Naik Angkot Bikin Sewot

thumbnail-cadangan
Masuk tahun pelajaran baru, tugas di kelas 11 makin berat. Gue bisa membayangkan bagaimana enaknya orang yang udah lulus, mendapat ijazah, kerja enak, keluarga mapan. Impian hidup semua orang, deh, pokoknya. Ya, walaupun cuma berkhayal, sih.

Belum lagi ditambah les yang memaksa gue pulang jam 19.30 setiap hari Senin dan Rabu. Pusing di sekolah ditambah capeknya pulang malam membuat gue harus benar-benar tabah dalam menjalani kehidupan sekolah. Karena gue percaya, kesabaran dan keuletan akan berbuah manis.

Senin ini, tanggal 10 Agustus, gue pulang les seperti biasanya. Gue pulang les naik angkot bersama Oky. Gue mau buru-buru pulang biar bisa ngerjain tugas yang masih menunggu. Tapi, jangan tanya bagaimana bisa gue nge-blog walaupun PR gue banyak. Pokoknya, jangan.

Angkot carry berwarna merah melintas, lalu berhenti di depan kita berdua. Langsung tanpa pikir panjang, kita naik dan ngobrol di dalam angkot. Beberapa meter kemudian, supir angkot nyetel lagu Fatin yang berjudul Aku Memilih Setia. Beda dari biasanya, lagu Fatin ini dibuat remix. 

"Waduuuh... kasian amat, ya, Fatin. Nyanyi bagus-bagus malah dijadiin lagu dugem begini."

Gue kesal. Seakan-akan gue pengin ikutan joget seperti Si Supir. Si Supir ditemani temannya berjoget ria sambil mendengarkan lagu aneh itu. Nah, begini nih. Kalau bergaya mau dugem, tapi nggak pernah ke diskotik. Cuma nyetel lagu di angkot, terus joget-joget. Ya, lebih baik, sih, daripada joget di depan gerobak gethuk. Nggak elit.

"TONG, LO BERDUA TURUN DI MANA?!" teriak Si Supir berusaha melebihi suara dari tape angkotnya.
"DI BAKTI, BANG(daerah rumah gue)," gue nggak mau kalah dengan suara tape. "Saya di Taman Palem," kata Oky dengan kalem. Nggak teriak-teriak.
Si Supir nggak dengar dengan perkataan kita berdua. "APAAN??! LO TURUN DI MANA??!"
"DI TAMAN PALEM SAMA DI BAKTIII" teriak gue. Pengin gue omelin Si Supir, "MAKANYA KALO NYETEL LAGU YANG BENER!!! LAGU FATIN MALAH DI-REMIX...."

Selain budeg, Si Supir juga ugal-ugalan. Si Supir suka ngebut dan main-mainin klakson seolah nggak pernah main klakson dalam hidupnya. Pokoknya, jalanan udah kayak milik dia seorang. Gue takut, ada pengemudi motor yang mati gara-gara bunyi klakson yang sangat mengganggu itu. Matilah dia mendengar suara klakson. Asli, kasus pembunuhan yang nggak berkelas.

"TIIIIITT.... TIIITTTT.... TIIIIIIIITTTTTTT...". Bunyi klaksonnya nggak bagus. Karena, menurut gue, klakson yang suaranya bagus adalah klakson yang bunyinya sopan. ""TIIIIITT.... TIIITTTT.... TIIIIIIIITTTTTTT...". Suaranya sama, tapi suaranya keluar dari mulut.

Oky turun lebih awal. Si Supir dan satu temannya langsung menaikkan volume tape. "ANJRIIIIIT, KEPALA GUE MAU PECAAAH!" teriak gue dalam hati. Gue tau, kenapa Si Supir nanyain gue mau turun di mana lebih awal dari biasanya, karena biar dia bisa nyetel lagu sekeras-kerasnya dan tau di mana dia harus berhenti. Tolonglah, gue udah pusing dengan urusan sekolah dan les, masak harus ditambah pusing gara-gara lagu Fatin yang di-remix.


