30 June 2015

Selamat Ulang Tahun

Setahun yang lalu, tepat pada tanggal ini, gue pergi ke warnet tanpa tujuan yang jelas. Seperti biasa, niatnya gue mau nonton video di youtube, tapi entah kenapa tangan gue malah ngetik "Cara membuat blog" di kolom pencarian.

Berawal dari ketertarikan gue dengan blog setelah baca buku dan nonton film KambingJantan, gue jadi berpikir, "Anjrit, kayaknya hidupnya bang Radit seru juga ya ditulis di blog. Kalo gue bikin blog, pasti asik juga kalo nantinya tiap kegiatan yang gue jalani, trus gue tulis, lalu suatu hari nanti bisa gue baca lagi. Kayaknya gue mulai suka sama blog.."

30 Juni adalah hari yang sakral bagi kehidupan blog gue. Karena tepat pada tanggal ini, blog gue genap berumur setahun. Wah, gak nyangka juga bisa curhat di tempat yang bisa betah sampe setahun gini.

Di ulang tahun pertama blog gue, gue mengucapkan terimaksih kepada blog gue. Karena blog, setidaknya gue tau tempat pertama kali buat berkarya lewat tulisan.
Lewat blog, gue bisa nambah teman, di dunia maya maupun dunia nyata. Dan orang-orang yang pernah baca blog gue, kalian semua yang membuat gue semangat nulis. Komentar kalian tentang blog gue mulai dari yang bilang blog gue lucu, gak penting, sampe galau. Semuanya selalu bikin gue semangat nulis, nulis, nulis, dan nulis.

Gue pun sama dengan blogger yang lain, ada saatnya males nulis. Ya, kira-kira bulan Desember 2014 adalah bulan termalas dalam blog gue. Bulan itu, gue cuma menghasilkan 4 tulisan. Emang sih, saat itu gue lagi belajar nulis lebih dari 500 kata, jadinya susah banget mikirin apa yang mau ditulis dalam 500 kata.

Tapi, gue ingat sebuah perkataan saat acara Bulan Bahasa di sekolah gue yang menghadirkan Dara 'Oka' Prayoga sebagai guest star. Katanya, "Yang penting konsisten nulis.." Sebenernya, kalimatnya masih panjang. Selebihnya gue lupa.
Tujuan pertama kali gue bikin blog adalah biar bisa dapat penghasilan. Serius. Gue dulu ngebet banget nyari info adsense, info pasang iklan, sampe info selebriti terhangat. Gue bener-bener nafsu nyari uang lewat blog.

Uang, dengan segala sihirnya, bisa membutakan siapa pun.
Sekitar 4 bulan nge-blog, gue masih dalam pencarian jati diri dan pencarian tujuan "Sebenernya, gue nge-blog buat apa sih?".  Kalau tujuan gue buat nyari uang, kenapa genre tulisan gue adalah personal blog? Kenapa gak buat blog yang sifatnya menjual, seperti blog download game atau video? Mana ada iklan kalau kayak gini terus, batin gue.

Dalam masa pencarian, gue menemukan bacaan yang sangat menampar. Tapi, gue lupa tulisannya gimana. Yang paling gue ingat adalah nge-blog tujuannya buat berbagi, bukan buat yang lain. Maaf, ya. Gue emang lupaan orangnya.

Berkat tulisan itu (yang gue lupa isinya), gue sadar kalau uang bukanlah tujuan dari semuanya. Gue janji sama diri sendiri, kalau gue bakal nge-blog setulus hati. Gue nge-blog buat berbagi, tanpa mengharapkan uang sebagai imbalan.

Setelah gue menerapkan prinsip itu, ada kepuasan tersendiri ketika teman-teman gue baca. Gue-- sebagai orang yang nulis di blog merasa senang kalau teman-teman gue ketawa. Lebih dalam lagi, gue merasa lebih plong kalau abis nulis. Ada sesuatu yang mengganjal dan sukses gue keluarkan. Ya, nge-blog sama boker prinsipnya hampir mirip.

