28 April 2015

Hantunya Pelajar: Datang Terlambat


Ketemu lagi di hari Selasa, itu tandanya ada tulisan rutin bertema di blog gue hadir di tengah-tengah kalian. Eh, di layar deh. Hmmmm...kalau kalian perhatiin sejak tulisan ini mulai ada, opening gue selalu sama. Hampir persis. Gue belum menemukan kombinasi kata yang tepat.

Nah, kayaknya paragraf tadi beda daripada tulisan gue sebelum-sebelumnya.

Judulnya datang terlambat.

Bagi sebagian orang, datang terlambat ke sekolah adalah hal wajar. Sadar gak, kalau keterlambatan itu menandakan seseorang gak displin, dan orang yang gak disiplin paling enak buat dihukum. Biasanya orang yang telat bakal punya alasan biar gak kena hukum.
Alasan orang datang terlambat ke sekolah menurut pengamatan gue:

1. Macet
Alasan yang paling sering dikatakan saat ditanya 'Kenapa telat' adalah macet. Saat itu juga, kita menyalahkan macet dan gak mau introspeksi diri sendiri. Macet itu kondisi yang gak bisa ditolak, tapi bisa diminimalisir. Gimana cara minimalisirnya? Dengan bangun lebih pagi. Eittsss, bangun pagi aja gak cukup, tapi harus berangkat lebih pagi. Walaupun udah bangun jam 4 pagi, kalau diabisin main PS selama 3 jam juga pasti bakal telat. Gitu loh analisis yang gue dapatkan setelah gue telat sekali karena macet.

2. Kesiangan

Ada lagi yang beralasan kesiangan. Gue membuat sebuah hipotesa sederhana, bahwa semakin banyak orang yang telat dengan alasan kesiangan, semakin ramai timeline socmed di malam harinya dan semakin perih hatinya karena sang mantan punya pacar baru. Orang yang punya alasan kesiangan biasanya adalah stalker tingkat dewa. Gue salah satunya.

3. Ada hajatan
Ya..., ini adalah alasan mengada-ada. Mana ada hajatan yang diadain pagi dan di hari sekolah. Orang juga belum gajian, keless. Pengantinnya mau nuntut ilmu dulu, baru deh nuntut kenikmatan. Kenikmatan dari ilmu yang didapat maksudnya.

4. Ban meledak
Ini alasan yang paling bikin prihatin. Tapi ada aja yang pakai alasan ini buat bertindak curang.  Misalnya, ada anak sekolah datang telat. Terus dia beralasan bannya meledak. Padahal jalan kaki. Nah, orang kayak gini yang calon orang jahat. Disumpahin kakinya meledak baru tau rasa lo.

5. Nyasar
Hanya orang bego yang memakai alasan nyasar saat terlambat. Dan lebih begonya lagi saat satpam percaya kalau lu baru aja nyasar. Makanya kalau sekolah jangan di dalam usus 12 jari. Kan repot belok-belok plus jauh jaraknya.

6. Sekolahnya jauh
Kalau nyari sekolah kira-kira yang deket, lah. Lu tinggal di Jakarta, tapi sekolah di Kutoarjo. Ya...., sebaiknya pindah deh. 

Gue inget ada sebuah kalimat yang sering gue liat di sebuah papan mengenai keterlambatan. Mungkin semua orang tau apa isi dari kalimat tersebut.  Papan itu bertulis 'Yang buang sampah disini anjing.' 

Gak nyambung, ya? Nah ini, akibat dari terlambat imunisasi saat kecil. Jangan terlambat, ya, bu, dalam mengimunisasi anaknya. (Asik, pesan moral pelayanan masyarakat).

Kalimat yang sebenarnya adalah 'Saya malu datang terlambat.'. Mungkin sederhana, tapi gue sangat sependapat dengan pembuat kata-kata itu karena pengalaman masa lalu gue yang terlambat imunisasi yang pernah telat. Jadi orang yang telatan itu gak enak deh.

Selama gue SD, peraturan tentang keterlambatan gak begitu terasa efeknya. Di SD gue, kalau misalnya telat paling cuma berurusan dengan pertanyaan ringan dari satpam. Masuk di SMP, peraturan mulai berjalan, tapi masih sedikit renggang. Dan di SMA, baru lah sanksi diberlakukan saat datang telat. Begonya gue, kenapa pas di SMA gue malah sering telat?

Biasanya ketakutan yang sering terjadi pada pelajar terhadap keterlambatan adalah mereka takut kena poin/sanksi dari sekolah. Atau lebih parahnya lagi sampai orangtua dipanggil. Lebih ngerinya lagi, didrop-out karena nyimeng depan kepala sekolah. Wah, gawat deh!

Oh iya, setelah gue pertimbangkan, kayaknya tulisan rutin ini lebih baik dipindah harinya. Hantunya Pelajar bakal pindah jam tayang menjadi hari Sabtu malam. Itung-itung buat hiburan para jomblo yang meratapi sadisnya malam minggu bwehehehehe. (Gak nyadar kalau gue sendiri jomlo hiksss)

8 comments:

  1. lu pernah kesiangan? nanti kalau ditanya alesannya jangan bilang nyasar ya. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gak mungkin lah. Rumah gue ke sekolah jalannya cuma lurus

      Delete
  2. hahaa nyasar??
    alasan terlambat yg paling absurd banget tuh..

    ngakak gue :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, saatnya mencoba ilmu baru nih :D

      Delete
  3. Paling sering sih alasan utamanya adalah MACET!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena macet adalah masalah kita bersama :)

      Delete
  4. kalo aku sih hampir tiap hari telat malahan.
    pas ditanya alasan kenapa telat pasti jawab "bangun kesiangan". padahal bukan itu alasan sebenarnya .haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, berarti langganan kena tegur satpam dong. Harusnya ada alasan yang bervariatif, misalnya nyasar

      Delete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.