Hantunya Pelajar: Pelajaran Bahasa Inggris


Masuk ke minggu pertama terbitnya rubrik yang berjudul 'Hantunya Pelajar'. Jadi, buat kalian yang nebak-nebak bakal kayak apa isi dari rubriknya, gua kasih tau nih. Sedikit basa-basi aja, pasti kalian yang membaca ini bisa membaca (iyalaah). Pasti selama kalian hidup, kalian pernah sekolah, minimal SD. Bener, kan? Selama sekolah juga pasti pernah ada yang namanya hal-hal yang bikin takut, gelisah, panik, bikin pipis dicelana. Pokoknya yang nyeremin deh. Nah, semua yang menyeramkan, yang bikin takut, gelisah, panik dan pipis dicelana ini, bakal gua kupas dengan gaya tulisan khas dari gua, dengan sentuhan pengalaman pribadi tentunya. Jadi buat kalian yang punya anggapan kalo #HantunyaPelajar adalah sebuah tulisan yang menceritakan seorang pelajar yang merangkap sebagai hantu di pasar malam, itu salah.

 ***

Oke, di kesempatan pertama gua bakal membahas sebuah ketakutan yang paling sering gua alami, yaitu bahasa Inggris. Sebenernya, ini bukan sebuah ketakutan, tapi kepanikan.

Semua orang gak bisa ngebantah kalo bahasa Inggris penting banget di dunia, apalagi dunia lain, eh dunia kerja maksudnya. Makanya, banyak cara orang buat belajar bahasa Inggris. Dari mulai yang 'sok-sokan' sampe yang ekstrim cara belajarnya.
Orang yang 'sok-sokan' adalah orang yang menganggap dirinya benar, padahal SALAH. Contoh mudahnya adalah, gua sendiri. Gua lebih suka ngomong bahasa Inggris dengan 'se-jeplaknya'. Karena itu sudah tertanam sejak gua SD. Guru bahasa Inggris di SD pernah bilang ke gua 'Kalo mau bisa bahasa Inggris, harus berani dulu buat ngomong'. Setelah gua SMA, gua gak bisa menerapkan itu karena setelah gua tau, kalo bahasa Inggris punya aturan yang sulit.
Bayangin aja, gua gak pernah bisa ngebedain apa itu Past Tense, Simple Past Tense, Present Perfect Tense, macem-macem lah. Belum lagi, kosakata yang sedikit gua kuasai membuat gua terlihat 'cemen' saat nanya arti ke seorang temen.

'Eh, artinya huge itu apa, ya?'gua nanya ke salah satu temen yang lagi main handphone

'Huge itu artinya besar'

'Tapi, big juga artinya besar' gua ngeyel dengan jawaban ini

'Iya emang'

'Terus gimana dong? mana yang bener nih, huge apa big yang artinya besar'

'Dua-duanya bisa, cuma beda tingkatannya'

'Gak bisa dua-duanya dong,' kata gua makin ngeyel. lalu gua melanjutkan dengan jawaban aneh. 'Gak adil nih namanya.'

'MENDING PALA LU GUE BOM, DAH. BERISIK BANGET!!

Belajar bahasa Inggris selain dengan cara 'sok-sokan', ada lagi yang dinamakan cara ekstrim. Cara ekstrim disini bukan seperti yang kalian bayangkan. Bukan dengan cara merangkak diatas satu tali diantara dua tebing dan dibawahnya sudah siap ribuan singa berkumpul, bukan gitu. Tapi, cara ekstrim dengan main game. Saran ini diberikan oleh salah satu teman bernama Oky. (Tuh, coi, nama lu gua tulis di blog gua nih. Besok jajanin gua yah hahaha)

Oky bilang, 'kalo lu mau bisa belajar bahasa Inggris, lu harus RAJIN MAIN GAME'. Ya kali, masa gua udah SMA gini disuruh rajin main game. Yang ada gua malah pingsan dengan kondisi tangan membengkak karena seharian mencetin stik ps/layar hape.

Sebenernya, semua orang suka dan pengen banget bisa bahasa Inggris. Awalnya udah antusias buat belajar bahasa Inggris, tapi dengan sekejap bisa jadi benci. Kadang murid cuma ngangguk-ngangguk sok ngerti, dan cuma bisa jawab 'Yes' atau 'No'. Paling ada sedikit variasi, yaitu 'Understand'. Mirip kuis Deal or No Deal kalo gini jadinya.

