08 January 2015

Stand Up Indo Jakarta Barat

Liga komunitas Stand up pertama di Indonesia yang diselenggarakan Kompas Tv telah usai. Keluarlah @StandUpIndo_MDN  sebagai pemenang mengalahkan komunitas dari Jakarta Barat, @standupJAKBAR. Gua akui, komunitas Stand Up Indo Medan cukup kompak malam itu. Dengan yel-yel pembakar semangat dan pembuat ciut lawan yang sangat khas, 'PECAHKAN KEPALANYA, AMBIL HADIAHNYA!!!'. Malam itu, Jakbar juga gak kalah hebat. Ya, mungkin Tuhan punya kehendak lain.

Gua bukan mau membahas tentang Stand Up Indo Medan, justru gua akan membahas sang lawan di final, Stand Up Indo Jakbar.
Walaupun hanya menjadi runner up, tentunya gua sebagai warga Jakarta, khususnya Jakarta Barat merasa bangga, karena daerah tempat tinggal gua punya komunitas stand up yang hebat. Ya, walaupun gua bukan merupakan bagian dari komunitas ini.
Gua sebenernya gak tau kalo Jakarta Barat itu punya komunitas stand up. Setelah gua sering pantau akun @standupmetrotv, akhirnya gua bisa tau. Karena saat itu, @standupmetrotv dan @standupindo sedang mengadakan kompetisi #StreetComedy4. Stand up Jakbar mengirimkan 3 comic, dan salah satu comic dari Jakbar menjadi juara kedua, yaitu @AfifXavi. Mulai dari situ, gua ngefans sama komunitas ini.

Yang gua baru tau, ternyata komunitas ini berdiri pada 2012. Cukup hebat tentunya. Tanggal 5 April 2014 lalu, mereka membuat Stand Up Nite pertama. Dan menampilkan guest star yang digandrungi remaja masa kini. Siapa lagi kalo bukan Ge Pamungkas. Ada pula comic yang datang jauh-jauh dari Surabaya yaitu, Donoo. Gua gak terlalu kenal sama dia, tapi di audisi SUCI 5 kemarin, dia dapet golden ticket. Waah, semoga ditelepon pihak Kompas TV deh

Kiri ke kanan: Dono, Rigen, Indra, Erwin, Rere, Ge Pamungkas
Kalo yang ini Mini Show Stand Up Desember kemarin. Nama shownya #KOPAJA. Asik namanya kaya bus dalam kota yang terkenal dengan warna hijau-putih ini. Liat sendiri deh siapa aja comic yang ada disitu hehehe

#KOPAJA

Balik lagi ke liga komunitas. Dari segi komposisi tim yang dibawa Stand up jakbar ini menurut gua adalah yang paling komplit diantara komunitas lain yang mengikuti #ligakomunitas. Bervariasi, ada yang berbobot, act out, sampai yang absurd. Mereka semua punya persona yang kuat. Berikut ini adalah comic yang ada di tim stand up Jakbar.

1. Indra Frimawan @Frimawan

Sumber: twitter

Ini dia jagoan gua. Opener paling keren selama liga komunitas. Materinya absurd dan gak ketebak. Pembawaan panggungnya dengan gaya deadpan. Sangat mengidolai Mitch Hedberg (gua gak tau kayak apa orangnya). Di dua show terakhir, bang Indra pake trik sulap di performnya. Kreatif banget dan lucu juga tentunya. Menurut Pandji, bang Indra adalah salah satu comic yang gak perlu mikirin gimana act out segala macem. Yang terpentinng itu adalah dari segi penulisan. Hampir semua bitnya yang pernah dibawain di liga komunitas itu gua suka. Bit yang paling bikin ngakak itu saat babak 16 besar.
Gue badboy, tapi kalo deket cewek gue lemah. Kalo ada cewek ngomong, gue diem aja. Orang gak diajak ngomong. Udah diajak ngomong tapi tetep diem aja, orang dia ngajak ngomong orang lain. Gue udah diajak ngomong tetep diem aja, orang dia ngomong pake bahasa Yunani, gua gak ngerti.
Saat Grand Final, dia sempet nge-riffing Lolox, salah satu comic dari tim Medan.

Lolox. Lolox gue gue (maksudnya lo-lo gue-gue). Lolox ini pacarnya cantik. Pacarnya mirip barbie. Saking miripnya sama barbie, mungkin palanya bisa dicopot. Ganti pala RX King.
Lanjut lagi ke Comic selanjutnya. Siapa dia???