Hal-hal yang bikin minder juga pernah gue alami. Dulu, waktu masih alay (sekarang juga), gue pernah buat post tentang patah hati. Di situ, sama sekali gak ada sensor. Lalu, ada teman gue yang tau kalau gue bikin tulisan yang... hmmm.. najis deh pokoknya. Lalu dia ngebacain di kelas. Kalau diingat lagi, gue nyesel bikin tulisan itu. Akhirnya, gue hapus deh post itu. Bersyukurlah kalian yang sempat baca post nista itu.

Penghambat selanjutnya adalah pertanyaan salah satu teman yang bilang "udah dapet berapa duit dari blog?". Hey bung, hidup gak selamanya bertujuan nyari uang. Begitu pun juga dengan nge-blog. Gak selamanya nge-blog harus menghasilkan uang, tapi yang paling penting adalah kepuasan hati ketika menyelesaikan tulisan, banyak yang baca, terus dikomen "pertamax". Gitu, bung.
Bukan tangan gue, apalagi tangannya De Gea
Sekilas itu aja sih cerita gue setahun. Kalau semuanya diceritain, mending baca semua post gue dari pertama sampai habis, lalu simpulkan sendiri hehehe. Ngetik itu capek tau. *ngomel sama charger laptop*

Yang paling spesial, terima kasih untuk semuanya yang pernah baca blog gue. Tanpa kalian, gue gak akan bisa betah nulis (lebih tepatnya: curhat) sampai setahun lamanya.

Sekarang saatnya, kasih ucapan ke blog gue hehehe. #ngarepabis

Oh iya, 14 hari kemudian yang punya blog ulang tahun juga loh. #LahBodo #GakPeduli #CloseTab.

12 comments:

  1. met ultah blognya rob.. hehhe..

    ReplyDelete
  2. Yeaayyyy..met ultah yak..
    Bwt blognya..
    Hehe..
    Orgnya jg deh..
    Yoyoyo..smangat negblog yak :)

    ReplyDelete
  3. waah, jadi itu perjalanan dan perjuangan untuk bisa nulis di blog, wah bisa banyak belajar nih dari robby :D

    selamat ulang tahunn buat blog nya :D

    ReplyDelete
  4. Selamat ulang tahun blog nya robby :)
    semangaat terus buat ngeblog nyaa :), bisa belajar ngeblog juga nih dari kamu rob :) :D

    ReplyDelete
  5. SELAMAT ULANG TAHUN BLOGNYAAA ROB~ ROOOBBB~ \o/
    Semoga blognya Rob-Rob langgeng sama Robbynya~

    ReplyDelete
  6. Gue juga awal bikin blog juga kepengen dapet duit, tp gak ngerti gimana, tautau gue malah ngisi curhatan di blog._. Wkwk. Tapi emang bnersih, klo abis nulis tuh kayak ada kepuasan trsendiri gtu, apalagi ada yg baca dn komen. Hehee..

    Hahaa, untung gue pas bru bkin blog gak nulis tntang cinta2an, apalagi nyebut nama :p tkut temen gue ada yg baca *padahal mah gak ada* dan yg bagian alay2nya udh gue edit dkit.;)

    Ehiya tuhkan ampe di blog org curhat jg gue. Ckck.. Btw, happy birthday buat blognya!! Katanya umurnya setaun, tp lo bkin dr taun 2013, gue gak ngrti._.
    Ohiyak orangnya juga Habede yaa 13 hri lagi! benerkan? Hehe. Lanjut trs ngeblognya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blogger emang begitu kegiatannya, curhat terus. Gak papa, jiwa bloggernya kuat banget.

      Duh, ketauan deh typo-nya, Malu dehh..

      Hmmm.. makasih atas segala ucapannya :)

      Delete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.