
"Gue nggak mau tau, kasih gue royalti!"
"MINTA AJA SAMA SETYA NOVANTO!" kesal gue.

Malesin, kan?

Untuk kali ini aja sih, besok-besok mah tetep gue tulis nama aslinya. Huehehe.


20 komentar:

  1. Ngakak, gils. Hahaha, omongan do'a lu, By. Tau rasa lu kalo remed terus,wkwk

    ReplyDelete
  2. Biologi remed? Kasihaaan... Lah gua apa coba? PENJAS REMEDIAL! Kan tai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. OH,IYA! Gue juga Penjas remedial. Kan tai, ya?

      Delete
  3. Bener kata Rini, omongan doa loh. :p
    Nanti kalo remed terus gimana? Hahaha. Etapi itu, kan, buat branding, ya?
    Oke-oke ajalah. :D

    Nggak pernah ngerasain jadi anak SMA. Gue SMK, yang pelajaran IPA-nya gak begitu penting. Tapi emang, sih, nilai IPA gue selalu jelek. Kalo IPA di SMA kan dibagi 3, ya? Fisika, Biologi, dan Kimia. Kalo gue semuanya dicampur aduk. Pusing-pusing tuh. Kampret memang. Buahaha.

    Btw, itu lu pas ulangan gitu masih buletin di LJK bukan, sih?
    Jadi kangen masa-masa itu. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astagfirullah, jangan sampe itu mah. Niat mau nilai tuntas itu selalu ada, kalo remedial itu bonus dari kegaalan. - Robby, pemuda yang baru insyaf.

      Masih, bang. Pegel banget itu ngiteminnya -__-

      Delete
  4. Terlalu mneyepelakan tuh, al hasil remidial :D yang sabar ya kakak

    ReplyDelete
  5. Bahaha. Keren banget. Jawaban remednya dikirim lewat email. Aku aktif pake email pas udah kerja aja. Pas sekolah, dongo banget. Padahal jurusannya Adm Perkantoran. Haha.

    Menurut aku, kena remedial pelajaran-pelajaran nyeremin macam Matematika, Biologi, Kimia, itu masih terlihat elegan, Rob. Lagian, nggak heran kalau pelajaran gitu sampe remed.Banyak yang bakalan remed juga.

    Aku dulu, waktu SMK, juga sering jadi pelanggan remedial Matematika, sama PKN :( Soal-soalnya pasti pada beranak. Huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaman telah canggih, kakak~

      Tetep aja, itu pelajaran yang ada di jurusan. Nggak keren jadinya. Huhuhu

      Delete
  6. KEBAL REMEDIAL? WHAT!!!!!

    Lo kenapa jadi betah banget remed sebanyak itu rob. Lo anak MIPA rupanya. Tapi, aslinya lo gagal jadi anak MIPA kalo pelajaran utama Biologi, Fisika, dan Kimia harus Remed. Kita sama. Hahahaha. *TOS*

    Tapi, gue zaman sekolah dulu, gak sampe sebanyak itu remednya. Cuman yg sering remed ya MTK sama Bahasa Inggris, soalnya dulu gue merasa bego sama bahasa yg Nulisnya apa, bacanya apa?

    Semoga gak beneran kebal ya Rob. Mungkin ini dalam artian, tetep semangat meskipun remed. "Benerkan? Bijak bener gue, ya." hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. TOSSS~ Cihuy dah. Hahaha

      Yang ini juga sama, TOS lagi~

      Yoi, maksud gue dengan kebalnya remedial jadi nggak kaget dan harus nangis-nangis nyedotin tinta pulpen.

      Delete
  7. Remedial ? Gue kirain lu pintar Rob. Soalnya PR-nya si Jericho lu tau. Ngga salah tuh tagline blog lu "Catatan Nakal Pelanggan Remedial"~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang itu mah masih bisa. Jangan su'uzan ya, kalo gue abis nyari jawaban dari internet buat ngerjain PR-nya Jericho.

      Delete
  8. HIDUP REMIDI!!
    KU CINTA REMIDI!!
    Gua juga langganan Remidi nih, apalagi Matematika sama Ekonomi, Nilai gua Lillahita'ala semua.
    Kalo kata Ibu kita Kartini
    Habis UAS Terbitlah Remidi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HEY, JANGAN IKUT-IKUTAN ALIRAN SESAT! :\

      Delete
  9. Dulu paling males kena remedial.. Jadinya pas mau ujian belajar keras deh. Wahahaha.. :D *songong* Tapi ngga papa sik, soalnya remedial itu jadi diinget guru :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, kampret. Apa enaknya diinget karena sering remedial? Malu-maluin keluarga :D

      Delete
  10. Kepedean sih.
    Belajar yang rajin, ya. Semangat. :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.