Banyak yang suka, tapi banyak juga yang benci. Dimana masalah dari ini semua? Di guru? Bukan. Di murid? Bukan juga. Masalahnya di bahasa yang dipakai saat belajar. Guru bahasa Inggris gak selamanya salah kalo dia pake bahasa Inggris, namanya juga guru bahasa Inggris. Kita jadi murid paling cuma nurut aja apa yang diomong sama gurunya. Syukur kalo ngerti, kalo gak ngerti cuma bisa panik.

Biasanya, kepanikan itu terjadi saat kita disuruh buat mengulangi penjelasan yang sudah dijelaskan guru. Bagi orang yang gak ngerti (kayak gua), cuma ada dua pilihan, tetep tenang dan jangan sok-sokan. Tetep tenang, artinya gak usah panik sampe mimisan gara-gara bingung mau ngomong apa. Jangan sok-sokan, artinya jangan ngomong kayak bule-bule yang ada di film tengah malam.

Tapi entah kenapa, segalak-galaknya guru bahasa Inggris, pasti ketutup sama cantik/ganteng. Serius. Selama gua ketemu sama guru bahasa Inggris, pasti mereka ganteng/cantik, sekalipun mereka marah sejadi-jadinya. Entah, setelah gua tau kalo jadi guru bahasa Inggris bisa nambah kegantengan, gua jadi pengen guru bahasa Inggris. Tapi, keinginan gua sulit deh. Gua aja ngomong bahasa Inggris masih belibet.

Jadi, ketakutan kita terhadap pelajaran bahasa Inggris adalah ketakutan kita mengeluarkan apa yang kita ucapkan dalam bahasa Inggris. Gua pernah denger kalimat 'Speak your mind', yang berarti 'katakan apa yang kamu pikirkan' kurang lebih seperti itu, mohon koreksi. Katakan apa aja yang ada dipikiran, asalkan pikiran kalian saat itu tidak dalam pikiran kotor. Aduh, jadi kayak menggurui gini. Mungkin segitu aja deh. Terakhir, gua mau kasih pantun. Tapi bukan pake bahasa Inggris, gua aja ngomong bahasa Inggris masih belibet. Nih pantunnya:

Beli kembang kol di Pasar Tanah Abang
Pulangnya ketemu Agung Hercules
Abis itu mampir beli bakso
Abis itu reunian SD deh

***

Oke, terimakasih telah membaca segmen ini. Semoga minggu depan gua masih bisa dapet keresahan selama jadi pelajar. Oh iya, kalo ada yang mau nambahin, kritik, atau saran boleh kirim kesini *nunjuk kolom komentar*.  Jangan lupa, selalu update post terbaru dari blog gua. Bisa subscribe atau follow blog www.robbyharyanto.com. Kalo mau kenal lebih dekat, bisa follow twitter @robby_haryanto *promo besar-besaran*. 

Sekian, terimakasih

 


46 komentar:

  1. Itu kenapa pantunnya jadi reunian gitu? Hahaha. yang ditakuti, hadapi aja, temui cara belajar yang fun, dulu gw benci biologi, males masuk kelas, sekarang kesini suka baca tentang organ dengan segala macam keajaiban di dalamnya wkwkwkw. Tumbuhin rasa penasaran, biasanya gw gitu :D salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, makasih, kak, saya nanti bahas ketakutan tentang pelajaran biologi deh. Saya juga sering takut sama pelajaran Biologi, kalo lagi ditanya guru sering disuruh keluar kelas karena gak bisa jawab.

      Salam kenal juga :)

      Delete
  2. Bahasa Inggris Emg Susah, Tpi kalau udh biasa pelajarinnya jadi gampang banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua juga gitu, sih. Semua butuh belajar :)

      Delete
  3. Saya jg gabisa bahasa inggris sampai sekarang. Bisanya cuma ngomong "I love you" doang ke gebetan

    ReplyDelete
  4. Problem bahasa inggris yg banyak dialami pelajar yaitu ketika baca ngerti tapi disuruh jelasin lagi pake b.inggris itu yg susah.

