Hantunya Pelajar: Ulangan

Hai semua pembaca yang baik hatinya. Baik hatinya, jelek nasibnya. Maaf, jangan emosi, jangan diambil hati, karena kita disini mau hepi-hepi. Weeerrr


Untuk post kali ini, gua mau mengucapkan turut berduka cita pada nilai ulangan seni budaya gua yang gagal tembus KKM. Rencananya, gua mau tabur bunga diatas kertas hasil ulangan yang udah dibagikan kemarin, tapi gua urungkan karena bunga yang mau gua tabur sebenarnya adalah bunga tidur.

Berbicara masalah ulangan, pastinya gak lepas dari yang namanya panik untuk mereka yang merasa belum siap. Biasanya mereka yang belum siap bakal mohon guling-guling ke guru buat nunda ulangannya. Untung ujian nasional itu gak dibikin sama guru, kalo guru yang bikin bisa aja ditunda. Seandainya ada kayak gitu, berapa banyak bulir air mata yang siswa keluarkan demi mengemis minta penundaan. Jangan sampai itu terjadi.

Tapi kalau lagi musim ulangan gini, pelajar langsung berperilaku lebih aneh dari hari biasa. Contohnya gua. Gua seminggu biasanya gak pernah baca buku, sekarang jadi rajin baca buku, seminggu sekali. Kalo biasanya gua sering begadang buat nonton tv, sekarang gua bisa nonton tv sampe jam 12 malem. Kayaknya sama aja deh. Payah lah, biskuit TOGO

Kalau lagi menghadapi masa-masa sulit dalam sekolah (baca: ulangan) biasanya juga cara belajar teman pelajar bakal lebih keren lagi. Kalau biasanya dikenal 'Sistem Kebut Semalam', yang biasa digunakan oleh pelajar instan demi mendapat nilai mencapai KKM. Menurut gua, cara ini SELALU SALAH. Apapun yang dikerjakan instan gak akan bagus hasilnya, kecuali download film. Karena pasti gak akan terasa feel belajarnya.

Biasanya juga, kalau lagi ulangan bakal ada pelajar yang merasa buntu buat milih jawaban, mereka akan melakukan 'Tang-ting-tung'. Mereka yang masih menganggap cara sakral ini sebagai alternatif, pasti langsung percaya. Gua sih gak ada masalah dengan orang yang pake cara ini, tapi aneh aja gitu. Bayangin, waktu gua UN SMP dulu, ada seorang temen yang pake cara ini.

'Tadi lu ngapain gelindingin penghapus waktu ngerjain soal' tanya gua ke temen gua selesai ngerjain soal UN

'Oh, itu. Gua lagi nyari jawaban' jawab dia dengan nada ringan

'Gak normal, lu. Mana bisa dapet jawaban dari penghapus. Gila lu' gua keheranan sambil emosi

'Abisnya, gua udah buntu banget nih'

'Lu pasti gak belajar deh. Bego amat sih, lu'

'Bodo amat lah'

'Dasar bego. Besok gua bagi jawaban ya, kayaknya ampuh tuh'.

'YEEE PAYAH LU, biskuit TOGO' temen gua pergi sambil ngomong begitu. Gua ditinggal.

Ketika orang yang masih percaya dukun dipersatukan, begitulah jadinya

Gua gak bisa membayangkan, sekolah lu yang selama 3 tahun berjuang berangkat sekolah hujan, panas, nginjek tai kucing, sampe ketiduran kelindes angkot, cuma ditentukan oleh sepotong karet hitam yang biasanya disebut penghapus.

Itu baru tang-ting-tung pake penghapus, ada lagi yang tang-ting-tung sambil membaca ayat lalu memilih jawaban dimana ayat itu berhenti dibacakan. Makin absurd aja pelajar Indonesia, dan gua ikut-ikutan lagi. Disitu kadang saya merasa kafir.
  
Ulangan yang paling sulit buat pake jurus tang-ting-tung adalah ulangan matematika. Ini jelas susah karena matematika adalah ilmu pasti dan aneh kalau ditebak-tebak. Sesungguhnya, kalau kalian mengerjakan soal matematika dengan cara tang-ting-tung, kalian telah melupakan esensi dari matematika itu sendiri. Walau sering terjadi pada gua dalam keadaan terjepit.

