17 February 2015

Hantunya Pelajar: Pelajaran Biologi


Halloooo semuaaaa, balik lagi bersama Robby, si pelajar yang jarang ngerjain pr. Kalo masalah pr, gua paling males sama yang namanya pr merangkum. Biasanya, pr yang tugasnya merangkum adalah pelajaran biologi. Itu yang sering gua rasakan selama hampir 7 bulan ini. Gua sih seneng-seneng aja buat dikasih tugas ngerangkum. Ya, cuma pegelnya itu. Kayak abis melintir pala orang sampe putus

Setelah minggu kemarin gua membuat tulisan Hantunya Pelajar yang pertama, banyak yang memberi respon di kolom komentar. Dari banyaknya respon itu, gua menangkap sebuah komentar yang membuat gua kepikiran buat nulis ini.

Terimakasih untuk kak Melissa Nath

Dari komentar itu, tertulis sebuah nama mata pelajaran yang sering jadi momok menakutkan bagi gua, gak tau deh yang lain. Yaitu bernama Biologi. Sebelum melanjutkan bahasan ini, gua mau memberikan ucapan terimakasih dahulu kepada orang yang memungkinkan gua buat menulis ini. Pertama, gua mau ngucapin terimakasih buat pemberi komentar. Kedua, terimakasih juga buat guru biologi gua yang telah menunda ulangan dan menambah panik suasana hidup gua. Tanpa kalian, gua gak dapat keresahan ini.

Dalam rangka menjelang hari-hari keras (baca: Ulangan tengah semester), akhir-akhir ini gua jadi sering baca buku resep makanan. Buku yang paling sering gua baca adalah buku pelajaran biologi, yang katanya susah banget buat dihafal. Emang sih, buat menghafal materi pelajaran biologi itu sulit. Jangankan buat menghafal, kadang pengucapan aja susah. Bikin mulut jadi berbusa.

Kalo udah masuk minggu-minggu ulangan kayak begini, khususnya pelajaran biologi, pelajar bakal melakukan kesibukan sendiri. Pertama, mereka bakal sibuk meningkatkan ibadah. Kedua, mereka bakal banyak menghafal istilah latin biologi. Saking giatnya, kemanapun mereka pergi, pasti bakal menyebutkan istilah-istilah latin. Yang lebih sadisnya lagi adalah mereka bisa tidur mengigau dengan menyebutkan klasifikasi virus dan bakteri secara rinci.

Untuk pelajar yang sering atau suka main ejek-ejekan, mereka bakal mengganti ejekan mereka dengan nama latin dari makhluk hidup. Semisal, Candida albicans, yang merupakan jamur penyebab penyakit keputihan.

Ada lagi seorang teman gua yang membuat banyolan seperti ini

Cemen lu. Masa kalah sama Cycas rumphii (Pakis haji). Pakis aja udah haji, masa lu umroh aja belum?

Banyak cara menuju kesuksesan. Demi mendapat nilai bagus di ulangan biologi, mereka membuat ejekan dari nama latin makhluk hidup. Kreatif!

Yang namanya mau bisa biologi, pasti harus banyak baca dan menghafal. Itulah yang guru gua katakan. Itulah sebabnya, teman-teman gua rajin menghafal istilah latin semalam sebelum pelajaran biologi. Bukan karena mereka rajin, melainkan karena keeesokan harinya guru gua bakal menanyakan apa yang sudah mereka pelajari seminggu sebelumnya. Dan guru biologi gua punya peraturan, dimana peraturan tersebut berbunyi

Kalau yang gak bisa jawab, silahkan keluar kelas

Itu yang bikin panik, takut, dan gelisah saat pelajaran biologi. Masalahnya, keluar kelas, men! Malunya gak bisa ditahan. Kalo orang yang gak mikir sekolah, dapet hukuman begitu malah seneng. Bahkan, dia bakal bilang 'Boleh saya ambil tas sekalian gak, Bu?

Walaupun kadang belajar biologi kadang bikin kita garuk kepala pake papan tulis, ada juga bagian dimana belajar biologi sangaaat mengasyikkan. Masih ingat saat kalian SMP? Pasti pernah mempelajari yang namanya sistem reproduksi hahaha. Biasanya cowok-cowok yang paling antusias dengan materi ini. Karena cowok-cowok pasti minta praktek pelajaran itu ke guru, walaupun sama temen cowoknya sendiri. Yang cewek sih jijik gimana gitu tiap ada materi reproduksi. Ada yang tutup mata, tutup jendela, tutup pintu, masuk kamar.... waaahh jangan sampai kejadian.