Suara tape makin keras. Gue mulai berpikir jahat untuk mencegah perbuatan kriminal ini berlanjut. Gue berencana untuk menghampiri Supir, lalu dari belakang gue akan memukul kepala Supir dengan buku Kimia yang gue bawa saat itu. Biar tau rasanya sakit kepala.

"GEDEBUUUUKKK..." gue pukul Si Supir dengan buku Kimia, kemudian mulutnya mengeluarkan bensin. Ah, berkhayal aja, sih.

Gue menyadari, ternyata Si Supir belum terlalu tua. Pantas aja, jiwa mudanya masih terpancar. Kebut-kebutan dan nyetel lagu keras-keras. Gue perkirakan, Si Supir angkot usianya nggak jauh beda dengan gue. Masih di bawah umur. Ya..., umurnya 4 tahun lah. Nggak, nggak segitu. Sekitar umur belasan.

Ini yang paling nggak enak bagi supir angkot muda. Mereka bakal tetap dibilang "Bang" sama ibu-ibu yang usianya lebih tua dan lebih layak manggil dengan sebutan "Nak". Kira-kira beginilah jadinya,

"Nak..., kiri, Nak. Rumah ibu sudah dekat."

Berasa anak sendiri.

Balik lagi ke cerita. Hampir sampai di tujuan, Si Supir angkot makin menggila. Dia sukses bikin gue istighfar berkali-kali karena sering ngerem mendadak. Ngebuuut, lalu ngerem. Gue cemas. Gue pengin buru-buru turun. Itu semua disebabkan kedatangan angkot lain yang gue tebak adalah teman dari supir angkot yang lagi gue naiki. Anak muda kalau ketemu temannya pasti menggila. Begitu juga dengan Si Supir kampret ini. Si Supir seolah menantang temannya untuk adu cepat. Suasana malam itu, sangat mencekam. Berasa lagi ada sirkuit perlombaan Nascar Rumble.

"TIIIIIIITTTTT.... TIIIIIIITTTTT..." Si Supir membunyikan klakson. Berulang-ulang. Saat mobilnya dipacu dengan kecepatan tinggi dan bersebelahan dengan angkot temannya, Si Supir berteriak, "WOYYYY... MINGGIR DONG JALANNYA HA... HA... HA...."

Gue mulai ngeri. Gimana kalau teman Si Supir orangnya baper. Dia marah, dan ngamuk menabrakan angkotnya ke angkot yang sedang gue naiki. Lalu, meledak. BOOOM! Badan gue jatuh ke ladang gandum, dan jadilah koko krunch.

Akhirnya, gue sampai di depan rumah. Gue bakal mengingat malam ini sebagai malam yang bikin sewot. Catet, ya! 10 Agustus 2015.

Semoga nggak ketemu angkot begitu lagi...


26 komentar:

  1. Wahahaha, gak kebayang lah bang kalau terjadi dengan ku. bisa-bisa langsung minta turun kemudian mewek di pinggir jalan. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip! Tadinya gue juga mau begitu, tapi...

      Delete
  2. wuahahahhaa itu supir harusnya digebukin dulu biar sadar kalo jalanan bukan cuma milik dia seorang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena semuanya yang ada di dunia hanyalah milik Allah. Bener nggak?

      Delete
  3. wahaha :D udah sering nemuin itu angkot yang kayak gitu, bikin ngeselin yakkss :D :D

    ReplyDelete
  4. haha :D udah gaa asing rob dengan tukang angkot yang kayak gitu :D mungkin pengen keliatan keren kali yaa, tau rasa deh tuh kalau udah celaka *astgfirulloh* :(

    paling males juga dapet angkot kayak gitu -_-... sekalinya ada yang nyantei, malah nyantei banget, keburu abis waktunya. Hmm, serba salah juga jadi penumpang tuh -_-.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astaghfirullah... nggak baik bicara begitu.

      Delete
  5. Dulu waktu SMP gue juga sering kayak gitu bareng temen, tapi kita malah suka. Suka kalo si supirnya balap trus belok dengan tikungan tajam, kita seneng banget waktu itu dan seakan-akan dunia kayak Game yang kalo game over bisa retry again...