Ngomongin ulangan, gua besok udah mulai ulangan tengah semester (UTS). Emang agak nanggung dan gak kayak biasanya. Baru kali ini selama gua sekolah, UTS dimulai hari Rabu. Ya, mau dimulai hari apapun itu, semoga aja nilai gua bisa bagus daripada UTS semester ganjil. Aamiin.
Kalo ada yang kepo jadwal UTS gua, bisa lihat gambar dibawah ini. Tulisan tangan gua tuh


Kalau gambar di bawah ini, perlengkapan buat ulangan. Lumayan lah, buat pamer ke tetangga.

Biar gua jelaskan satu per satu yang ada di gambar dan arti dari masing-masing benda.

Papan jalan warna hijau stabilo dengan stiker Prabowo (yang dikasih tetangga) di sisi kiri atas menggambarkan semangat yang tak kunjung padam. (iya, gua juga asal tulis aja). Di bagian belakang, sebenarnya ada stiker juga, yaitu stiker mekarsari. Boleh dikasih juga stikernya
Nomor/Kartu peserta memiliki makna yang sangat penting. Itu adalah salah satu syarat untuk diperbolehkannya ikut ujian, kalau gak mau dibilang joki ujian, apalagi joki tri in wan. Selain itu, nomor ini memiliki arti sebagai pembeda dari peserta ujian yang lain. Semua orang tau itu. Oke, lanjut
Pensil 2B diyakini sebagai sebatang kayu ajaib, karena bisa menentukan nasib seseorang. Lewat benda ini, jawaban yang kita pilih bisa ditulis di kertas LJK.
Penghapus hitam memiliki arti yang sangat mendalam. Hitam tak selamanya kotor. Karena walaupun hitam, dirinya bisa membersihkan yang kotor. Dia rela menjadi hitam demi kertas agar tetap terlihat putih bersih.
Penggaris ujian kadang disepelekan, tapi dia memang tidak terlalu penting dalam ujian. Tapi bagi gua, penggaris ini sangat penting untuk berkolaborasi dengan pensil dalam menuliskan di kertas LJK.
Serutan, HAH! kadang dia sering dilupakan siswa karena perannya yang terkesan "berat-beratin" dan lebih baik pinjam ke teman. Emang sih, gua juga sering ngeras gitu.
Kertas kosong. Jangan sepelekan namanya. Walaupun kosong, disitulah contekan sebenarnya disembunyikan.

Kira-kira begitulah penjelasan ulangan dari kacamata gua (walaupun gua gak berkacamata). Intinya, jangan takut dengan ulangan. (Oke, gua mencoba menghibur diri). Doakan gua semoga nilai UTS genap ini bagus. Aamiin.

Bagi yang punya saran kegelisahan selama pengalaman jadi pelajar, bisa kirim ke kontak gua. Siapa tau bisa bikin ide baru lagi. Kritik dan sarann sangat dibutuhkan untuk membuat gua lebih baik lagi. Oke cukup sekian, CIAO!





34 komentar:

  1. Bukannya UTS mah cuma Ujian Tidak Serius. Ngapain cape-cape belajar apalagi begadang buat SKS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada rapor bayangan bro. Serem kalo gak tuntas :(

      Delete
  2. Kalo bagi mahasiswa, hantunya itu skripsi haha

    ReplyDelete
  3. Kalo gue mah, ulangan bukan jadi hantu. Malah suka banget, soalnya jam pulangnya jadi cepet. xD

    ReplyDelete
  4. jadi inget duluuu pas ulangan ada temen yang nanyain jawaban ulangan sampe sepuluh nomor xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu nanya jawaban apa ngajak ribut? Sampe 10 nomor gitu hahaha

      Delete
  5. Kita seperjuangan, minggu ini minggu ujian. Yang kelas 3 tryout/ujian sekolah, yang kelas 2 sama 1 uts.

    Terus gimana nilai temenmu yg gelindingin hapus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi lah. Harus kuat!

      Nilainya, aduh lupa deh. Lagi kelas 9 itu

      Delete
  6. Gak usah takut sama ulangan rob. Karena ulangan itukan mengulang. Artinya, lu dibuat mikir tentang masa lalu.

