Selamat Ulang Tahun Blogger Energy

Manusia adalah makhluk sosial. Kebutuhan kita nggak bakal bisa dipenuhi oleh diri sendiri. Untuk itu, kita harus hidup berkomunitas atau berkumpul. Contoh simpelnya adalah ketika bermain sepak bola. Nggak mungkin, kan, menghadapi keseblasan dengan maju sendiri. Sekalipun itu Cristiano Ronaldo, Ronaldinho, atau Robby Haryanto, gue yakin nggak bakal menang.

Begitupun dengan kehidupan gue nge-blog, gue juga ikut di beberapa komunitas blogger. Tujuannya, sih, biar blog gue ada yang baca. Nggak cukup kalau cuma promo ke teman-teman dekat, mengingat teman gue di dunia nyata yang sedikit. Makanya, gue bergabung komunitas blogger yang ada di Indonesia, walaupun pada akhirnya gue jarang aktif.

Alhamdulillah, gue mulai mendapat teman dan pembaca dari komunitas blogger yang gue ikuti. Tapi, yang namanya manusia selalu nggak pernah puas. Akhirnya gue bergadang buat nyari-nyari komunitas blogger yang lain.

Gue interogasi Mbah Google dengan keyword yang bermacam-macam: Komunitas blogger keren; komunitas blogger gaul; dan komunitas blogger. Isinya sama aja. Semua keyword itu tertuju pada komunitas yang udah gue ikuti. Sampai akhirnya, gue terdampar di blog orang lain, dan melihat sebuah banner dengan gambar tangan mengepal dan menggenggam petir. Wow, gue tertarik! Sepertinya komunitas blogger ini menganjurkan kita untuk rajin minum extra joss.

Gue kira masuk komunitas blogger yang satu ini mudah. Ternyata, ada syaratnya. Gampang, sih, syaratnya, yang penting blogger personal. Cukup. Untung gue termasuk blogger personal, gue gabung deh. (Gue punya postingan saat perkenalan di komunitas blogger keren).

Komunitas ini berbasis di Facebook, dengan mengadakan promo setiap hari. Jadi, kalau ada yang pengin gabung, harus ingat kata sandi Facebook-nya, ya! :p

Tanggal 10 Desember 2014, setelah Magrib, gue mendapat notifikasi Twitter seperti ini.

Apa ini?
Isinya: selamat datang di Blogger Energy. Oh iya, gue baru ingat. Sebulan sebelumnya gue sempat mendaftar menjadi anggota Blogger Energy. Bagi kalian yang bertanya-tanya soal komunitas blogger yang belum gue sebutkan, Blogger Energy adalah jawabannya.
Komunitas ini resmi menerima gue. Komunitas yang membuat viewers blog gue meningkat tajam, setajam parutan kelapa. Dari jamannya blog gue cuma 500 viewers, sampai sekarang yang mencapai 32.000+ viewers. (Asli, nggak maksud buat sombong. Cuma ngasih tau).


9 Agustus 2015
Di awal masuknya gue di Blogger Energy, gue sering banget promo dan sok asik kepada member baru. Tapi, promo di Blogger Energy nggak kayak di komunitas lain. Di sini, gue diajarkan bagaimana cara menghargai orang lain. Saat kita promo link, kita harus komen ke blogger lain yang ikut promo. Istilahnya, kalau post lu mau dikomen, komen juga post orang lain.

Terkadang, keliatannya kebiasaan ini berat. Ya, gue akui. Gue juga suka males buat komen, apalagi dengan post yang panjaaaan banget. Tapi, percayalah, kalau membaca nggak pernah rugi. Bahkan, membaca komposisi makanan kemasan. Duh, jadi ingat kebiasaan masa kecil, nih.

Dari sekian banyak komunitas yang gue temui dan ikuti, mungkin komunitas ini yang paling berarti bagi gue. Walau belum pernah bertatap muka, gue merasa dianggap sebagai keluarga di komunitas ini. Saat gue butuh sesuatu, pasti ada anggota dari komunitas ini mau nolong gue. Hal yang mungkin belum tentu gue temukan di komunitas lainnya, bahkan di kehidupan nyata.
 
Di sini, gue mendapat keluarga baru.

Sampai 3 bulan gue aktif di blog ini, akhirnya gue mulai vakum di bulan keempat, bahkan nama gue jarang muncul di wall promo. Lalu, beberapa teman di Blogger Energy menanyakan kabar gue. "Kenapa jarang muncul lagi?", "Kok sekarang jarang promo, Rob?", "Rob, kamu nggak papa kan remedial Biologi terus-menerus?". Eh, yang terakhir nggak ada deh. Sungguh, kepedulian yang belum pernah gue temui di komunitas blog lain. Gue menanggapi dengan berbagai alasan. Mulai dari koneksi internet gue yang payah, sampai waktu yang sempit gara-gara sibuk ngerjain tugas. Padahal, gue mau banget bisa berinteraksi dengan mereka. 

Quote dari orang ganteng. Percaya, kan?

Sampai saat ini, gue belum juga aktf seperti dulu. Gue memutuskan untuk benar-benar vakum dalam promo sampai tahun ajaran 2014/2015 selesai. Tapi, gue tetap memantau pergerakan anggota baru. Kan lumayan, kalau ada anggota cewek yang seumuran plus cantik, bisa gue sikat :p Maksudnya, sikat kamar mandinya.

Ada yang datang dan ada juga yang pergi. Di antara orang yang pergi, tak jarang ada yang kembali. Begitulah gue, setelah lama pergi, inilah saatnya gue harus kembali. Gue bersiap meramaikan Blogger Energy. Doakan!

Terimalah kepulanganku, Blogger Energy. Dan, Selamat ulang tahun yang ketiga untuk komunitas blog yang memberikan energi positif setiap gue nge-blog. Semoga terus menjadi pelopor blogger personal di Indonesia, dan menjadi wadah bagi mereka--personal blogger-- untuk terus berkarya.



6 komentar:

  1. Iya emang, di BE mah udh kyak sama keluarga sendiri yak:')
    So swit banget ada yg nanyain bgtuu...

    Ayo dongg promo lg di BE Kan udh taun ajaran 2015/2016 (apa hbungannya yak?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak pernah diperhatiin segitunya kan? Ehehehe~

      Insha Allah ya. Kelas 11 makin berat tuntutan hidupnya :')

      Delete
  2. Selamat dataaangg kembali Robby. Selamat Ulang Tahun BE! YEAAAAH!

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.