    Dan jika ada satu temanmu yang paling mahir inggrisnya pasti jadi murid kesayangan guru b.inggris, ngalahin ketua kelasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jelas itu problemnya.

      Wah, kampret, ini gua banget :D

      Delete
  5. Harusnya bahasa Inggris juga dijadikan bahasa sehari-hari biar gampang pelajarinnya. tapi yaa emang susah sih ehhee. salah satu momok menakutkan bagi pelajar
    btw itu knp pantunnya gak nyambung gt?? errrrrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya, sih, gitu, kak. Tapi harus dibiasakan sejak kecil juga

      Itu saya bikin pantun abis keracunan lem aibon, jadi gitu

      Delete
  6. SMP kelas satu, kalo sekarang kelas.7, pertama kali gw ngenal bahasa inggris. Pengalaman pertama belajar bahas inggiris, bikin gw trauma. Selain gurunya galak, waktu itu gw awam banget sama bahasa asing, walhasil gw jadi phobia setiap kali ada pelajaran bahasa inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti orang yang baru belajar bahasa Inggris pada umumnya :D

      Thanks udah berbagi pengalaman

      Delete
  7. Gue juga gitu, rob. Susah banget belajar bahasa inggris, bahasa indonesia aja belom lancar.

    ReplyDelete
  8. zaman SMK gue nganggap guru bahasa inggris sbagai hantu..
    tapi sekarang pas kuliah gue baru sadar kalau bahasa inggris itu sangat penting dan sangat gue butuhkan.
    nice post bro (Y)
    kalau berkenan visit back ya http://ilhamabdii.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hantu? Serem amat. Gak hantu juga kali, bro. Guru bahasa Inggris cakep-cakep kok :D

      Makasih, udah di visit back juga :)

      Delete
  9. tapi bener deh, gue banyak paham bahasa Inggris gara-gara sering main game

    ReplyDelete
  10. hahaha, segmennya kece bro :)
    gue juga suka risih sama bahasa inggris yang mirip-mirip,
    hue, big, large, dan kawan-kawan. gue nggak ngerti letak bedanya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, bro :)

      Mirip-mirip lah sama bahasa Indonesia. Besar, gede, jumbo :D

      Delete
  11. Awalnya gue kira, pantunnya akan beda sama yg di twitter. "Eh... ternyata."

    Tapi keren juga, lu rob. Gara-gara ngebahas bahasa Inggris, lu jadi bisa pandai membuat pantun. "Iya!! Lu hampir keren." :D

    Takut sama bahasa inggris. Lu cowok lemah, rob. Gue dong... Gak berani. "Sama aj, keles..." -_-

    Tapi gini, gue zaman masih sekolah dulu. Gue lumayan seneng sama bahasa ini. Namun, setelah kuliah. Gue harus seneng, karena banyak bacaan yang bahasa ini. Gak keren aja, kalo ditanya temen cewek terus bilang "Ha... Kamu ngomong sama aku, ya.!! Emang pernah kenal." Gak enakkan.

    Meskpun lu gak suka. Tetep harus belajar. Ilmu itu penting. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di twitter yang dicopy dari sini, spoiler lah bang hehehe

      Itu efek yang gak disengaja, sambil menyelam makan anemon laut :D

      Payah lah, katanya dulu pernah ke luar negeri. Eh, bener gak sih?

      Kayaknya harus makin rajin baca-baca deh, biar terbiasa. Kata-kata yang paling terakhir itu hampir sering didenger, tapi makasih deh masukannya :)

      Delete
  12. Hmm, dulu gue phobia sama bahasa inggris. Mungkin karenanya gue gak mahir-mahir sama tuh bahasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahaya tuh, harus mulai suka. Buat gua juga sih harusnya :D

      Delete
  13. waktu smp gue suka bahasa inggris tapi sejak sma gak suka, karena gurunya ngebeda-bedain, jadi males, sekarang nyesel karena gak bener-bener belajar,
    dan yang paling gue gak suka dari bahasa inggris itu, pengucapannya,, dua kata, dengan huruf yang berbeda tapi pengucapannya hampir mirip malah emang ada yang mirip, itu kan bikin bingung,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasian banget dibeda-bedain :D, kesulitan di bahasa emang begitu, masalah pengucapannya.