    Mudahkan, tapi ingat. Mantan masa lalu jangan diinget lagi, entar di lembara jawaban kertas paling pojok belah bawah kiri ada nama mantan lagi. :D

    Semoga nilainya bagus, ya rob. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, gua orangnya cepet lupa. Mana bisa nginget :(

      Aamiin. Terimakasih doanya :)

      Delete
  7. wkwk "tang-ting-tung", bener banget tuh! Itu adalah jurus pamungkas pelajar dalam menjalani ulangan. Tapi tentunya ulangannya harus pilihan ganda, nggak berlaku kalau ussai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, semua pelajar yang pikirannya buntu bakal 'mengiyakan' jurus itu :D

      Ya, mustahil aja soal essay pake jurus itu hahaha

      Delete
  8. waahh, lagi ulangan nih. emang kebanyakan pelajar jaman sekarang pake metode kayak gitu sih, kalo ulangan masih lama yaa masih santai, tapi kalo ulangan sudah deket banget, langsung sistemnya kebut-kebutan buat belajar.

    tenang bro, gue juga dulu pernah gitu kok. malah gue dulu bukan make baca ayat, tapi nyanyi lirik lagu. begitu lirik lagu berhenti, itulah jawaban yang akan gue pilih. dan hasilnya terbukti ampuh banget. lo harus coba metode gue yang satu ini. dan pesan gue cuman satu sih, kalo ulangan lo ancur, jangan salahin metode gue, apalagi salahin gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeaaaahh, gua banget tuh! Giliran hari- H langsung pala negbul :D

      Hah, ini lagi tambah aneh tipsnya. Buat adik-adik yang baca komentar Maz Reyza Zamzamy, mohon tidak meniru/mempraktekkan sarannya

      Delete
  9. Gue sih gak pernah pake tang ting tung segala, kalau gak bisa langsung aja nyontek *menyesatkan*

    Papan jawaban gue juga belakangnya kadang di tulisin kisi-kisi ulangan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajaran yang tidak menyehatkan :(

      Wah, ini baru gak tanggung-tnaggung :D

      Delete
  10. wkwk gue jadi inget dulu pas masih sekolah, itu dulu ujian matematika gue tangtingtung nembaknya menurut nama, misalnya Dimaz Risen D(A) I(B) M(C) A(D) Z(E) R(A) I(B) S(C) E(D) N(E) yap gue jawaban gue E haha.. kadang dibolak balik aja, atau alternatif bisa pakai nama pacar, gebetan, atau mantan wkwk.. btw semangat UTSnya semoga hasilnya memuaskan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada cara lain ternyata. Untung cuma nama-nama orang, bukan nama bintang atau buah. Nanti jadinya malah main ABC lima dasar :D

      Aamiin. Makasih semangatnya :)

      Delete
  11. Ulangan serem banget emang, dan SKS itu yang sering aku terapin. Hahahaha.
    Serem lagi aku bro, udah mau ujian :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sampai pas menghadapi ujian kehidupan pake SKS juga :D

      Delete
  12. Waaahhh aku lupa rasanya uts pake ljk gitu hahaha. Kuliahan biasanya uts essay. kalo aku sih. Tapi mau gimanapun bentuk sooalnya, jalanin aja dulu. Kayak cewek yang bingung mau jawab apa kalo ditenbak. Iya si "jalanin aja dulu" emang ampuh buat uts. Tapi hati*hati juga sih, kalo dapet nilai jelek jangan protes. Haha.

    Well, itu niat banget ya alat-alat buat ujian dijelasin satu-satu. Tapi dari semua penjelasan, aku paling suka sama penghapus. Meskipun kecil, tapi dia bermakna banget. Udah gitu rela berkorban pula. Kalo dia cowok........

    ReplyDelete
  13. Waduh, kuliah soalnya essay ya? Jadi takut :(

    Kalau dia cowok pasti jadi cowok perfect di mata cewek hehehe

    ReplyDelete
  14. Ulangan emang kadang bisa bikin jantung yang tadinya berdetak elegan, jadi blingsatan.. jaman dulu sebellum mulai ulangan sih biasanya gue belajar. menyusun strategi ngadepin ulangan,, dan bakal kentut lemes kalo yang ngejaga ulangan guru yang killer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau yang jadi pengawas itu adalah kenangan buruk masa lalu. Itu serem banget :(

      Delete
  15. semoga hasil ulangannya bagus ya,,udah ulangan mah nikmati aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih doanya. Apapun buruknya ulangan, pasti dinikmati hahaha

      Delete
  16. ulangan emang bikin gedek. mesti belajar ini itu. tapi kalo gak ada ulangan, nggak mungkin kita tahu sepaham apa kita sama pelajarannya.

    saran dari gue sih mending jangan terlalu serius, toh itu cuman uts, dibawa santai ajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalo ulangannya mendadak, itu paling gak enak.

      Saran diterima, tapi agak serem juga sih

      Delete
  17. Untung yang lu taburin bukan bunga pasir by :D Kalo lagi musim ulangan itu rasanya pengen cepet cepet selesai -_- Biar lega :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget dengan kata terakhirnya. Ulangan itu kadang bikin hidung mampet

      Delete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.