2. Erwin (@interwin)

Comic keturunan Cina yang (kalo gak salah) kerjanya dagang. Materinya seputar orang Cina di Indonesia dengan gaya story telling. Diantara comic Jakbar yang lain, dia adalah comic dengan jam terbang paling banyak. Tapi menurut juri, dia gak terlihat progresnya. Tetep semangat koh Erwin!
Ada satu bit yang paling gua inget dari dia.
Waktu gua sekolah dulu, gua juga sekolah di sekolah segala negeri. Dan gua juga bisa tau apa itu Asmaul Husna segala macem. Gua juga pernah ikut pesantren kilat. Apa yang dilakuin orang Cina diacara pesantren kilat..? Dagang sarung. Cap Naga duduk
3. Kikoy (@Uzumakikoy)

Ini dia Office Boy dari Stand Up Jakbar, Kikoy!!.Menurut Ernest, Kikoy masih perlu banyak jam terbang. Dan masih hijau istilahnya. Kejujuran dari bit yang dibawakan dia jadi terasa mahal. Keren abis!. Tapi pas Grand Final, Kikoy dapet komentar pedas dari Pandji.
Kikoy, lu itu sama kayak pembantu gue. Sama-sama suka ngelawak, tapi gak lucu
 Sadisnya bang Pandji. Emang bener saat GF, Kikoy kurang pecah penampilan. Tapi tetep jadi comic yang hebat bang!

4. Dicky (@DickyDifie)

Juaranya act out di liga komunitas, Dicky. Headliner paling top selama liga komunitas. Persona ibu-ibu atau bancinya bikin dia jadi mudah disukai penonton. Buktinya, dia act out pake slendang, terus joget-joget India bisa pecaaaah banget.Di GF, Pandji sampe hormat karena cara pembawaan stand up-nya seperti comic yang udah manggung 20 tahun.
Emang sinting ini orang. Sampe diomelin mama gua gara-gara waktu gua nonton dia terus ngakak kenceng banget. Dan kerennya lagi, dia langsung masuk SUCI 5 tanpa audisi!. Behh... keren gak tuh. Udah pasti di SUCI 5 gua bakal jagoin dia. Keep fighting, tante! hehehe. Gak bosen deh ngeliat performnya

Comic Jakbar lainnya: @AfifXavi
Comic Jakbar yang berbasis di Tanah Abang. Anak Betawi. Ganteng plus kece juga orangnya. Prestasinya... juara 2 #StreetComedy4 dan dapet golden ticket Surabaya SUCI 5. Padahal, dia baru stand up tahun 2013. Keren abiss. Liat dulu gih fotonya. Jangan lama-lama, nanti naksir hehehe

Seandainya gua udah jadi anak kuliahan dan masih tinggal di daerah Jabodetabek, tentunya gua pengen jadi bagian dari komunitas ini. Komunitas yang dulunya sempet dibilang Awwe 'gak punya comic jagoan' sekarang membuktikan menjadi komunitas yang punya comic hebat.
Pokoknya dua jempol buat komunitas yang satu ini.

Opera Van Jakbar.... Yaa..Eeee

Viva La Komtung!

16 comments:

  1. ah, jagoan gue juga nih. apalagi si diki

    ReplyDelete
  2. gue ngefans banget sama Indra Frimawan...
    tapi jagoin Dicky juga..
    Co gue dukung Afif... Suskes deh buat JAKBAR

    ReplyDelete
  3. nama lengkap asli Dicky,, siapa ya ? tau gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah, nggak tau dah. Coba tanya langsung ke orangnya

      Delete
  4. mnurut yg udh prnah foto bareng sama doi, nama aslinya Dicky Fachrizal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di LKS juga gue pernah denger dari Ernest begitu namanya

      Delete
  5. profil sih Rigen jg dong, request gw hee :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, gue gak tau profilnya Rigen. Cari infonya sendiri aja ya. Biar ada perjuangan sebagai fans hehehe

      Delete
    2. https://id.wikipedia.org/wiki/Rigen

      nih infonya dr wikipedia

      Delete
  6. Profil bang indra dong....
    Klo boleh sich..

    ReplyDelete
  7. ini klau mau gabung komunitas nya gimana???

    ReplyDelete
  8. salam kenal bang, gua auzan. gue pengen ikut gabung komunitasnya dong. gimana caranya dan dimana biasanya ngumpul buat open mic di daerah jakarta barat bang.
    ni id line gue : hanafi303

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek timeline @standupjakbar di Twitter atau Instagram aja, bro. Di situ lengkap informasinya.

      Delete

Terimakasih sudah membaca. Jangan malu-malu buat komen, karena komentarmu adalah semangat untukku.

Kamu mau, kan, jadi penyemangatku? Silakan berkomentar dengan sopan.