Sebenernya, kita gak perlu takut sama pelajaran yang mengandalkan ingatan yang kuat, seperti biologi. Kuncinya cuma harus sering baca, itu pendapat guru gua sih, gak tau menurut pendapat Mas Dhani. Kalo aku sih.... YES!

Kalau minggu kemarin gua bikin pantun yang mungkin sulit dimengerti, sekarang gua akan membuat pantun yang mudah dipahami

Beli sisir ke Rumania
Pulangnya ketemu Ahmad Dhani
Buruan...... minta fotoooo~
  

19 comments:

  1. well made.. jujur, gua pas SMA, juga takut banget kok sama pelajaran biologi, tapi sekarang malah di kedokteran..tapi, setelah gua sadari, gua ternyata krg suka ama biologi yang tumbuhan ama hewan.. yng manusia suka..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiih, asik nih. Nyontoh ah, siapa tau bisa jadi dokter juga :D

      Delete
  2. memang ni rob, biologi kampret kalau udah bahasa-bahasa latin. seumur-umur bahasa latin biologi, gue cuma tau varanus komodensis. hahaha, untung gue bukan anak ipa. yessss! pantun yang sangat indah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mending pake bahasa latin sih. Daripada pake bahasa Rumania. Makin bingung :D

      Ah, enak banget lu gak ngerasain biologi. Curang :(

      Delete
  3. Kalo diliat dari alasannya, kayaknya kebanyakan bukan benci pelajarannya tapi takut dihukum guru dan diledek orang lain. :( Itu... emang ahmad dhaninya mau? xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih sebenernya gitu :(
      Itu juga yang bikin jadi benci

      Pasti mau dong, kan dibayar :D

      Delete
  4. biologi adalah pelajaran favorit gue, apalagi pas bab sistem reproduksi XD ahaha IYKWIM

    ReplyDelete
  5. Kalo menurut gue sih, pelajaran yang paling kampret itu Matematika Rob.

    ReplyDelete
  6. Biologi masih lebih kampret daripada matematika

    ReplyDelete
  7. untung gw masuk smk, pelajaran biologi kagak ada, tp masih ada temennya biologi yaitu mateMATIka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi mateMATIka lebih sadis dari biologi :)

      Delete
  8. Hahahha iya ngapalin nama-nama latin tanaman tuh bikin berbuih. Hiiiihhh. >.<

    Metode menghapalnya kreatif banget! XD

    APAAN?! ITU PANTUNNYA MASIH NGGAK NGERTI. SULIT DIPAHAMI. :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah bacanya :(

      Karena kami orang Indonesia, suka main kata-kataan :D

      Aduh, masih susah juga. Aku gagal :(

      Delete
  9. Kok bisa gasuka biologi? Padahal dari semua pelajaran IPA gue rasa itu paling mudah deh ngafal-ngafal doang sama nulis. :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih paling gampang, cuma capek hati :(

      Delete
  10. Kalo hantunya pelajar smk apa by kan gak ada biologi :D Gua pernah baca materi biologi kls 10 di laptop guru gua daannn isinya nama latin semua -,- Bacanya itu loh yang bikin tenggorokan gatel -,- Kalo gua sih pelajaran yang menakutkan itu pkn. Sebenernya faktor gurunya sih, bukan pelajarannya. Mtk juga deeenggg >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hantunya anak smk mungkin pkl :D

      Makanya, harus banyak ngapal deh tuh nama2 latin. Pkn aja takut, padahal cuma gitu doang hahaha ngapalin pasal

      Delete
  11. Dulu pas SMA saya juga takut sma pelajaran biologi, malahan paling nggk suka belajar biologi, tapi seiring berjalannya waktu, saya jadi tau belajar biologi sangat bermanfaat bagi kehidupan kita, nah setelah saya lulus dari sMA saya justru memjlih jurusan biologi di salah satu perguruan tinggi , nah cita cita saya sekarang adalah menjadi guru biologi , so buat adek2 sekalian Belajar biologi itu tidak lah menakutkan melainkan akan memberi banyak manfaat untuk kehidupan kita seharj2

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.