    ReplyDelete
  6. masa sekolah mah nikmatin aja gan, ntar kalo lulus da dpt ijazah dan dah kerja. gue jamin deh lo bakal rindu masa sekolah hahaha

    kalo naik angkot ugal-ugalan sih blm pernah, tapi nsik ojek ugal-ugalan pernah. doi bawanya udah kaya rosi ... pertarungan hidup dan mati banget deh pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, bener banget. (Seolah-olah gue udah pernah lulus sekolah)

      Keren banget tuh pasti. Pas sampai di tempat tujuan langsung nyembur-nyemburin soda

      Delete
  7. Wah sepertinya kelakuakan sopir angot tiap daerah sama aja yah -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua sopir sama aja! *ala cewek marah*

      Delete
  8. wahai anak muda, nikmatilah dan manfaatkanlah kehidupan semu mu itu (kehidupan sekolah), percayalah, jadi orang dewasa (pasca sekolah) itu kagak enak, haha
    kayanya gue bakalan lebih menikmati naek angkot ugal2an itu daripada hidup gue yang sekarang, haha, bercanda..

    ceritanya absurd banget, cekikikan gue bacanya, bisa aja lu tong, untung kaga jadi koko krunch lu ya.. ahak

    eh gue penasaran, gimana caranya nyempetin ngeblog ditengah2 himpitan PR dan tugas seperti itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, orang yang dituakan! Kami menghormatimu~

      Alhamdulillah, masih dikasih umur panjang...

      Wow, itu cuma rahasia orang dalam :p nggak, deh, bercanda.

      Delete
  9. Dari quotenya raditya dika yang udah di-remix gini : "hanya ada dua sopir yang ada di dunia ini, kalau ga supir homo ya supir brengs*k". Nah mungkin supir yang km temuin ada supir yang brengs*k :D

    Laporkan ke bosnya supir angkotnya bro karena dia udh ugal"an
    dan laporkan ke fatin bro, karena lagu nya udh di remix dugem, wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalau supirnya homo, ya sama aja brengsek juga hehehe

      Delete
  10. jgn ngarep setelah lulus sma kehidupanmu enak :v
    cuma ada dua pilihan kerja ato nglanjutin seklah.

    kyknya enak bnget tu naik angkot ugal-ugalanya.. :v
    sampe bisa masuk ke dunia koko crunch segala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaap, bang!

      Enak dari mana, jantung deg-degan nih sampai sekarang :(

      Delete
  11. kebiasaan bener dah sopir angkot. daerah saya juga suka gitu tuh. berisik, ugal-ugalan. pernah saya naek. tuh sopir kayaknya emang sengaja mau menabrakan diri. nyetir mobil tapi geraknya zig zag terus kalau ada motor di depan dia langsung banting stir sambil nge-klakson ke arah motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, makin sinting aja ya.. kirain cuma gue yang kejang-kejang karena supir angkot

      Delete
  12. gue kiran beneran tuh di gebuk :v.. jirr abang angkot nya lagi ngedrag ya mas :V.... mas masih untung, gak jantungan di tempat :v, nah lebih parah lagi kalau ada salah satu penumpang yang sama sifat nya kayak abang angkot ini :v.. kalau ada matii lu di dalam angkot :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bah, ngeri banget tuh pasti. Bisa-bisa nggak nge-blog lagi deh :/

      Delete
  13. Ngebanyangin angkot yang lu naikin gue jadi inget cerita pas gue naik bis mini pulang rekreasi yang dikendarai supir mabuk. Yap, MABUK! Dan bukan sekali, tapi dua kali. Yang pertama bisnya miring 46 derajat, untung bisa balik lagi. Dan yang kedua, bisnya hampir nyemplung ke sungai, untung Aja sempet ngerem. Huft. Bener dah, itu gila banget -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah, ngeri banget, ya. Dapat supir mabuk. Iya, MABUK. Sampe dua kali pula. Ngeri abis.

      Delete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.