19 March 2015

Tentang Orang Typo

Hakoo semia. Ala kavar? Sejat? Ayau lagu galay? Jangam samlai galay yaa, gal bagid galay teris.

(Terjemahan: Haloo semua. Apa kabar? Sehat? Atau lagi galau? Jangan sampai galau yaa, gak bagus galau terus)

Kalian gak salah kalau protes dengan kalimat pertama tadi. Tenang, gue bukan lagi ngomong bahasa Bangladesh, tapi itu typo. Masuk ke bahasan tentang typo.

Wabah social media makin parah, dan aktivitas ngetik pun semakin banyak. Pasti kalau udah asyik ngetik, ada aja rasa pengen ngirim pesan secepetnya, apalagi ke gebetan. Kalau kalian sering melakukan chating, pasti gak asing dengan istilah typo. Ituloh, orang yang suka salah ketik. Walaupun ada orang yang gak terlalu memperhatikan ketikan, tapi gue adalah orang yang suka memperhatikan ketikan. Misalnya, waktu gue chatingan sama gebetan:

Gue: PING!!!
Gebetan: Kenapa?
Gue: Gak papa. Udah makan belum?
Gebetan:Udah, lu sendiri udah makam belum?
Gue: Eh salah tuh, yang bener makan
Gebetan: Oh iya, hehehe sorry typo
Gue: Iya gak papa.
Gebetan: i love you
Gue: Ada angin apa lu bilang begitu ke gue. Serius?
Gebetan: Sorry typo.
Gue: BANGSYAAATT

Rasanya, nyuuussss banget. Akhirnya gue lari dan pentokin kepala ke spion motro eh motor maksudnya. Maklum, lagi typo

Karena typo juga, gue hampir bisa merubah jenis kelamin dari nama gue. Saat gue ngetik nama gue, yang harusnya 'Robby Haryanto' jadi 'Robby Haryanti'. Jahat sekali typo effect ini.

Biasanya, kalau anak muda yang suka malu-malu tapi udah punya pacar, chattingan adalah cara efektif buat pacaran. Gue akan membuat kisah rekayasa yang mungkin bisa saja terjadi. Mungkin hanya orang yang makan kristal karambol terlalu banyak yang bisa melakukan ini.

Dikisahkan ada seorang muda-mudi berpacaran lewat chatting. Si cowok suka banget ngeluarin kata-kata manis. Karena si cowok orangnya puitis, dia berniat ngegombalin ceweknya. Entah karena nafsu dan terbiri-biri ngetoknya, jadinya si cowok malah typo. Tuhkan, gue typo. Maksudnya, terburu-buru ngetiknya.

Kira-kira begini gombalan dari si cowok:

'Kau sangat cantil malam ini. Ketiak kau menawan hatiku, aku tak mau lepas darimu'.

(Terjemahan: Kau sangat cantik malam ini. Ketika kau menawan hatiku, aku tak mau lepas darimu)

Si cewek illfeel karena cowoknya ngomongin ketiak (baca: ketek), langsung aja cewek ngambek marah-marah. 'WOI, APAAN TUH MAKSUDNYA NGOMONGIN KETEK.'

'Eh, salah. Bukan maksud aku ngomongin ketek kamu, itu typo.'
'Aaaah alesan aja. Jangan-jangan, kamu pacaran sama aku cuma ngarep ketek dari aku??! Huuuh, kamu doang cowok yang doyan ketek! Yang lain doyan makan kristal karambol.

Karena si cowok merasa bersalah, maka si cowok minta maaf ke ceweknya. Tapi karena saking bernafsunya mau minta maaf, si cowok jadi typo lagi.

'Oeek oeek, aku gak mau ketek kamu. Aku cuma mau kamu, bukan ketek kamu. Ikeh?' 
(Terjemah: Okee okee, aku gak mau ketek kamu. Aku cuma mau kamu, bukan ketek kamu. Okeh?)

'KOK JADI HENTAII GITU. KAMU JAHAATTT :"

Ya ampuun, typo lagi. Maklumi aku ya. Beneran deh aku buru-buru banget.
'MAKANYA KALO NGETIK JANGAN SAMBIL JOGGING'
'Hehehe, iya deh. Maaf ya. Kamu tau gak, aku minggu depan ulang tahun lhoo'
'Iyaa aku tauuu itu. Kamu ngomong itu tiap hari.'

Karena terlalu senang udah dimaafkan, si cowok jadi typo lagi. 

Hehehe bagus deh kalo inget. Besok kalo aku punya udang, nanti aku traktor deh'

(Terjemahan: Besok kalo aku punya uang, nanti aku traktir deh)

WEEEYYY, JANGAN MACEM-MACEM LO!!! Seenaknya mau traktor gue!
'TRAKTIR MAKSUDNYAAAA'

Pesan moral yang didapat dari tulisan gue kali ini adalah Untuk menghindari typo yang lebih parah, jangan makan kristal karambol terlalu banyak. 

42 comments:

  1. typo itu bahasa apa? haha maaf nanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih bahasa Inggris. Yang jelas bukan bahasa Bangladesh

      Delete
    2. Halooo, Kak! Yuk, ikutan Lomba Blog "Terios 7 Wonders, Borneo Wild Adventure".
      Tiga blogger terbaik akan diajak menjelajah Kalimantan dan berkesempatan mendapatkan grand prize, Macbook Pro.
      Info selengkapnya: http://log.viva.co.id/terios7wonders2015

      Jangan sampai ketinggalan, ya!