      Delete
  14. yah belajar bahasa inggris ya dari film sama game itu lebih asyik
    tapi paling asyik belajar bahasa jepang ,belajar nya dari bok*p jepang wkwkwk i

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi belajar bahasa Jepang paling enak kalo sambil diajarin sama artisnya :D

      Delete
  15. bahakakaka... ngomong2 soal bhs inggris, gw pernah ngalamin kejadian sangat memalukan pas SMA. waktu itu guru gw cewek nyuruh gw balikin spidol ke kelas sebelah, dia nyuruhnya pake bhs inggris. dan gue cuma melongo.. beliau sampe ngulang 3x tapi gue tetep aja ndongak kaga ngerti :v . akhirnya beliau putus asa dan nyuruh orang lain.. itu memaukan banget tjoy... hari pertama SMA pulak

    ReplyDelete
  16. Inget pepatah yang bilang: bisa karena terbiasa, nggak? Nah itu juga bisa lho diaplikasikan untuk belajar bahasa inggris, juga belajar bahasa apapun. Karena bahasa kan apa-apa yang selalu kita gunakan setiap hari. Jadi salah satu tips yang paling manjur untuk mudah memahami yaaa digunakan setiap hari. Diulang-ulang, pasti bisa!
    Kalo untuk kosa kata hmm sering-sering baca aja kali ya. hehehe. semangat yaa! salam dong buat guru bahasa inggris yang ganteng xo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, makasih semua sarannya. Nanti saya salamin ke guru bahasa Inggris yang ganteng itu, saya sendiri :D

      Delete
  17. Hahaha mungkin kalo gue gak begitu panik sih, malah asyik dan matpel kesukaan gue ya ini, saran gue ya, kalo lo mau cepet ngerti bahasa inggris sering aja deh dengerin lagu bing, terus liat lyricnya , garis bawahi dan cari arti yang lo gatau, pasti bakalan bertambah vocab lo, dan terakhir sih sering ntn film barat, dan pake subtitlenya, minimal harry potter gitu hhahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih lagi nih sarannya, saran ditampung :)
      Kalo nonton film barat, suka gak bisa. Masalahnya film barat adanya malem, saya gak dibolehin tidur malem :(

      Delete
  18. Dulu zaman smp pelajaran bahasa inggris jai pelajaran serem dan gw akhir nya bisa ngobrol ngak jelas inggris malah setelah kerja karna kepaksa ngobrol ama bule :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiw, ini yang namanya 'Bisa karena terpaksa'. Salut! :D

      Delete
  19. Hi, salam kenal hehe

    bahasa inggris emang bikin bingung :p
    tapi lama kelamaan pasti lancar kok. belajar b. inggris ga cuma lewat buku kan, bisa lewat media yang lebih menyenangkan seperti dengerin lagu dan nonton film. tapi aku ga yakin apakah fokusnya ke film/lagu atau ke bahasa inggrisnya hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips-tipsnya nanati dicoba deh. Dicoba doang, tapi gak dirutini :D

      Ehem. Salam kenal juga

      Delete
  20. kalo gue malah suka pelajaran b.inggris, bro. karna bikin penasaran untuk mencari arti kata yang belum pernah dibaca atau dengar. juga nanti b.inggris 'kan bakal berguna ketika udah lulus sekolah, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipe cowok yang penasaran :D
      Pasti berguna banget di dunia ini yang namanya Bahasa Inggris

      Delete
  21. nah ini. sampe sekarang nih masih jadi momok juga. mau ngomong bahasa inggris takut dicela karena grammar yang salah. duh sedih.
    iya juga sih. gua baru nyadar kalau guru bahasa inggris kebanyakan cakep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka sedih kalo ngomong bahasa Inggris grammarnya asal :(

      Delete
  22. Sip.. bahasa inggris juga jadi persoalan tersendiri dalam hidup gue. bahkan gue ngerasa amat lemah dalam hal bahasa inggris..
    sampe sekarang, gue sering mimisan kalo baca2 tulisan inggris :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem amat. Sampe mimisan kalo baca tulisan2 inggris. Kalo lagi main game gak kebayang deh berapa ember yang harus disiapin buat nampung darah :D

      Delete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.