29 May 2015

Persiapan Menjelang Ujian

Halo, temans. Bagaimana dengan kehidupan minggu ini? Masih biasa aja atau ada kemajuan lain.  Misalnya, makan ketoprak lewat kuping atau ngupil pake perut. Sampai saat ini, gue gak bisa melakukan semua hal itu.

Bagi gue, minggu-minggu ini sangat menegangkan karena sebentar lagi gue menghadapi UKK atau Ulangan Kenaikan Kelas. Katanya, UKK adalah penentuan naik atau tidaknya kita ke kelas selanjutnya. Lalu, ulangan harian, ngerjain tugas-tugas dan disetrap di tengah lapangan tiap selesai upacara gak menentukan naik kelas? Tetep menentukan dong. Semua saling melengkapi. Kalau nilai ulangan harian kita rendah, bisa ditolong sama nilai semester. Begitupun sebaliknya.

Gue menyadari kalau ujian semester ini sangatlah penting. Kebetulan minggu ini gue bingung mau nulis apalagi, makanya gue mau ngasih tips (ajaib) persiapan ulangan berdasarkan pengalaman 10 tahun menjadi pelajar.
Sumber: kollshi.com

1. Persiapkan Mental

Jangan takut saat menghadapi wajah pengawas yang bikin tegang dan keringat dingin keluar ngucur deras. Untuk mempersiapkan mental, biasanya gue meningkatkan sedikit adrenalin dengan ngeledek kucing cewek yang lagi PMS. Kalau selamat dari cakaran, kalian hebat dan fantastis.

2. Banyak-banyak ngerjain soal

Ini penting buat orang yang merasa males buat baca materi yang setumpuk dan kadang gak berguna. Maksimalkan semua tugas yang ditemui saat kapanpun. Misalnya, bisa dengan mencoba beli biskuit SLAI AHAI, ituloh biskuit yang ada selainya. Siapa tau ada karyawannya yang salah masukin biskuit malah memasukkan contoh soal. (Coba cek kemasan, apabila ada tulisan dokumen rahasia, kalian beruntung)

Kalau dirasa masih kurang soal yang perlu dipelajari, jangan sekali-kali mengerjakan soal orang lain. Apalagi kalau persoalan rumah tangga presiden Myanmar.

3. Jangan ke Dukun

Dulu, sebelum ada ask.fm, pelajar bakal minta bantuan ke dukun biar dikasih kemudahan saat ulangan dengan berbagai cara. Dengan diberikan pensil yang didoakan, diberi pantangan makan sesuatu, atau dilarang like foto Instagram mantan.  Kalau pelajar sekarang masih ada yang pakai cara itu, itu pelajar payah. Bimbel makin banyak, masih jaman mau ke dukun?? Udah gak jaman coi. Dukun sekarang juga gak terima anak sekolah lagi. Mereka lebih tertarik gosok batu akik daripada ngantor di tempat mistisnya (baca: ngedukun)

4. Jaga Kesehatan

Ini penting menjelang ulangan tiba. Jaga kesehatan banyak caranya. Bisa dengan olahraga. Saat ulangan hari pertama, sebelum berangkat sekolah bisa mencoba olahraga Rugby. Atau olahraga yang lebih ringan, sepertigulat. Bisa dipilih jagoan-jagoan kita, gan, buat tanding gulat.

 Kalo gak kenal dia, bisa coba lawan dia..


Selain olahraga, makanan perlu diperhatikan dalam rangka menjaga kesehatan. Perbanyak makanan hijau. Kalau kalian gak doyan sayur, obat nyamuk bakar bisa jadi alternatif pengganti sayur. Kan yang penting makanan hijau.

Itu hanya sedikit yang bisa gue bagikan. Mudah-mudahan kita semua bisa naik kelas (bagi anak sekolahan) dan bisa naik haji (bagi semua orang). Aamiin.

6 comments:

  1. Intinya rileks ajalah kalo mau ulangan, jangan dibawa beban, gitu..

    ReplyDelete
  2. Kalo nggak doyan sayur dan malah makan obat nyamuk buat alternatif, yg ada masuk RS. Berdoa juga jgn lupa. Semangat, semoga sukses^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm... makanya gak usah diikutin tipsnya. Bahaya juga kan?

      Wih, makasih atas doanya ^^

      Delete
  3. gokil juga itu yak.
    gue baru saja menjalankan uas hari ini dan akan berakhir di hari selasa depan.
    gue udah siap semuanya, kecuali... akuntansi. gue selalu pusing dengan pelajaran ekonomi :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue tau kok apa rasanya menghadapi pelajaran ekonomi karena gue juga bakal ujian ekonomi nanti hari Rabu. Semoga kita sukses ujian ekonomi.

      Delete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.