      Delete
  2. Ngakak deh bacanya, masa iya nulis ketika jadi ketiak. Emang typo itu ganggu banget dan menjadi sering pas pakek hp tochskrin jadi tambah sering deh typonya.

    Pernah sih pas komen ke blog orang tanya tahun lahir yang harusnya 1997 malah typo 1977, jauh banget kan bedanya. Ada juga pernah baca typo orang lain yang mau nulis tau jadi tai, nulis kata tiket i nya diganti o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh, emang ganggu banget penyakit typo. Tapi kadang lucu juga sih liatnya hahaha

      Ituuuu,.... ah sudahlah jangan ditambahkan :')

      Delete
  3. Wah, typo-nya parah banget! Bisa ya, typo-nya 'I Love You', hebat banget! haha...

    ReplyDelete
  4. waaaakkk ciyus ini bikin ketawa siang siang
    aku juga sering banget typo, apalagi klo ngetiknya lewat tab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh mbak, jangan ketawa siang-siang, mbak. Bisa diomongin tetangga tuh :D

      Karena qwerty lagi ya pasti? Hampir semua orang typo karena papan keyboard qwerty

      Delete
  5. hahaa.. ngakak gue =D
    memang bener-bener ya efek typo itu PARAH PAKE BANGET
    wkwkwk

    ReplyDelete
  6. wkwkwkwk
    bisa gitu yaa??
    tapi emang sih penyakit typo itu susah diilangin XD

    btw, emang ada hubungannya ya typo sama makan krystal karambol terlalu banyak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Typo itu manusiawi, mbak. Jadi gak usah merasa gimana-gimana.

      Itu sama sekali gak ada hubungannya, jangan salah mengartikan hahaha

      Delete
  7. ;D bikn ktawa liat ceritanya
    aku jg serng salah tulis tuh, tp untungnya yg nerima sms ngerti mksudnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yang nerima sms macam saya, pasti saya kata-katain dah :D

      Delete
  8. Hahahamfret banget bahas soal typo, rob. Keren2. Gue juga gak ngira ketiak lu bau. (Baca ketika, karen typo) :D

    Soal typo ini, emang sering banget terjadi, selain qwerty itu rapet banget, makanya banyak yang jadi typo tak bermartabat. *Sok bener aja...

    Semoga typo bisa hilang, meskipun sulit. Karena, typo itu manusiawi. Tapi, kalo sampe seperti ilustrasi cerita lu di atas, gue gak akan typo deh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi iseng aja nih bang, gak ada bahasan hahaha

      Tapi karena qwerty makanya jadi menghasilkan kata-kata baru yang ajaib :D

      Semoga bisa mengurangi risiko typo dalam ketik-mengetik :'D

      Delete
  9. itu yang typo "i love you" udah masuk kedalam typo stadium akhir tuh hahaha
    gue juga sering typo,sampe waktu pertama kali gue gak tau itu typo itu apaan,gue sampe nanyain balik typo itu apa.

    ReplyDelete
  10. Typo emang kampret!! Dari typo aja bisa jadi masalah. Apalagi buat yang pacaran kemudian pas ceweknya PMS. Udah pasti bakalan terjadi perang dunia ke-3 setelah negara api menyerang. Hahahahaha. Terus itu ngapain kok cowoknya pakek acara bilang kalau mau ultah, ngarep banget dapet hadiah keknya. Bahahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha itu lah efek berat dari typo.

      Makanya jangan sekali2 typo ke pacar yang lagi PMS. Bahaya deh

      Delete
  11. gue paling sering typo pas pake hp touchsrceen, typo yang paling gak enak itu typo kata tapi, terus p nya gak ke pencet. jadi salah paham dah yang baca -,-

    a: eh katanya si a pacaran sama sule ya?
    b: bukan tai, dia tuh pacarannya sama si andre!
    a: biasa aja dong ngebalesnya gak usah kaya gitu juga!
    b: maaf, maksudku,,
    a: delcon.

    dan ya hanya penyesalan yang ada :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi-lagi typo memakan korban :(

      Semakin serem korban typo, satu per satu berjatuhan

      Delete
  12. Gue yang paling sering Rob. Entah, mungkin passion gue itu typo kali ya Rob.

    "Typo is my Life" ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaa iya lu sering banget ziz. Tapi gak sampe parah banget kan typonya?

      Delete
  13. Bangcaaat!!!! Kenapa ada ikeh?? Hahahaha.... X))

    ReplyDelete
  14. Ikeh Ikeh Ikeh bang... Gue maafin... Lanjut yok bang...

    ReplyDelete
  15. Hahaha... typo itu efeknya melebar. Bisa menyebalkan dan lucu juga sih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, jangan sampe nantinya ada peperangan karena typo :D

      Delete
  16. Sehebat apa pun setiap orang, pasti kalo ngetik pernah typo. Pasti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiii, typo tak mengenal siapapun orangnya

      Delete
  17. Hahaha soal typo selalu inget ngetik "tiket" jadi "toke... ahsudalah..
    emang soal typo ini bahaya banget, gue ga bisa ngebayangin kalo seorang presiden misalnya Pa SBY (yang sering ngetwit) typo ngomongin masalah negara :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, gue paham maksudnya. Maksudnya tokek kan? Eh iya, huruf T sama K kan beda jauh. Yaudah lah, itu bahaya

      Hmmmm... jangan Pak SBY dong. Mantan presiden RI tuh. Kan jadinya gue inget mantan :(

      Delete
  18. Gue dulunya typo sih, pas gue masih alay tepatnya :D

    ReplyDelete
  19. Mungkin itu anak kebanyakan makan micin hahaha jadi ya gitu suka typo nya kebangetan hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.